TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Tak Kunjung Dapatkan Promosi, Saatnya Introspeksi!

Jangan keburu sedih biar kariermu gak gitu-gitu saja

Ilustrasi Diskusi (Pexels.com/Elevate Digital)

Stuck dalam karier menjadi salah satu problem yang pasti pernah dialami siapapun. Merasa bahwa sudah bekerja dengan baik, sering lembur, hingga menyelesaikan semua tantangan dengan cepat yang akhirnya membuat semuanya terasa membosankan. Kalau sudah begitu gak sedikit orang yang akan mengambil pilihan dan memutuskan untuk resign sebagai jawaban.

Alasannya tak lain karena merasa kurang mendapatkan apresiasi dari kantor atas apa yang telah dilakukan. Namun, nyatanya promosi ataupun feedback positif yang diharapkan tak kunjung didapatkan.

Daripada terus-terusan negative thinking pada pekerjaan hingga membuat kamu kehilangan fokus, ada baiknya untuk introspeksi melalui lima hal berikut ini.

1. Kamu gak memiliki keinginan untuk keluar dari zona nyaman

Ilustrasi Kantor (Pexels.com/Product School)

Coba lihat ke belakang bagaimana sikapmu selama ini saat mendapat challenge dari atasan. Ketahui bahwa pegawai yang hanya menekuni satu tugas saja biasanya akan mahir hanya pada satu bidang. Dan ini gak akan memberikan penilaian lebih yang signifikan dari atasan.

Terlebih jika kamu memiliki rekan kerja dalam posisi yang sama. Tentu akan mudah saja membandingkan bagaimana kinerjamu dengan rekanmu itu. Ingat bahwa bekerja dalam satu bidang saja kadang membuatmu terlihat kurang memiliki ambisi untuk berkembang.

2. Gak pernah mendiskusikan mengenai promosi dengan atasan

Ilustrasi Kantor (Pexels.com/Christina Morillo)

Jika kamu memang merasa sudah pantas mendapat promosi jabatan, ada baiknya untuk mulai mengomunikasikannya. Mintalah waktu untuk berdiskusi face to face bersama atasan langsung dengan sopan. Hal ini wajar untuk dilakukan oleh pegawai.

Karena gak sedikit misunderstanding terjadi sampai menyebabkan resign-nya pegawai. Padahal nyatanya belum pernah mencoba mengomunikasikan kondisi dan harapan yang sebenarnya diinginkan. Cobalah untuk melakukan hal tersebut karena ada saja kemungkinan baik yang terjadi saat kamu berani untuk speak up.

Baca Juga: 5 Tanda Atasanmu Mampu Bersikap Adil, Kerja Jadi Lebih Nyaman!

3. Atasan gak melihat adanya perkembangan pada critical skills-mu

Ilustrasi Kantor (Pexels.com/Christina Morillo)

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan promosi tentu dibutuhkan penilaian atas kelayakan kamu sebagai pegawai selama ini. Jangan ragu untuk menanyakan mengenai bagaimana penilaian atas kinerjamu kepadanya.

Pastikan kalau kamu mampu menerima dan megelola feedback yang diberikan. Buatlah perencanaan megenai pengembangan diri secara profesional untuk mewujudkan hal tersebut.

4. Kamu gak terlihat sebagai seorang leader

Ilustrasi Kantor (Pexels.com/Fox)

Pertimbangan untuk mendapatkan kenaikan jabatan salah satunya adalah leadership skill yang dimiliki. Coba pelajari kemampuan ini dengan baik dan praktikkan dalam keseharian kamu saat bekerja. Saat kamu sudah terbiasa meng-handle tim dengan baik tentu akan menjadi nilai plus untukmu.

Jika ada posisi baru atau kesempatan terbuka bukan tidak mungkin atasan akan mengusulkan namamu. Hal ini dikarenakan dia telah mengakui kemampuanmu dalam me-manage tim dan meringankan tugas yang dia miliki tentunya.

Verified Writer

April

a sky does not explain itself high.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya