TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Detail dan Terstruktur, Ini 5 Pilihan Karier yang Pas untuk ISTJ!

ISTJ cocok berkarier di bidang akuntansi!

Ilustrasi sedang fokus pada detail (pexels.com/Andrea Piacquadio)

ISTJ merupakan salah satu dari 16 MBTI. Kepribadian ini menjadi MBTI yang paling banyak, yakni sekitar 11-14 persen populasi di dunia. ISTJ dikenal sebagai sosok yang gampang diandalkan dan teliti. Itulah mengapa, ISTJ cocok bekerja di tempat yang membutuhkan ketelitian tinggi.

ISTJ juga cocok bekerja di tempat yang memungkinkan mereka untuk memecahkan suatu masalah bersifat logis dan teratur. Segala hal yang bersifat terstruktur dan teratur menjadi kebahagiaan tersendiri bagi ISTJ. Inilah deretan profesi atau karier yang memungkinkan untuk si ISTJ!

1. Akuntan

Ilustrasi seorang akuntan (pexels.com/Karolina Grabowska)

ISTJ cocok berkarier dalam bidang yang bersifat analitis. Contohnya seperti certified public accountant (akuntan). Pekerjaan ini akan membutuhkan skill untuk berpikir kritis dan analitis. Skill ini sejalan dengan kemampuan yang dimiliki oleh ISTJ.

"ISTJ memiliki keahlian dalam menavigasi sistem aturan dan pemikiran kritis yang bersifat rumit. Mereka juga merupakan pribadi yang sangat terorganisasi. Itu merupakan skill penting bagi para akuntan untuk mengelola keuangan," ujar Chris Kolmar, seorang co-founder dan editor-in-chief, dilansir Zippia.

Selain itu, akuntan juga biasanya bekerja di lingkungan yang tenang dan terstruktur. Hal tersebut sejalan dengan kepribadian ISTJ yang gak terlalu suka berinteraksi bersama banyak orang. ISTJ lebih suka bekerja di ruangan pribadi yang tenang dan terisolasi.

Baca Juga: Kamu ISTJ? Lakukan 5 Cara Ini untuk Memaksimalkan Kehidupan!

2. Dokter gigi

Ilustrasi seorang dokter gigi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pekerjaan berikutnya yang cocok untuk ISTJ adalah berkarier sebagai dokter gigi. Dilansir Best Colleges, Marisa Upson, seorang penulis profesional, menyebutkan bahwa ISTJ menyukai pekerjaan dengan pendekatan serta metodologi terstruktur. Dua aspek tersebut mengarah pada karier atau profesi sebagai dokter gigi.

Marisa menambahkan, dokter gigi biasanya akan melakukan pemeriksaan yang mengarah pada diagnosis serta rencana perawatan. Semuanya akan dilakukan secara terstruktur dan terorganisasi. Maka, dokter gigi memang menjadi karier yang memungkinkan untuk ISTJ.

3. Teller bank

Ilustrasi bank teller (pexels.com/Kampus Production)

Teller bank menjadi profesi yang diminati oleh banyak orang. Ternyata, profesi ini menjadi karier yang cocok untuk kepribadian ISTJ. Karena ISTJ merupakan sosok yang berorientasi pada detail dan sangat bertanggung jawab.

"Teller bank harus mahir dalam mengikuti peraturan yang cukup ketat. Selain itu, teller bank juga harus detail untuk memeriksa ketidaksesuaian. Karena menangani keuangan, teller bank harus memiliki tanggung jawab yang besar," jelas Chris.

Kualifikasi sebagai teller bank di atas cocok dengan kepribadian ISTJ. ISTJ memiliki sifat yang sangat fokus pada detail. Karena mereka sudah terbiasa mengerjakan sesuatu secara terstruktur. Sehingga, mereka memiliki skill detail-oriented yang cukup besar.

4. Analis data

Ilustrasi analis data (pexels.com/fauxels)

Melansir Springboard, Sakshi Gupta, seorang senior associate editor, menyebutkan bahwa analis data memiliki tugas mengatur, mengumpulkan, dan memproses data untuk proses bisnis. ISTJ memiliki karakter yang cocok sebagai analis data. Karena ISTJ memiliki kesenangan untuk bekerja dengan fakta dan data yang konkret.

ISTJ juga merupakan pribadi yang terorganisasi dan pandai dalam merancang solusi teknis untuk sebuah bisnis. Sehingga, ketika ISTJ bekerja sebagai analis data bisnis, maka bisa mendeteksi tujuan perusahaan secara tepat. Itulah mengapa, analis data menjadi karier yang pas untuk seorang ISTJ.

Baca Juga: 5 Hal Menarik tentang Tipe Kepribadian ISTJ yang Wajib Kamu Tahu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya