TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Meningkatkan Produktivitas untuk INTJ, MBTI yang Ahli Strategi

Sesekali cobalah untuk mendelegasikan tugas 

ilustrasi menyelesaikan tugas kantor (pexels.com/Pavel Danilyuk)

INTJ adalah individu yang cerdas dan rasional. MBTI ini mempunyai rasa haus yang tak terpuaskan akan ilmu pengetahuan, yang seringkali membuat mereka berorientasi pada akademis. Mereka juga bisa menjadi sombong, terlalu kritis, dan meremehkan emosi. 

INTJ biasanya suka bekerja secara mandiri dengan sikap serius dan fokus tepat pada proyek yang sedang dikerjakan. Mereka adalah pemikir strategis dan siap menavigasi sistem yang sulit karena kemampuan uniknya dalam melihat pola. 

Jika kamu adalah seorang INTJ, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap bisa produktif saat bekerja. Lakukan dengan benar supaya gak memberatkanmu, ya!

Baca Juga: 8 Tips Desain Interior untuk Kepribadian INTJ, Introver Ambisius

1. Buat daftar tugas

ilustrasi menulis to-do-list (pexels.com/Breakingpic)

INTJ unggul dalam pemikiran strategis. Kamu dapat memanfaatkan kekuatan ini dengan membuat rencana dan jadwal terperinci untuk memandu proyek secara efisien. Ini akan membuatmu tetap pada jalurnya dan memberikan dorongan mental setiap kali melewati sesuatu dalam batas waktu.

Bagaimana pun caramu mengelola daftar tugas, pastikan ada hubungan yang jelas antara setiap tugas dan tujuan karier jangka panjang karena produktivitas INTJ adalah tentang keselarasan dan keberlanjutan. Dengan begitu, kamu akan semakin dekat dengan tujuanmu sebenarnya. 

2. Manfaatkan "aturan 5 menit"

ilustrasi menyelesaikan tugas kantor (pexels.com/Anna Tarazevich)

The 5-minute rule atau aturan 5 menit adalah teknik terapi perilaku kognitif sederhana yang diciptakan untuk mengatasi penundaan dan meningkatkan produktivitas. Kamu hanya perlu meluangkan waktu lima menit untuk melakukan tugas yang kamu tunda. Setelah 5 menit tersebut, terserah kamu apakah ingin melanjutkan atau meninggalkan tugas tersebut. 

Memulai biasanya merupakan bagian tersulit dalam melakukan sesuatu. Namun, aturan 5 menit dapat mempermudahnya karena menipu otak untuk meyakini bahwa tugas itu kecil dan dapat dikelola.

3. Singkirkan gangguan

ilustrasi menyelesaikan tugas kantor (pexels.com/Pavel Danilyuk)

INTJ adalah individu introver, sehingga terkadang perlu memisahkan diri dari dunia dan fokus sepenuhnya pada tugas. Dengan kata lain, kamu harus menemukan energi dari dalam, berlawanan dengan cara kerja kebanyakan ekstrover.

Dalam hal manajemen waktu, kamu harus memperhatikan hal-hal yang mengganggu atau membebani dalam perjalanan menuju penyelesaian tugas. Jika merasa stres dan tidak dapat beraktivitas karena lingkungan kerja yang sangat mengganggu, kamu harus segera melakukan perbaikan dan mempertimbangkan mencari waktu tenang untuk melepas lelah.

Baca Juga: 6 Pesona yang Dimiliki INTJ, Intelektual Tinggi!

4. Pecahkan tugas menjadi bagian-bagian lebih kecil

ilustrasi menyelesaikan tugas kantor (pexels.com/olia danilevich)

Proyek besar sering kali tampak membebani, apalagi INTJ dikenal sebagai salah satu tipe MBTI yang perfeksionis. Untuk menghindari penundaan, bagilah tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas kecil yang tampaknya lebih bisa dilakukan. Kemajuan dengan tujuan yang lebih realistis akan menjaga perfeksionisme tetap terkendali sekaligus mencegahmu dari kewalahan.

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya