TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Bertahan di Lingkungan Kerja Serba Cepat, Biar Gak Ketinggalan

Atur prioritas dan hindari multitasking

ilustrasi bekerja (unsplash.com/Brooke Cagle)

Lingkungan kerja serba cepat bisa jadi ibarat medan perang. Tak ada waktu untuk bermalas-malasan dan stres bisa menghantui kapan saja. Kalau tidak siap, bisa-bisa kamu malah kewalahan sendiri.

Namun, ada cara jitu agar kamu tetap tegak berdiri di tengah hiruk-pikuk pekerjaan. Artikel ini akan membahas 5 kiat bertahan di lingkungan kerja serns cepat. Yuk, simak kiat-kiatnya supaya kamu bisa jadi yang terdepan!

1. Atur prioritasmu

ilustrasi jadwal (unsplash.com/Eric Rothermel)

Ketika pekerjaan datang bertubi-tubi, rasanya semua harus dikerjakan sekarang juga. Tapi, coba deh, tarik napas dulu dan susun prioritas. Mana yang benar-benar penting dan harus selesai segera, mana yang bisa menunggu sebentar. Mengatur prioritas tidak hanya membuat pekerjaan lebih terarah, tetapi juga mengurangi stres.

Kamu bisa pakai metode Eisenhower Matrix untuk memisahkan mana yang mendesak dan penting, dan mana yang tidak. Mengatur prioritas membantu kamu fokus pada tugas-tugas yang punya dampak besar. Dengan begitu, kamu gak cuma sibuk, tapi juga produktif. Ingat, fokus itu kuncinya!

2. Hindari multitasking

ilustrasi multitasking (unsplash.com/Marvin Meyer)

Banyak orang percaya multitasking itu keren, tapi kenyataannya, malah bisa bikin kacau. Multitasking bisa menurunkan kualitas kerja dan membuat kamu lebih cepat lelah. Daripada melompat-lompat dari satu tugas ke tugas lain, lebih baik selesaikan satu tugas hingga tuntas sebelum beralih ke tugas berikutnya.

Fokus pada satu pekerjaan akan memberi hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Multitasking justru sering membuat kita kehilangan fokus dan membuat pekerjaan jadi lebih lama selesai.

Baca Juga: 4 Alasan Jangan Bicarakan Beban Pekerjaan pada Rekan Kerja

3. Jangan lupakan istirahat sejenak

ilustrasi tidur (unsplash.com/Adrian Swancar)

Di tengah kesibukan yang luar biasa, kita sering lupa kalau tubuh dan pikiran juga butuh istirahat. Cobalah terapkan teknik Pomodoro, di mana kamu bekerja selama 25 menit dan istirahat 5 menit. Metode ini efektif meningkatkan produktivitas dan menjaga energi tetap stabil sepanjang hari.

Dengan istirahat sejenak, pikiran jadi lebih segar, dan kreativitas pun bisa meningkat. Jadi, jangan ragu untuk ambil waktu sejenak, sekadar menghirup udara segar atau sekedar stretching ringan.

4. Kuasa teknologi biar gak ketinggalan

ilustrasi sosial media (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Di era digital seperti sekarang, teknologi adalah sahabat terbaik di tempat kerja. Gunakan aplikasi manajemen tugas seperti Trello atau Asana untuk mengorganisir pekerjaan dan deadline. Pekerja yang melek teknologi lebih efisien dan adaptif dalam lingkungan kerja yang cepat.

Menguasai teknologi juga berarti kamu bisa bekerja lebih cepat dan efektif, mengurangi risiko kesalahan, dan menjaga alur kerja tetap lancar. Jangan biarkan teknologi malah jadi musuhmu, manfaatkan sebaik mungkin!

Verified Writer

Ignatius Drajat Krisna Jati

Terus semangat!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya