TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Utama Content Writer Juga Butuh Ketenangan, Lebih Fokus!

Lebih mudah fokus di tempat tenang

Ilustrasi wanita sedang menulis (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Menulis adalah sebuah aktivitas yang butuh fokus untuk menyusun kalimat dengan cermat agar menghasilkan tulisan yang enak dibaca. Bagi penulis, membuat karya tulis gak hanya melibatkan kemampuan bahasa dan kreativitas, tetapi juga perlu kondisi lingkungan yang mendukung. Salah satu kunci agar mempunyai suasana yang mendukung adalah mencari tempat yang tenang.

Lingkungan yang bebas dari gangguan dari luar seperti kebisingan bisa menjadi faktor yang menentukan kualitas karya tulis yang dihasilkan. Tempat yang ramai atau terlalu bising membuat penulis susah untuk fokus sehingga gak bisa menghasilkan tulisan yang cemerlang. Berikut beberapa alasan yang membuat penulis butuh tempat yang tenang untuk berkarya. 

1. Harus fokus dengan tulisan

Ilustrasi fokus dengan tulisan (freepik.com/teksomolika)

Tahu gak, sih? Kalau kegiatan menulis itu juga butuh tingkat konsentrasi yang tinggi, lho. Saat penulis berada di lingkungan yang tenang, mereka bisa sepenuhnya fokus dengan ide-ide dan alur cerita yang ingin dikembangkan.

Lingkungan dengan suara yang bising otomatis bisa langsung mengalihkan perhatian dan memecah fokus kamu, sehingga membuat proses penulisan menjadi lebih sulit dan kurang produktif. Lingkungan tenang membantu penulis untuk masuk ke dalam zona kreatif, sehingga mereka bisa bekerja tanpa gangguan.

2. Mengolah ide menjadi lebih baik

Ilustrasi mengolah ide (freepik.com/teksomolika)

Suasana yang tenang membuat penulis punya ruang untuk mengolah dan lebih bisa mengembangkan ide-ide yang mereka punya. Tanpa gangguan dari pihak luar mereka bisa lebih mudah melakukan refleksi yang mendalam dan menghasilkan ide baru. 

Ide kreatif biasanya melibatkan pemikiran yang mendalam dan analisis, yang perlu ketenangan agar tulisan bisa tersusun rapi sesuai konsep yang diinginkan. Lingkungan yang tenang membuat penulis untuk berpikir dengan jernih dan mengembangkan ide dengan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Jenis Side Job yang Suka Menulis, Boleh Coba Bikin Script!

3. Kualitas tulisan jadi lebih tinggi

Ilustrasi pekerjaan content writer (freepik.com/standret)

Kualitas tulisan juga bisa dipengaruhi oleh ketenangan saat proses menulis karya tulis tersebut. Saat penulis gak terganggu oleh kebisingan mereka bisa mencurahkan isi pikiranya dalam karya tulis yang dibuat. 

Hal ini bisa memicu mereka untuk menulis dengan lebih teliti, lebih memperhatikan tata bahasa dan memperbaiki struktur tulisan. Sehingga hasilnya adalah karya tulis yang lebih halus dan punya kualitas tinggi.

4. Mengurangi stres dan kecemasan

Ilustrasi menulis bikin happy (freepik.com/senivpetro)

Lingkungan yang tenang gak hanya memudahkan penulis dalam proses hasil karyanya, tetapi juga membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Suara yang bising pasti bisa meningkatkan stres, yang berdampak negatif pada kreativitas dan hasil karya tulisnya.

Berada di tempat yang tenang, penulis bisa merasa lebih santai dan nyaman, yang akhirnya juga mendukung kesehatan mental dan emosional mereka. Hal ini sangat penting karena jika penulis stres bisa menghambat kreativitas dan menyebabkan penulisan buntu. 

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya