TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Memastikan Rencana Karier Agar Tetap Relevan, Catat!

Gali bakat dan potensi diri

ilustrasi menyusun rencana (pexels.com/ANTONI SHKRABA Production)

Setiap dari kita pasti menginginkan kesuksesan dalam hal karier. Karena ini menjadi salah satu simbol kehidupan yang mapan dan tertata. Membahas rencana karier, sudahkah kita menyusun hal tersebut secara relevan? Atau jangan-jangan rencana karier justru sudah tidak sejalan dengan perubahan di era sekarang.

Tentu ini harus dipastikan kembali agar tidak kehilangan kualitas hidup yang sudah tertata. Ketika seseorang memiliki rencana karier yang relevan, lebih mudah dalam merealisasikan keberhasilan. Lantas, tips apa sajakah yang harus diterapkan? Kamu bisa membaca melalui rangkuman poin di bawah ini.

1. Memberi kesempatan diri untuk belajar dan berkembang

ilustrasi belajar (pexels.com/Michael Burrows)

Rencana karier menjadi bagian penting jika kita ingin meraih keberhasilan dalam jangka panjang. Tentunya, kita harus memastikan rencana karier yang tertata dan tetap relevan. Tapi ini juga harus diimbangi dengan beberapa tips yang tepat. Sudahkah kamu mengetahui deretan tips tersebut?

Salah satunya adalah memberi kesempatan diri untuk belajar dan berkembang. Dunia ini penuh dengan hal-hal baru, baik berupa wawasan maupun pengetahuan. Memberi kesempatan diri untuk belajar dan berkembang, kita dapat menyelesaikan diri dengan situasi terbaru.

2. Membentuk jaringan dan kolaborasi

ilustrasi lingkungan kerja solid (pexels.com/Thirdman)

Terkadang sisi kemandirian mendominasi diri dengan sangat kuat. Tapi ini juga harus dikontrol jika kita ingin meraih tujuan dalam skala besar. Apalagi ingin memastikan rencana karier tetap relevan dengan situasi sekarang.

Dalam rangka meraih tujuan, jangan sungkan membentuk jaringan dan kolaborasi. Tidak ada salahnya kamu terlibat dalam komunitas profesional, baik secara online maupun offline. Melalui jaringan dan kolaborasi, kamu dapat mengetahui strategi yang efektif untuk diterapkan dalam rencana karier sekarang.

3. Mengevaluasi rencana secara berkala

ilustrasi menyusun rencana (pexels.com/Julia M Cameron)

Perencanaan memang menjadi bagian penting sebelum kita memutuskan melangkah lebih jauh. Dalam hal ini, kita harus memastikan rencana karier agar tetap relevan. Terutama dalam menghadapi laju perubahan dan tantangan yang tidak terkendali.

Bagaimana cara memastikan rencana karier agar tetap relevan? Kita harus mengevaluasi rencana secara berkala. Buat catatan poin mengenai perkembangan karier yang kamu lewati. Sesuaikan tujuan dan strategi karier berdasarkan evaluasi tersebut.

Baca Juga: 5 Indikator Kuat Kamu Butuh Perubahan Karier, Kejar Kebahagiaanmu!

4. Mengembangkan soft skill dan hard skill

ilustrasi mengembangkan skill terpendam (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sudahkah kamu memiliki rencana karier yang relevan dengan era sekarang? Atau malah rencana karier tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak layak diterapkan lagi? Tentu kita harus memastikan bahwa rencana karier tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan di era sekarang.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengembangkan soft skill dan hard skill. Keterampilan seperti komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah sangat penting. Pastikan kamu juga memiliki hard skill yang sesuai dengan kebutuhan karier di era digital seperti saat ini.

5. Mengeksplorasi peluang yang hadir dalam perubahan

ilustrasi sosok optimis (pexels.com/Ekam Juneja)

Memastikan rencana karier agar tetap relevan memang menjadi tantangan tersendiri. Kita akan menghadapi sejumlah permasalahan rumit sehingga ingin menyerah. Tapi ini juga menjadi hal yang tidak boleh dilakukan. Kita harus memastikan rencana karier agar tetap relevan.

Salah satunya bisa dilakukan adalah mengeksplorasi peluang yang hadir dalam perubahan. Jangan takut untuk mencoba tantangan atau pengalaman baru. Pastikan mampu menciptakan kreativitas dan mengaktualisasikan diri secara nyata.

6. Senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital

ilustrasi pekerjaan berbasis digital (pexels.com/Iam Hogir)

Rencana karier menjadi bagian dari upaya meraih keberhasilan. Kita harus menyesuaikan rencana karier dengan situasi yang terjadi saat ini. Bisa dikatakan, rencana karier bersifat fleksibel. Bagaimana caranya memastikan acara karier agar tetap relevan?

Kita bisa mengimbanginya dengan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi digital. Integrasi teknologi dalam pekerjaan bisa meningkatkan efisiensi dan relevansi. Kita dapat mengembangkan karier dengan lebih optimal.

7. Senantiasa menggali bakat dan potensi diri

ilustrasi sosok percaya diri (pexels.com/Edmond Dantes)

Setiap orang pasti memiliki bakat dan potensi masing-masing. Antara satu orang dengan yang lainnya memiliki kemampuan berbeda-beda. Tapi sudah kita mampu menggali bakat dan potensi diri secara totalitas? Padahal ini menjadi bagian dari upaya meraih keberhasilan.

Senantiasa menggali bakat dan potensi diri merupakan upaya memastikan rencana karier tetap relevan. Kita mengetahui langkah untuk mengaktualisasikan diri secara nyata. Ketika bakat dan potensi diri terasah dengan baik, seseorang memiliki peluang karier yang lebih terbuka.

Sudah seharusnya kita memastikan rencana karier tetap relevan. Terutama dengan tantangan dan peluang di era sekarang. Kita harus memberi kesempatan diri untuk belajar dan berkembang. Sekaligus menumbuhkan kemampuan beradaptasi dan mengasah soft skill serta hard skill. Memiliki rencana karier yang relevan, seseorang memiliki peluang yang lebih terbuka dalam meraih kesuksesan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Butuh Evaluasi Ulang Karier Sebelum Terlambat

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya