TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Pekerjaan Lebih dari Satu

Istirahat bukanlah hal yang buruk saat merasa suntuk

ilustrasi perempuan bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Intinya Sih...

  • Memiliki dua pekerjaan dapat memberikan keuntungan finansial yang stabil dan potensi penghasilan lebih tinggi.
  • Bekerja di industri yang berbeda memungkinkan untuk diversifikasi keterampilan dan memperluas jaringan profesional.
  • Kelebihan memiliki lebih dari satu pekerjaan juga diikuti oleh kekurangan, seperti hilangnya waktu luang dan risiko kelelahan fisik serta mental.

Memiliki pekerjaan lebih dari satu menjadi pilihan masing-masing orang. Ada yang menyukainya karena memiliki lebih dari satu pekerjaan punya kelebihannya sendiri, namun gak semua orang mampu melakukannya karena itu juga punya kelemahan.

Nah, kali ini IDN Times akan membagikan lima kelebihan dan kekurangan dari memiliki lebih dari satu pekerjaan. Kalau kamu ada di posisi ini, mungkin kamu relate dengan artikel berikut!

1. Keuangan yang stabil

Ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pertama, keuntungan memiliki lebih dari satu pekerjaan ialah kamu akan memiliki keuangan yang stabil. Dengan mempunyai dua pendapatan, tentu kamu akan lebih mudah menabung dan mungkin bisa menikmati hidup dengan lebih baik.

Dilansir 4 Day Week, salah satu keuntungan paling nyata dari bekerja di dua pekerjaan penuh waktu adalah potensi penghasilan yang jauh lebih tinggi. Dengan dua kali pembayaran, kamu dapat menabung uang tambahan untuk masa depan, dan menikmati gaya hidup yang lebih nyaman.

Ini adalah jalur yang jelas menuju stabilitas keuangan, terutama jika salah satu pekerjaan, baik utama atau paruh waktu, menyediakan tunjangan kesehatan, dan kontribusi pensiun.

2. Diversifikasi keterampilan

ilustrasi bekerja (pexels.com/Caio)

Bekerja pada pekerjaan kedua berarti kamu mungkin terlibat dalam peran atau industri yang berbeda. Diversifikasi keterampilan berarti kamu akan memiliki lebih dari satu keterampilan jika pekerjaanmu berada pada industri yang berbeda. Ini dapat menjadi aset yang signifikan.

Kamu akan belajar beradaptasi dengan berbagai lingkungan kerja, mengembangkan keterampilan baru, dan menjadi profesional yang lebih serba bisa. Hal ini juga dapat membuatmu lebih mudah beradaptasi dalam pasar kerja yang terus berubah.

3. Peningkatan peluang jaringan

ilustrasi perempuan bekerja (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Memiliki dua pekerjaan berarti berinteraksi dengan lebih banyak orang dari latar belakang dan industri yang berbeda. Jaringan yang luas ini dapat membuka peluang, kolaborasi, dan kemitraan baru yang bisa berpengaruh pada kariermu.

Jaringan dapat menjadi alat yang ampuh untuk pertumbuhan karier dan terlibat dalam berbagai kalangan profesional dapat memberikan keuntungan. Maka dari itu, jangan sepelekan jaringan yang luas karena ini bisa berdampak pada masa depanmu.

Baca Juga: 4 Kelebihan Bekerja Hybrid Bagi Karyawan, Lebih Fleksibel

4. Waktu luang jadi semakin sedikit

ilustrasi bekerja keras (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak hanya keuntungan, memiliki lebih dari satu pekerjaan juga memiliki kekurangannya tersendiri. Kamu bisa kehilangan waktu luang yang dapat mengganggu kemampuanmu untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, sekaligus meningkatkan stres.

"Tidak memiliki waktu untuk bertemu teman dan keluarga atau menekuni hobi dapat berdampak negatif pada kesejahteraanmu," jelas Emma Diehl, penulis, dilansir laman SoFi.

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya