TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tanda Sudah Waktunya Menjalankan Rencana Cadangan, Harus Cekatan

Jangan ditunda biar misimu gak gagal

Ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/cottonbro studio)

Menjalankan rencana cadangan adalah langkah penting ketika kondisi tidak berjalan sesuai harapan. Memang sudah seharusnya menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan. Tentu akan sangat menguntungkan apabila seseorang mau membuat rencana cadangan. 

Namun, rencana cadangan ini berlaku ketika rencana awal atau yang utama tidak berjalan mulus. Lebih detailnya berikut adalah empat tanda bahwa sudah waktunya untuk menjalankan rencana cadangan.

1. Kegagalan berulang

Ilustrasi cowok gagal (unsplash.com/Francisco De Legarreta C.)

Jika usaha utamamu telah mengalami kegagalan berulang kali meskipun sudah dilakukan upaya maksimal untuk memperbaikinya, ini mungkin saatnya untuk mempertimbangkan rencana cadangan. Gak hanya gagal sekali melainkan sudah berulang kali. 

Kegagalan berulang menunjukkan bahwa metode atau strategi yang digunakan mungkin tidak efektif dan memerlukan pendekatan alternatif. Sehingga memerlukan rencana cadangan yang memungkinkan untuk bisa berhasil. Tentu hal ini dijalankan ketika memang rencana awal sudah dipastikan tidak dapat berjalan. 

2. Perubahan kondisi eksternal

Ilustrasi cewek bingung (pexels.com/ArtHouse Studio)

Kondisi eksternal seperti perubahan ekonomi, peraturan, atau situasi pasar yang tiba-tiba dapat mempengaruhi rencana utamamu secara signifikan. Tentu hal ini sangat mempengaruhi perjalanan berprosesmu. Kondisi eksternal yang tidak mendukung menjadi tanda seseorang harus menjalankan rencana cadangan.

Ketika perubahan ini terjadi, rencana utama mungkin tidak lagi relevan atau feasible, sehingga menjalankan rencana cadangan menjadi langkah bijak. Jangan ragu untuk banting setir mengambil keputusan lain agar apa yang di tuju menjadi berhasil diraih. 

Baca Juga: 5 Bahaya Sikap Perfeksionis yang Menyebabkan Rasa Takut Gagal

3. Ketidakmampuan memenuhi target penting

ilustrasi berpikir (unsplash.com/Magnet.me)

Jika kamu tidak dapat mencapai target atau tujuan penting yang telah ditetapkan dalam jangka waktu yang realistis, ini bisa menjadi tanda bahwa rencana utama kurang efektif. Tentu harus komitmen dengan tujuan dan target yang telah ditentukan di awal. Sebab jika tidak dilakukan sesuai target maka akan merusak rencana-rencana yang lainnya. 

Rencana cadangan sering kali sudah dirancang dengan pertimbangan alternatif untuk mencapai target tersebut dengan cara yang berbeda. Sehingga memungkinkan untuk bisa berhasil mencapai apa yang diinginkan. Walaupun ada juga kemungkinan gagalnya, tapi sudah dipastikan bahwa kemungkinan itu kecil. 

Verified Writer

Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya