TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Skill Kerja yang Penting Dimiliki Sales Executive, Jago Jualan!

Juga harus siapkan strategi penjualan untuk tim

ilustrasi sales executive (pexels.com/Kampus Production)

Sales executive merupakan salah satu pekerjaan di bidang penjualan yang bertanggung jawab atas strategi penjualan sebuah perusahaan secara keseluruhan. Menurut laman Glints, profesi ini juga diharapkan mampu untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. Dengan tujuan mendapatkan target keuntungan sesuai perencanaan atau lebih.

Pada umumnya, pekerjaan ini tidak mewajibkan kualifikasi pendidikan tertentu. Hanya saja, beberapa perusahaan sengaja menetapkan standar agar sesuai dengan jenis industri yang mereka geluti. Seperti lima skill kerja di bawah ini. Apa saja?

1. Manajemen waktu

ilustrasi jam (pexels.com/Holafabiola)

Sales executive dituntut untuk selalu cermat dan tekun, terutama masalah waktu. Terlebih dengan tugas dan tanggung jawab utama mereka dalam mengembangkan strategi penjualan. Mereka tidak hanya akan bekerja sendiri, namun juga memerlukan bantuan tim bidang lain.

Selain itu, orang dengan posisi ini juga harus bertemu beragam klien yang berhubungan dengan penjualan produk perusahaannya. Pertemuan dengan para calon klien tidak boleh tertunda dan harus dilakukan sesegera mungkin. Jika tidak, bisa saja mereka akan memperkecil keuntungan penjualan atau malah memperkuat posisi kompetitor perusahaan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih manajemen waktu kita menjadi lebih baik di setiap waktunya. Dimulai dengan memiliki catatan kegiatan harian, mendahulukan dan fokus pada klien prioritas, dan tak lupa mempunyai timetable yang jelas. 

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Gagal Membangun Pekerjaan Sampingan, Gak Konsisten!

2. Komunikasi interpersonal

ilustrasi berbicara (pexels.com/fauxels)

Komunikasi interpersonal merupakan salah satu soft skill yang perlu dipergunakan saat berinteraksi dengan orang lain, begitu pun oleh sales executive. Tak sekedar bertemu, bersama klien, sales executive akan membahas mengenai seluk beluk produk yang diperjual belikan hingga melakukan negosiasi proses jual beli.

Kemampuan ini juga bisa dijadikan taktik sebelum melakukan komunikasi bisnis. Dimana, lewat percakapan dan komunikasi non verbal yang kamu bangun, kamu bisa mendapatkan konsumen yang potensial. Kamu tak perlu masuk ke ranah pribadi klien tersebut, terpenting memiliki pendekatan yang sesuai dan mampu memposisikan diri.

3. Paham akan produk

ilustrasi mempromosikan produk (pexels.com/Ivan Samkov)

Dilansir dari laman naukri, pengetahuan akan produk merupakan skill kerja utama yang harus dikuasai oleh para sales executive. Kemampuan ini akan sangat membantu kamu, terlebih saat melakukan presentasi di depan para klien. Kamu harus paham akan seluk beluk dari produk, mulai dari bagaimana manfaat, kegunaan, dukungan dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Menurut laman Indeed, pengetahuan akan produk juga harus diiriingi dengan perancanaan strategi yang matang. Sumbernya, bisa berasal dari data-data penjualan atau kebutuhan konsumen pada saat itu. Jika sudah dipahami dengan baik, tujuan untuk mendapatkan keuntungan akan selesai dengan cepat.

4. Mampu beradaptasi

ilustrasi beradaptasi (pexels.com/Jopwell)

Meski sudah mengasah kemampuan komunikasi interpersonal dan pengetahuan produk dengan baik, jika kamu tidak pandai beradaptasi dengan kondisi dan pribadi klien, semua strategi tidak akan berjalan dengan sempurna. Pada suatu waktu, sales executive tidak hanya akan melakukan presentasi produk, namun juga harus mampu menjawab segala pertanyaan klien yang terkesan berubah-ubah.

Sebelum bertemu klien, kamu juga diharapkan mampu mengetahui bagaimana posisi klien dengan baik. Akan lebih baik jika kamu bisa menganalisis dengan cepat poin yang sekiranya bisa berhubungan dengan produk yang mau kamu tawarkan. Kamu bisa mengawalinya dengan bercerita atau mendengarkan keluhan klien sebelum melakukan penawaran. Namun, jika pertemuanmu terjadi masalah, rasa peduli dan empati perlu kamu tingkatkan agar para klien merasa terbuka karena kepuasan yang didapat dari layanan yang kamu berikan.

Baca Juga: 5 Lowongan Pekerjaan di Bank Terbaru, Cek Cara Daftarnya!

Verified Writer

Maisix Dela Desmita

https://lynk.id/maisixdela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya