TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Ibu Rumah Tangga Mencari Side Job, Kerja dari Rumah

Ibu juga bisa produktif meskipun hanya di rumah

Ilustrasi ibu rumah tangga bekerja (pexels.com/Yan Krukau)

Dinamika ekonomi dan biaya hidup yang terus meningkat, membuat seorang ibu ingin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan rumah. Mencari side job atau pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan bisa menjadi pilihan paling tepat karena teknologi dan internet sekarang sudah berkembang pesat. Pekerjaan sampingan ini punya waktu yang sangat fleksibel, sehingga membuat ibu bisa megasah keterampilannya dengan cara yang menguntungkan.

Side job bisa dimulai dengan memilih menjadi seorang freelancer yang bisa menjadi peluang ibu untuk mendapatkan cuan tambahan. Mencari side job yang bisa dilakukan dari rumah bisa bikin ibu punya uang jajan tambahan tapi tidak meninggalkan kewajibannya untuk mengurus rumah. Side job ini tidak hanya bisa meningkatkan kondisi finansial kamu, tetapi juga memberikan rasa kepuasan pribadi dan profesional. Berikut cara agar kamu bisa menemukan side job yang bisa dikerjakan di rumah saja. 

1. Gabung ke paltform freelance online

Ilustrasi bekerja di rumah sambil menjaga anak (pexels.com/Ivan Samkov)

Salah satu cara paling cepat agar kamu mudah menemukan pekerjaan sampingan di rumah adalah bergabung dengan platform freelance online. Banyak situs seperti Upwork, Fiverr, dan Freelancer memberikan pilihan berbagai jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. 

Kamu bisa menemukan pekerjaan dalam bidang penulisan, desain grafis, pemasaran digital, dan masih banyak lagi lainnya. Sebelum memulai mencari side job online kamu perlu membuat profil yang menarik dan aktifkan pencarian untuk pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat kamu.

2. Kembangkan blog pribadi atau YouTube

Ilustrasi ibu jadi content creator (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Jika kamu punya minat atau keahlian khusus dalam membuat blog atau membuat konten di YouTube ini bisa menjadi side job yang menguntungkan. Membuat konten yang punya kualitas, menarik dan tidak ada unsur sara nya kamu bisa menghasilkan uang dari iklan dan sponsor yang ada. 

Meskipun ini memang perlu waktu dan pastinya harus ada usaha untuk memikat penonton sehingga potensi pendapatannya bisa sangat besar. Fokus dengan topik yang sudah kamu kuasai dan yang punya jumlah penonton banyak. 

Baca Juga: 5 Bahan Pertimbangan Sebelum Memiliki Side Job, Jangan Kelelahan!

3. Menjadi guru atau tutor online

Ilustrasi jadi guru online (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Kebutuhan pendidikan dan pelatihan jarak jauh sekarang juga sudah meningkat. Jika kamu memang punya keahlian di bidang tertentu, kamu bisa mencoba untuk menjadi pengajar atau tutor online.

Kamu juga bisa lebih mudah untuk mengatur jadwal yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri dan mengajar dari rumah. Buat materi yang menarik sebagai bahan ajar yang bisa kamu pakai untuk mengajar online

4. Bergabung menjadi afiliator

Ilustrasi menjadi affiliator (pexels.com/RDNE Stock project)

Menjadi seorang afiliator juga bisa mendapat banyak komisi dengan mempromosikan produk atau layanan dari produk orang lain. Banyak toko online juga menawarkan program afiliasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dari setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan afiliasi kamu.

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini bisa kami manfaatkan untuk mencari cuan dengan mengikuti program afiliasi dari berbagai produk. Kamu bisa menggunakan blog atau akun media sosial kamu untuk mempromosikan produk-produk tersebut sehingga bisa menghasilkan uang tambahan. 

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya