TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Skill Menulis Penting di Dunia Kerja, Asah dari Sekarang!

Segera pelajari kalau tidak mau dilengserkan dari kerjaan

ilustrasi orang menggunakan laptop (pexels.com/Meletus)

Dilansir oregonstate.edu, sebanyak 73 persen pengusaha menginginkan kandidat dengan keterampilan menulis. Selain itu, Kyle Wiens, CEO iFixIt, juga turut mengungkapkan alasannya meminta pelamar baru mengikuti tes tata bahasa sebelum bekerja di perusahaannya, baik melamar menjadi penulis maupun tidak.

Lantas apa saja alasan skill menulis penting di dunia kerja dan sangat dipertimbangkan oleh para pengusaha? Temukan alasannya di bawah ini agar kamu termotivasi untuk meningkatkan skill menulis jika ingin terjun ke dunia kerja! 

1. Menjaga profesionalisme perusahaan

ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Khwanchai Phanthong)

Meskipun kamu banyak menjumpai tempat kerja modern lebih santai dalam hal komunikasi tetapi tetap menjaga profesionalisme dalam korespondensi email atau pertukaran tertulis lainnya. Oleh karena itu, alasan pertama mengapa kamu perlu menguasai keterampilan menulis jika ingin terjun ke dunia kerja. 

Sebab, jika kamu mengirim email dengan tanggapan yang penuh dengan kesalahan ketik atau tata bahasa yang membingungkan dan tidak tepat. Kesalahan ini bisa menyebabkan rekan kerja atau atasan mempertanyakan profesionalisme atau perhatian kamu terhadap detail tersebut. 

2. Berkomunikasi secara efisien dan tidak membuang-buang waktu kerja

ilustrasi pria menghadap laptop memeriksa waktu di jam tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu pernah menerima email dengan lantai isi yang panjang di mana responden mengajukan banyak pertanyaan untuk memperjelas email asli. Penyajian semacam ini kamu akan memahami pentingnya komunikasi yang efisien bukan? 

Mempunyai skill menulis yang terasa secara tajam dapat membantu kamu mengkomunikasikan pembaruan, proyek, peristiwa maupun topik penting lainnya secara jelas dan cepat kepada rekan kerja. Upaya ini akan lebih membuat waktu berguna dibandingkan harus dieksploitasi untuk kebutuhan klarifikasi atau pertanyaan karena email kamu yang membingungkan. 

Baca Juga: 6 Tips Tentukan Waktu untuk Menulis bagi Pekerja Kantoran, Jadwalkan!

3. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

ilustrasi pria sedang berbincang (pixabay.com/jamesoladujoye)

Alasan skill menulis penting di dunia kerja sebab menentukan kredibilitas perusahaan. Jadi, meskipun keterampilan menulis penting untuk komunikasi internal, skill ini sama pentingnya secara eksternal atau bahkan lebih penting lagi.  

Sebagaimana yang kamu ketahui tentang mempelajari hubungan masyarakat, publikasi online, pembaruan yang disebarkan secara publik dan salinan situs web merupakan beberapa saluran terpenting yang dipakai klien untuk merujuk pada perusahaan.

Nah, konten yang dipublikasikan sulit dipahami, ditulis dengan buruk atau mengandung kesalahan tata bahasa serta ejaannya bisa memperburuk kesan pertama bahkan menurunkan opini calon klien terhadap perusahaan.

4. Membangun citra profesional dalam lingkup rekan kerja

ilustrasi dua pria menghadap layar monitor (pexels.com/Proxyclick Visitor Management System)

Bayangkan saja jika kamu adalah seorang komunikator tertulis terbaik di perusahaan. Tentu saja, citra ini dimulai dari rekan kerja menyadari keterampilan menulis kamu yang luar biasa dan selalu memintamu memeriksa pekerjaan mereka sebelum menyerahkannya kepada supervisor.

Semua permainan kata-kata yang kamu tunjukkan menjadi ukuran seberapa baik kamu. Ketika perusahaan membutuhkan desain template email penjualan yang efektif, bisa jadi akan meminta bantuanmu karena dapat menulis dengan jelas dan akurat, tentu saja lebih banyak tanggung jawab maka berdampak besar juga pada karir kamu ke depannya.

Verified Writer

Risa Fitriana

Content Writer | IG @fitrianrysaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya