TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal untuk Direnungkan Sebelum Menganggap Remeh Sesuatu

Antisipasilah sejak awal sebelum terjebk

ilustrasi meremehkan (pexels.com/RODNAE Productions)

Intinya Sih...

  • Sikap suka menghina merupakan perilaku buruk yang bisa merusak hubungan sosial
  • Hawa nafsu mendorong untuk terus menghina dan merugikan diri sendiri
  • Orang yang suka menghina akan dijauhi dan harga dirinya akan menurun

Menilai rendah dan menghina merupakan perilaku buruk yang sering kita jumpai di dalam kehidupan. Bahkan ada orang yang dengan sengaja menghina orang lain tanpa belas kasihan. Sungguh disayangkan jika kita memiliki sikap seperti ini. Bagaimanapun jika tindakan suka menghina ialah bukan kebiasaan baik. Berikut terdapat lima nasihat yang bisa direnungkan sebelum terjebak sikap suka menghina.

1. Menuruti hawa nafsu suka menghina tidak akan ada habisnya

ilustrasi mahasiswa kampus (pexels.com/ George Pak)

Hawa nafsu memang terus menuntut untuk melakukan hal buruk. Misalkan saja sikap suka menghina, sekali menghina pasti akan merasakan kenikmatan sementara yang menyebabkan seseorang ingin melakukannya lagi. Saat keinginan tersebut muncul, hanya diri sendiri yang menjadi kontrol terbaik untuk tidak melakukannya. Ingatlah selalu bahwa keinginan menghina pasti tidak akan ada habisnya. 

2. Kamu akan dijauhi orang-orang sekitar

Ilustrasi wanita sendiri (pexels.com/destiawan nur agustra)

Perilaku buruk suka menghina ini akan membuat seseorang yang melakukannya dijauhi orang sekitar. Sejatinya tidak ada yang suka dengan sikap buruk. Pikirkan konsekuensinya jika hal tersebut terjadi padamu. Mungkin saja kamu akan dikucilkan oleh orang-orang, akibat ulahmu sendiri.

3. Kebiasaan menghina malah menurunkan harga diri

ilustrasi debat (pexels.con/ RDNE Stock project)

Bukannya malah semakin bagus integritasnya, malah semakin memburuk. Orang yang suka menghina, gak akan pernah mendapatkan penilaian baik sebab jelas perilakunya mencerminkan hal yang negatif. Jadi kemungkinan akan menurunkan harga diri seseorang. Maka ingatlah terus resiko ini jika hendak menghina orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kritik Itu Berharga dan Kamu Gak Boleh Baper

4. Akan merasakan capek sendiri karena suka menuntut kesempurnaan

Ilustrasi pria lelah (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Biasanya orang yang suka menghina itu disebabkan oleh penilaiannya yang selalu perfeksionis. Mereka gak ingin melihat dirinya dan kehidupan di sekelilingnya gak sesuai dengan apa yang dia inginkan. Akibatnya mereka mengeluarkan kata-kata yang gak pantas diucapkan. Orang seperti ini akan merasakan capek sendiri sebab selalu ingin semuanya sesuai dengan dirinya. 

Verified Writer

Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya