TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Mengejar Karier Cemerlang Tanpa Korbankan Keseimbangan

Kehidupan tetap berjalan nyaman dan menyenangkan

ilustrasi bekerja (pexels.com/Kampus Production)

Karier cemerlang menjadi salah satu simbol kesuksesan. Bahkan termasuk faktor penting dalam kestabilan finansial. Namun untuk meraih karier yang cemerlang juga menjadi tantangan. Karena seringnya seseorang bekerja keras sehingga keseimbangan hidup terganggu.

Padahal, keseimbangan berperan dalam membentuk kehidupan berkualitas. Boleh saja kita mengejar karier yang cemerlang. Namun keseimbangan hidup juga harus diperhatikan. Bagaimana caranya? Kamu perlu menerapkan tujuh tips berikut agar keduanya tetap berjalan selaras.

1. Mengidentifikasi prioritas dalam hidup

ilustrasi menetapkan prioritas baru (pexels.com/RDNE Stock Project)

Boleh saja kita mendambakan karier yang cemerlang. Karena ini turut berperan dalam meningkatkan kualitas hidup. Meskipun begitu, mengajar karier cemerlang jangan sampai mengorbankan keseimbangan. Apakah kita mampu menjaga keduanya agar tetap selaras?

Pastinya bisa dengan menerapkan sejumlah tips. Pertama dengan mengidentifikasi prioritas dalam hidup. Cari tahu apa yang memang penting dan harus diutamakan. Buat daftar prioritas dan pastikan bahwa setiap keputusan yang diambil sejalan dengan tujuan jangka panjang.

Baca Juga: Pesona Sulam Maduaro, Motif Wastra Desain Paspor asal Lampung

2. Manajemen waktu yang efektif dan tertata

ilustrasi jadwal (pexels.com/Cottonbro studio)

Siapa yang tidak menginginkan karier cemerlang? Semua orang pasti menginginkan pencapaian ini. Dengan memiliki karier yang cemerlang, juga berpengaruh terhadap privilege serta status sosial. Namun demikian, karier yang cemerlang harus tetap selaras dengan keseimbangan.

Untuk membangun kehidupan tersebut, kamu harus bisa menerapkan manajemen waktu yang efektif dan tertata. Gunakan alat bantu manajemen waktu seperti kalender, to-do list, atau aplikasi manajemen proyek. Pisahkan waktu untuk pekerjaan dan waktu untuk diri sendiri serta keluarga.

3. Berfokus pada efisiensi

ilustrasi menyusun strategi (pexels.com/Shuki Harel)

Barangkali kamu termasuk salah satu orang yang menerapkan sistem kerja keras. Upaya ini dilakukan dalam rangka mengejar karier cemerlang. Tapi apakah kamu sudah bisa memastikan bahwa karier cemerlang tetap mempertimbangkan keseimbangan?

Kamu bisa membangun keduanya dalam satu waktu bersamaan. Kuncinya dengan berfokus pada efisiensi. Bekerja lebih lama tidak selalu berarti lebih produktif. Fokuslah pada hasil yang kamu capai, bukan jumlah jam yang dihabiskan. Apalagi memforsir diri secara berlebihan.

4. Menjaga kesehatan fisik dan mental

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Mellamed)

Salah satu dari tolak ukur kesuksesan adalah memiliki karier cemerlang. Seringnya seseorang mengorbankan keseimbangan hidup untuk mencapai tahapan tersebut. Pada akhirnya, kesehatan fisik dan mental justru terganggu.

Bagi kamu yang memiliki pola kerja demikian, alangkah baiknya berbenah. Salah satu tips mengejar karier yang cemerlang adalah menjaga kesehatan fisik dan mental. Karena kebahagiaan tidak hanya diukur dari segi materi. Tapi juga kenyamanan dalam menjalani hidup.

5. Menetapkan batasan yang tegas

ilustrasi perempuan tegas (pexels.com/RDNE Stock Project)

Apakah mengejar karier yang cemerlang harus mengorbankan keseimbangan hidup? Kita tidak memiliki waktu untuk beristirahat. Apalagi menyelesaikan rutinitas dan urusan pribadi. Padahal menjalani hidup dengan cara seperti ini justru membawa dampak negatif.

Lantas, bagaimana caranya mengejar karier cemerlang tanpa mengorbankan keseimbangan? Kamu perlu menetapkan batasan yang tegas namun terukur. Misalnya dengan tidak membawa pekerjaan pulang atau tidak memeriksa email kerja di luar jam kerja.

6. Pandai membaca peluang karier

ilustrasi berpikir (pexels.com/George Milton)

Peluang karier di era sekarang dengan zaman dahulu tentu tidak bisa disamakan. Mungkin orang-orang dulu berpatokan bahwa kesuksesan dalam hal karier saat bekerja dengan tampilan rapi. Kemudian berangkat kerja pada saat pagi dan pulang pada siang atau sore hari.

Tapi di era perkembangan teknologi seperti sekarang, konsep ini sudah tidak berlaku. Dalam rangka mengejar karier cemerlang tanpa mengorbankan keseimbangan, Kita harus pandai membaca peluang karier. Terutama dalam memprioritaskan peluang yang memiliki dampak besar terhadap perkembangan karier di era digital seperti sekarang.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya