TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Cara Betah Kerja di Lingkungan yang Kompetitif, Bangun Teamwork

Fokus tingkatkan kualitas kamu

Ilustrasi kerja dilingkungan yang kompetitif(pexels.com/energepic.com)

Perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini membuat persaingan di tempat kerja juga semakin intens. Bagi banyak karyawan bertahan dan berkembang di lingkungan yang kompetitif harus punya strategi yang matang dan harus bisa beradaptasi dengan cepat. Mulai dari kemampuan teknis hingga keterampilan komunikasi yang baik dengan rekan kerja, persaingan mempertegas bahwa kamu harus terus aktif dalam lingkungan pekerjaan. 

Profesional bukan hanya tentang keahlian dalam pekerjaan saja, tapi juga harus mampu untuk berinteraksi dengan baik dengan rekan kerja. Serta harus bisa ambil peran penting tentang manajemen dan komunitas industri secara keseluruhan. Sehingga sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat dari segi keterampilan yang relevan dan integritas yang gak gampang goyah agar bisa bertahan dan menonjol dengan sistem kerja yang selalu berubah. 

Sikap seperti apa yang bisa membuat kamu mampu bertahan dengan situasi pekerjaan yang sangat kompetitif. Simak ya di ulasan berikut!

Baca Juga: 5 Cara Tingkatkan Teamwork ala Drakor Agency, Kesampingkan Ego Pribadi

1. Terus kembangkan keterampilan dan pengetahuan kamu

Ilustrasi tingkatkan kemampuan kamu(pexels.com/Jack Sparrow)

Perkembangan zaman yang pastinya akan terus berubah, perlu adanya keterampilan dan pengetahuan yang relevan agar bisa bertahan. Selalu cari peluang untuk lebih berkembang, baik melalui pelatihan formal, kursus online bahkan mencari mentor.

Selain untuk meningkatkan kualitas kamu sendiri, juga untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dalam menghadapi segala persaingan. Punya dua hal tersebut kamu bisa lebih siap dalam menghadapi segala situasi yang ada di kantor. 

2. Punya jaringan yang kuat

Ilustrasi punya jaringan bisnis(pexels.com/Thirdman)

Jaringan rekan kerja yang solid bisa memberi banyak manfaat, termasuk peluang karir yang lebih baik dan punya dukungan saat menghadapi masalah. Luangkan waktu agar kamu bisa bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan bahkan orang di luar lingkungan kerja kamu. 

Jaringan yang baik bukan hanya tentang siapa saja yang kamu kenal, tetapi juga seberapa efektif kamu mampu menjaga hubungan tersebut. Semakin banyak jaringan yang kamu punya maka kamu akan punya pekerjaan yang lebih nyaman. 

3. Terus fokus dengan kinerja dan prestasi

Ilustrasi fokus dengan prestasi(pexels.com/Edmond Dantès)

Berada dalam lingkungan yang kompetitif, kinerja dan prestasi tetap menjadi faktor utama yang bisa membuat kamu mampu bertahan. Fokuslah untuk memberikan hasil konsisten dan berkualitas dalam pekerjaan yang kamu punya.

Tunjukkan dedikasi dan integritas yang baik dalam setiap pekerjaan yang kamu ambil, dan pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik. Hasil yang kamu berikan akan menentukan kamu bertahan atau tidak di lingkungan pekerjaan kompetitif kamu. 

Baca Juga: 5 Skill yang Perlu Dikuasai untuk Sukses di Dunia Kerja

4. Perkuat keterampilan dalam komunikasi

Ilustrasi tingkatkan komunikasi (pexels.com/Yan Krukau)

Keterampilan komunikasi yang semakin baik juga sangat penting dalam lingkungan kerja yang kompetitif. Bukan hanya tentang bagaimana kamu berbicara, tetapi juga bagaimana kamu mampu mendengarkan dan berkomunikasi secara efektif dengan tim kamu.

Pahami apa yang mereka butuhkan, berikan informasi dengan jelas, dan jangan ragu untuk menyampaikan ide yang membangun. Cobalah untuk terus berinovasi memberikan perubahan ke arah yang lebih baik di tempat kamu bekerja.

5. Mengelola konflik dengan lebih bijak

Ilustrasi kelola konflik dengan bijak(pexels.com/Thirdman)

Lingkungan kantor juga gak bisa lepas dari yang namanya konflik. Persaingan sering menjadi pemicu konflik di tempat kamu bekerja. Baik itu dengan rekan kerja maupun atasan konflik pasti akan muncul di manapun kamu berada. 

Tetapi yang paling penting adalah bagaimana cara kamu mengelola konflik tersebut. Usahakan untuk mengelola konflik dengan lebih bijak dan tetap profesional dalam bekerja. Jadilah pendengar yang baik, cari solusi dan hindari bikin drama atau gosip yang sama sekali gak produktif.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya