TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Ide Freelance Bidang Pemasaran, Hasilkan Cuan dari Rumah

Ada bidang yang cocok untukmu?

Pekerja freelance (pexels.com/SCREEN POST)

Jika kamu punya bakat dalam promosi atau penjualan, mungkin saatnya untuk mencoba peruntungan di dunia freelance marketing atau pemasaran. Marketing membutuhkan kreativitas dan ketekunan, tetapi bisa dilakukan dari rumah dengan banyak peluang menarik.

Pekerjaan freelance di bidang marketing memungkinkan kamu untuk menggunakan kemampuan persuasi dalam berbagai cara. Mari kita lihat beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba.

1. Digital marketer

Ilustrasi digital marketing (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Ruang online penuh dengan potensi marketing, namun dibutuhkan seorang digital marketer yang cerdas untuk memanfaatkan semuanya. Pekerjaan ini menawarkan fleksibilitas dan potensi penghasilan yang baik.

Sebagai digital marketer, kamu perlu menguasai situs web, SEO, iklan online, dan pengembangan konten. Kreativitas sangat penting untuk membedakan diri dari kompetisi. Kamu juga akan bertanggung jawab dalam peluncuran produk baru, mengelola komunikasi internal dan eksternal.

Pengetahuan teknologi yang baik sangat krusial. Kamu mungkin akan memasarkan perangkat lunak atau produk berbasis web, dan perlu menggunakan teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi.

2. Manager promosi atau iklan

Ilustrasi manager promosi (pexels.com/Kampus Production)

Sebagai manager promosi atau iklan, kamu akan mengelola kampanye untuk mempromosikan produk atau jasa. Tugas utamamu adalah memunculkan ide-ide kreatif yang menarik minat target audiens.

Kamu akan bekerja sama erat dengan tim kreatif, klien, dan pemasok, serta bertanggung jawab atas anggaran. Memilih platform iklan terbaik juga merupakan bagian dari pekerjaanmu. Kemampuan untuk mengelola berbagai aspek kampanye pemasaran sangat penting.

3. Media buyer

Ilustrasi media buyer (pexels.com/Armin Rimoldi)

Seorang media buyer bertugas membeli ruang iklan untuk memastikan visibilitas maksimal dalam anggaran yang ada. Pengetahuan yang baik tentang lanskap media dan ruang digital sangat penting dalam pekerjaan ini.

Kamu perlu memiliki keterampilan negosiasi, penganggaran, dan manajemen proyek yang baik. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa klien mendapatkan hasil terbaik dari setiap pengeluaran iklan mereka.

4. Content strategist

Ilustrasi manager strategi (pexels.com/Kampus Production)

Pengembangan konten adalah bagian besar dari marketing dan di sinilah peran content strategist sangat penting. Kamu harus memahami audiens dan kebutuhan mereka untuk menciptakan konten yang relevan dan menarik.

SEO, blogging, dan pemikiran strategis adalah beberapa keterampilan yang perlu kamu kuasai. Dengan pemahaman yang baik tentang audiens, kamu bisa merancang konten yang benar-benar menanggapi atau menyelesaikan masalah mereka.

Baca Juga: 5 Lika-liku Memulai Karier Freelance, Kamu Merasakannya?

5. Market analyst

Ilustrasi menganalisis market (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Sebagai market analyst, kamu akan banyak terlibat dalam penelitian, pengumpulan data, dan interpretasi. Peran ini memerlukan ketelitian terhadap detail dan kemampuan berpikir strategis serta analitis.

Kamu akan mengumpulkan data dari berbagai sumber, menganalisis tren pasar, dan memberikan wawasan yang membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. Kemampuan untuk menyajikan data dengan cara yang mudah dipahami juga sangat penting.

6. Event manager atau planner

Ilustrasi pekerja (pexels.com/karolina Kaboompics)

Perusahaan sering mengadakan banyak acara dan membutuhkan layanan seorang event manager. Kamu akan mengatur semua logistik, mulai dari pemilihan tempat hingga dekorasi.

Tugasmu juga termasuk mengelola katering, hiburan, dan anggaran. Kreativitas, kemampuan multitasking, dan keahlian berhubungan dengan orang sangat diperlukan dalam pekerjaan ini. Kamu juga harus siap untuk bepergian jika diperlukan.

7. Copywriter

Ilustrasi bekerja menulis (pexels.com/Michelle Leman)

Sebagai copywriter, kamu akan memanfaatkan kreativitas dan keterampilan menulis untuk membuat materi promosi, artikel, eBook, dan lain-lain. Pekerjaan ini menawarkan fleksibilitas dalam hal lokasi kerja dan banyak permintaan di pasar.

Kemampuan berpikir out-of-the-box sangat penting untuk menghasilkan copy yang menarik dan efektif. Perusahaan yang tidak memiliki sumber daya internal sering kali mencari jasa copywriter freelance.

Verified Writer

Muhammad Alfi

Life is a choice

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya