TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Membangun Sikap Totalitas Bekerja, Jangan Malas!

Usahakan fokus terhadap target yang ingin kamu raih 

ilustrasi bekerja (pexels.com/Fauxels)

Dalam bekerja kita harus totalitas. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan totalitas akan membuahkan hasil akhir yang optimal. Kamu bisa meraih pencapaian terbaik sesuai yang diharapkan.

Namun totalitas tidak bisa muncul begitu saja. Kamu harus membiasakannya dengan rangkaian kiat. Untuk membangun sikap totalitas dalam bekerja, kamu bisa menerapkan lima kiat berikut ini.

1. Usahakan fokus terhadap target yang ingin kamu raih 

ilustrasi bekerja (pexels.com/Yan Krukov)

Dalam bekerja kita harus memiliki target dan tujuan yang jelas. Ini penting agar kamu tidak jalan di tempat. Dengan mengetahui target dan tujuan secara terperinci, kamu tahu kemana harus melangkah dan bagaimana mengembangkan diri.

Fokus terhadap target yang ingin diraih termasuk salah satu kiat untuk membangun sikap totalitas dalam bekerja. Ketika sudah fokus, maka dirimu akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih apa yang diinginkan. Kamu menunjukkan kemampuan terbaik ketika bekerja.

Baca Juga: 5 Tanda Gak Semua Rekan Kerja adalah Temanmu, Jangan Tertipu!

2. Buatlah perencanaan matang terkait apa yang harus dilakukan 

ilustrasi menyusun rencana (pexels.com/Chistina Morillo)

Dalam dunia kerja, perencanaan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi menyusunnya secara asal. Bukan tanpa alasan, perencanaan merupakan panduan yang akan menuntunmu meraih pencapaian terbaik. Mengingat akan hal tersebut, perencanaan harus diperhatikan baik-baik.

Bagi kamu yang ingin membangun sikap totalitas bekerja, salah satunya dengan membuat perencanaan yang matang. Adanya perencanaan membuatmu tahu apa yang harus dilakukan. Kamu lebih bersungguh-sungguh dalam berusaha dan tidak mudah gegabah.

3. Jangan pernah membiarkan diri bermalasan 

ilustrasi bermalasan (pexels.com/RODNAE Productions)

Malas ibarat penyakit yang menjangkiti hampir semua orang. Baik kalangan pelajar atau pekerja, pasti pernah merasakan yang namanya malas. Mau memulai aktivitas berat sekali, kamu pun lebih memilih bersantai.

Tapi kemalasan tidak bisa dituruti. Salah satu kiat penting untuk membangun sikap totalitas dalam bekerja yaitu jangan pernah membiarkan diri bermalasan. Ketika rasa mas muncul, sebisa mungkin harus dilawan. Jangan biarkan satu detik waktumu terbuang sia-sia.

4. Jangan lupa mengevaluasi apa saja yang sudah kamu lakukan 

ilustrasi bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Bekerja bukan sekadar menyelesaikan pekerjaan. Tapi juga terkait totalitas. Apakah dalam bekerja kamu memang bersungguh-sungguh atau hanya berusaha sekadarnya. Tapi yang perlu diingat, antara bersungguh-sungguh dengan ala kadarnya juga membuahkan hasil akhir yang berbeda.

Untuk membangun totalitas dalam bekerja salah satunya dengan mengevaluasi apa saja yang sudah kamu lakukan. Teliti kembali apakah masih ada celah kekurangan yang harus diperbaiki. Dengan demikian, kamu bisa bekerja lebih baik lagi ke depannya.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil, Pemula Wajib Tahu!

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya