TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2024 Terbaru dan Akurat

Terdiri dari tiga jenis tes

ilustrasi ujian (pexels.com/RDNE Stock project)

Peserta CPNS yang telah lolos tes administrasi akan mengikuti Tes SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Tes SKD terdiri dari tiga jenis utama tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Setiap peserta diberi waktu 100 menit untuk menjawab 110 soal. Inilah kisi-kisi tes SKD CPNS dan jumlah soal yang akan diujikan bagi peserta CPNS 2024. Simak baik-baik dan perhatikan topik yang dibahas, ya!

1. Kisi-kisi TWK CPNS 2024

ilustrasi seorang mengerjakan ujian (freepik.com/rawpixel.com)

TWK merupakan tes yang dirancang untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan terhadap empat pilar kebangsaan. Tes ini terdiri dari 35 soal dengan kisi-kisi sebagai berikut:

  • Nasionalisme: Pemahaman nilai Pancasila (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan semangat kemerdekaan), sejarah perjuangan bangsa (tokoh nasional, persitiwa bersejarah, sejarah kemerdekaan), simbol negara (lambang negara, bendera merah putih, lagu kebangsaan)
  • Pertahanan negara: Sistem pertahanan negara (konsep pertahanan negara, ancaman terhadap negara, strategi pertahanan negara), tugas dan peran TNI, Polri, dan komponen pertahanan lainnya, pentingnya bela negara (kewajiban dan tanggung jawab warga negara)
  • Integritas: Pengertian dan nilai-nilai integritas, contoh perilaku berintegritas, upaya mewujudkann integritas dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari
  • Pilar negara: Pancasila (makna Pancasila dan penerapan Pancasila dalam benergara dan berbangsa), UUD 1945 (Struktur, fungsi, dan amandemen UUD 1945), NKRI (konsep NKRI, makna persatuan dan kesatuan, Bhineka Tunggal Ika (keberagaman suku, budaya, dan agama, pentingnya toleransi dan saling menghormati)
  • Bahasa Indonesia: Tata bahasa (ejaan, struktur kalimat), Pemahaman bacaan (memahami isi bacaan, menganalisis informasi, menjawab pertanyaan terkait bacaan), penalaran logis (menganalisis hubungan antar kalimat, menarik kesimpulan)

2. TIU CPNS 2024

Ilustrasi tes SKD CPNS berbasis CAT (kominfo.go.id)

TIU menjadi tes yang bertujuan mengukur kemampuan verbal, logika, dan analitis peserta CPNS 2024. Soal-soal dalam tes ini mengasah logika dan proses berpikir kritis dari para peserta dengan 35 butir soal yang diajukan. Berikut adalah kisi-kisinya:

  • Verbal: Sinonim, antonim, analogi, padanan kata, pengelompokan kata, pemahaman bacaan, silogisme, penalaran analitis
  • Numerik: Deret angka, aritmatika, geometri, perbandingan, presentase, soal cerita, hitung cepat, deret angka, perbandingan kuantitatif
  • Logis: Penalaran deduktif, dan penalaran induktif.
  • Figural: Analogi gambar, ketidaksamaan gambar, dan serial gambar.

Baca Juga: Apakah Tes CPNS Bayar? Cari Tahu di Sini!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya