TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Persiapan saat Mengikuti Lomba Menulis untuk Pertama Kali

Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku

ilustrasi mengikuti lomba menulis (unsplash.com/Kaitlyn Baker)

Lomba menulis menjadi salah satu kompetisi yang banyak tersebar saat ini. Hal ini karena pencinta sastra sangatlah banyak dan kompetisi menulis menjadi target mereka mengasah diri. Mengikuti lomba menulis bukan artinya hanya mengincar hadiah saja, melainkan sebagai acuan untuk mengeksplor lebih lanjut pada dunia kepenulisan. 

Jika kamu tertarik dengan lomba menulis, maka hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mengasah skill kamu. Mungkin ada rasa tidak percaya diri karena belum pernah mengikuti lomba ini sebelumnya. Namun, jika tidak dicoba maka kamu akan stuck pada kondisi takut tersebut tanpa mencobanya terlebih dahulu. 

Lomba menulis bisa diikuti siapa saja dan kamu bisa memilih yang sesuai dengan persyaratan. Kamu juga perlu melakukan persiapan saat mengikuti lomba menulis demi kelancaran kegiatan tersebut. Apa saja yang perlu kamu siapkan? Simak artikel di bawah ini.

1. Memupuk kepercayaan diri terlebih dahulu

ilustrasi menulis dengan percaya diri (unsplash.com/Christin Hume)

Persiapan yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuat rasa percaya diri yang tinggi. Kamu harus percaya diri bahwa kamu layak mengikuti lomba menulis. Kamu tidak perlu takut dengan pesaing lainnya dan fokuslah dengan dirimu sendiri. 

Jika masih ada keraguan dalam diri dan tidak percaya diri, maka hasil tulisanmu pun akan terganggu dan tidak maksimal. Fokuslah pada hasil tulisanmu dan yakin bahwa kamu bisa bersaing dengan yang lain. Hasil akhirnya tinggal berdoa dan menunggu, serta harus mempersiapkan diri jika memang belum berhasil menjadi pemenang lomba.

Baca Juga: 5 Tips bagi Karyawan Baru agar Gak Insecure di Tempat Kerja, Berbaur!

2. Membaca syarat dan ketentuan

ilustrasi mengikuti lomba menulis (unsplash.com/Kenny Eliason)

Penting sekali untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada suatu perlombaan. Pastikan bahwa kamu sudah memenuhi syarat, seperti umur, jenjang pendidikan, atau domisili. Kamu juga perlu memahami ketentuan yang berlaku agar bisa menulis dengan tepat sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. 

Tanpa memahami syarat dan ketentuan, bisa saja kamu didiskualifikasi dari perlombaan. Hal ini tentunya menjadi sebuah kejadian yang sangat dihindari oleh peserta lomba. Maka dari itu, pahami dulu syarat dan ketentuan sebelum memutuskan untuk mengikuti lomba menulis.

3. Riset tema atau topik yang dibawakan

ilustrasi riset tema (unsplash.com/Thought Catalog)

Bacalah ketentuan tema atau topik pada lomba menulis. Setelah mengetahui tema tersebut, kamu harus melakukan riset konten terlebih dahulu. Riset konten ini dilakukan dengan cara membaca beberapa tulisan referensi. 

Kamu juga bisa melakukan brainstorming dengan membaca apa saja, baik fiksi atau nonfiksi. Membaca akan memberikan kamu kosa kata yang lebih berlimpah untuk digunakan pada tulisan. Tanpa adanya riset konten atau membaca, tulisanmu menjadi kurang berkualitas dan bisa saja melakukan kesalahan informasi. 

4. Buat jadwal untuk selalu ingat submit hasil tulisan

ilustrasi membuat jadwal (unsplash.com/Estee Janssens)

Pada sebuah perlombaan, tentunya ada deadline atau tenggat waktu yang ditetapkan. Sebagai peserta, kamu harus mengingat deadline agar tidak telat untuk submit. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat jadwal submit sebelum tenggat waktu. 

Kamu bisa membuat jadwal atau agenda tersendiri pada ponsel, maksimal tiga hari sebelum tanggal deadline. Adanya agenda ini akan membuatmu ingat untuk submit hasil tulisan dengan segera tanpa telat. Sebenarnya jika tidak membuat agenda juga tidak masalah, tetapi berisiko membuat kamu lupa untuk submit hasil tulisan.

5. Revisi tulisan beberapa kali

ilustrasi revisi tulisan (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Penulis yang berkualitas akan selalu melakukan revisi pada tulisannya beberapa kali. Revisi tulisan ini biasanya dilakukan minimal dua kali untuk memastikan tidak ada kesalahan kata pada tulisan. Kamu juga bisa mengubah susunan kalimat jika merasa kurang tepat atau indah ketika dibaca. 

Jangan malas untuk melakukan revisi tulisan sebelum submit. Kesalahan typo atau salah ketik dan susunan yang kurang baik dapat mempengaruhi penilaian para juri. Jadi, sempatkan waktu untuk melakukan revisi terlebih dahulu!

Verified Writer

Annisah Nurrahmatillah

Just wanna be a journalist

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya