TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memulai Karier sebagai HR, Bangun Relasi!

Cari kesempatan magang sebanyak-banyaknya

ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

HR atau Human Resources atau Sumber Daya Manusia adalah divisi yang bertugas menjaga hubungan dengan karyawan perusahaan. Mulai dari perekrutan, pelatihan, hingga pengembangan keterampilan karyawan. Siapa, nih yang tertarik bekerja di bidang HR?

Nah, kalau kamu salah satunya, kamu bisa menyimak artikel satu ini. Yuk, simak tips memulai karier sebagai HR di bawah ini!

1. Peroleh gelar

ilustrasi lulus kuliah (pexels.com/George Pak)

Langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan di bidang sumber daya manusia adalah memperoleh gelar. Jika sekolahmu menawarkan program sumber daya manusia, kemungkinan besar program tersebut akan mencakup mata kuliah yang berfokus pada teori organisasi, masalah hukum dan kepatuhan, manajemen kinerja, pengembangan dan pelatihan karyawan, dan bidang lain yang perlu dipahami oleh profesional SDM.

Melansir dari laman Indeed, gelar terkait lainnya yang dapat membantumu mendapatkan pekerjaan di bidang SDM meliputi psikologi bisnis dan organisasi atau industri. Kalau kamu sudah berada di jurusan tersebut, paling tidak kamu sudah mempunyai kemampuan dasar atau basic skill menjadi HR.

2. Cari kesempatan magang

ilustrasi magang (pexels.com/rethaferguson)

Sebelum kamu menyelesaikan gelarmu, carilah kesempatan magang yang ditawarkan oleh sekolahmu untuk mendapatkan pengalaman langsung. Magang bisa dibayar atau tidak, tetapi akan memberimu pengalaman berharga yang dapat membantumu lebih memahami bidang SDM dan menjalin koneksi di industri tersebut.

Tentu ini adalah hal yang paling berharga karena kamu bisa belajar langsung seperti apa dunia kerja nantinya. Dengan magang, ini juga bisa memperkaya CV-mu dan meyakinkan perekrut saat kamu melamar pekerjaan sebagai HR.

3. Dapatkan sertifikasi

Ilustrasi semangat (pexels.com/Anna Shvets)

Sertifikasi tertentu sangat dihargai dan dihormati di kalangan profesional sumber daya manusia. Mendapatkan sertifikasi dapat menunjukkan pencapaian profesionalmu, serta menunjukkan kemahiranmu dalam bidang sumber daya manusia tertentu.

Untuk memperoleh sertifikasi, kamu biasanya harus mengikuti ujian untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuanmu. Persyaratan untuk setiap sertifikasi pun bervariasi.

Baca Juga: 6 Soft Skill yang Dibutuhkan dan Dicari HRD Lewat Interview!

4. Bangun hubungan dengan orang lain

ilustrasi ngobrol (pexels.com/Kindel Media)

Melansir dari laman Society for Human Resources Management, Mike Kahn, SHRM-SCP, mitra senior eksekutif Human Resources Search di Lucas Group di Houston menjelaskan, "Orang HR adalah orang yang pandai membangun jaringan dan mereka suka membantu orang lain untuk sukses, jadi manfaatkan sifat mereka. Berjejaringlah dengan gila-gilaan. Karena organisasi memiliki begitu banyak variasi dalam cara mereka mendekati HR, penting untuk mempelajari cara masuk ke perusahaan."

Itu mengarah pada pertanyaan tentang cara membangun jaringan. Meskipun beberapa jawabannya mungkin jelas, yakni jangkau alumni, hadiri pertemuan, dan terlibatlah dengan asosiasi profesional lainnya.

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya