TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara agar Tetap Waras untuk Freelancer yang Bekerja di Rumah 

Terapkan poin-poin berikut agar tetap waras!

ilustrasi freelancer (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bekerja tidak hanya terbatas di kantor saja, sebab istilah WFO (Work From Home) atau WFC (Work From Cafe) menjadi populer sejak dulu. Iya, seseorang bisa memilih bekerja di kantor ataupun dari rumah secara online. Mereka bahkan tidak harus terikat dengan kontrak ataupun aturan perusahaan yang banyak, melainkan dapat bebas bekerja kapan saja.

Bekerja kapan saja dan di mana saja dikenal dengan sebutan freelance. Freelancer adalah pekerja lepas yang melakukan pekerjaan untuk klien tanpa punya komitmen bekerja secara penuh waktu dan tidak hanya bekerja untuk satu perusahaan saja. Nah, umumnya freelancer melakukan pekerjaannya di rumah. Bagi kamu yang merupakan seorang freelancer, berikut adalah cara agar kamu tetap waras bekerja di rumah.

1. Sediakan minuman atau camilan

ilustrasi orang bekerja (unsplash.com/ConvertKit)

Selagi bekerja sebagai freelancer, kamu bisa menyiapkan minuman atau camilan di meja kerjamu. Asupan cairan tentu dibutuhkan tubuhmu agar kamu tetap dapat berkonsentrasi dan fokus dalam mengerjakan pekerjaan. Kamu bisa menyediakan sebotol air putih.

Kamu juga bisa menyantap makanan ringan di sela-sela mengerjakan pekerjaan dari klien. Jika kamu bekerja dalam keadaan perut kosong selama beberapa jam, hal ini malah membuatmu terganggu, bukan. Buatlah dirimu senyaman mungkin dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan bagi Freelancer, Cari Cuan Makin Maksimal!

2. Istirahat sejenak

ilustrasi orang makan (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Meskipun pekerjaan freelance tidak terikat dengan waktu karena dapat bekerja kapan pun, bukan berarti kamu memforsir dirimu dalam bekerja. Misalnya, kamu bekerja seharian selama berjam-jam. Jika demikian, kamu akan merasa tertekan dan terbebani.

Cobalah istirahat sejenak dari pekerjaanmu. Kamu bisa menetapkan waktu istirahat di siang hari di jam tertentu. Waktu istirahat tersebut bisa kamu gunakan untuk makan siang, tidur, ataupun mencari udara segar.

3. Bangun komunikasi secara langsung dengan lingkungan sekitar

ilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/Kenan Buhic)

Komunikasi itu penting. Komunikasi dibutuhkan agar kamu tetap waras. Kalau di kantor, sudah jelas komunikasi diperlukan untuk membantu tim bekerja secara lebih efektif dan memudahkan koordinasi. Bekerja di rumah menjadi tantangan sebab kamu akan jarang bahkan tidak pernah melakukan komunikasi secara langsung dengan klien.

Oleh karena itu, untuk membuat jiwa dan pikiranmu tetap sehat, kamu perlu mendorong dirimu untuk tetap membangun komunikasi secara langsung dengan lingkungan sekitar. Misalnya, ketika kamu tengah beristirahat sejenak dari bekerja, cobalah untuk keluar rumah dan melakukan obrolan singkat dengan orang-orang  yang berada di sekitarmu. Membangun komunikasi juga akan membuatmu lebih bersemangat dalam bekerja.

4. Keluar bersama teman

ilustrasi mengobrol (unsplash.com/Bewakoof.com Official)

Untuk mengusir penat setelah rutinitas bekerja terlebih di rumah, kamu bisa mengajak temanmu keluar. Selain dapat membuat pikiran dan jiwamu kembali segar, hubungan kamu dengan temanmu juga akan semakin erat. Cobalah untuk melakukannya setiap akhir pekan.

Kamu bisa mengajak temanmu nongkrong di tempat nongkrong kalian. Ada banyak pilihan lain tentunya yang bisa kamu lakukan. Seperti menonton bioskop, mengunjungi restoran, pergi ke kafe, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Produktif buat Freelancer yang Kerja dari Rumah

Verified Writer

Riani Shr

Menulis adalah salah satu upaya menyembuhkan yang ampuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya