TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Teknik Mindfulness Simpel untuk Mengurangi Stres di Tempat Kerja 

Dengan melatih minfulness kamu juga bakal makin produktif

ilustrasi mindfulness di tempat kerja (vecteezy.com/vk.studio)

Kehidupan kerja sering kali penuh dengan tekanan dan tuntutan yang bisa membuat siapa saja merasa kewalahan. Setiap hari, kamu mungkin dihadapkan pada deadline yang ketat, tugas yang menumpuk, dan ekspektasi yang tinggi dari atasan maupun rekan kerja. Semua hal yang telah disebutkan tadi bisa membuat stres menumpuk dan mengganggu kesehatan mental serta fisik dan parahnya mengganggu produktivitas, lho.

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk mengurangi stress di tempat kerja adalah melakukan mindfulness. Mindfulness atau kesadaran penuh adalah praktik yang membantu kamu untuk tetap hadir di saat ini, tanpa terbawa oleh kekhawatiran masa depan atau penyesalan masa lalu.

Dengan mempraktikkan mindfulness, kamu bisa lebih fokus, tenang, dan mampu menghadapi tekanan pekerjaan dengan cara yang lebih positif. Teknik-teknik mindfulness ini bukan hanya sederhana untuk dipelajari, tetapi juga bisa diterapkan kapan saja dan di mana saja, bahkan di tengah-tengah kesibukan pekerjaan.

1. Memperhatikan napasmu selama beberapa menit

ilustrasi mindfulness di tempat kerja (vecteezy.com/pae9gagz468967)

Salah satu teknik mindfulness paling dasar dan mudah untuk diterapkan adalah dengan memperhatikan napasmu.

Ketika kamu merasa stres atau cemas di tempat kerja, luangkan beberapa menit untuk fokus pada pernapasanmu. Mulailah dengan duduk dengan nyaman dan tutup mata jika memungkinkan selanjutnya ambil napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Saat kamu bernapas, coba perhatikan setiap sensasi yang muncul, seperti udara yang masuk dan keluar dari tubuhmu.

Dengan memperhatikan napas, kamu tidak hanya memberi tubuhmu lebih banyak oksigen, tetapi juga membantu menenangkan pikiran. Teknik pernapasan dalam ini bisa membantu mengalihkan perhatianmu dari kekhawatiran yang mengganggu dan membawa fokusmu kembali ke saat ini.

Kamu bisa melakukannya kapan saja, misalnya sebelum menghadiri rapat penting atau saat merasa kewalahan dengan tugas yang menumpuk. Hanya dengan beberapa menit, kamu akan merasa lebih tenang dan mampu menghadapi situasi dengan kepala dingin.

2. Lakukan body scan untuk mengidentifikasi ketegangan

ilustrasi mindfulness di tempat kerja (vecteezy.com/dotshock)

Body scan menjadi salah satu teknik mindfulness lain yang sangat berguna untuk meredakan stress di tempat kerja. Teknik body scan melibatkan perhatian penuh pada setiap bagian tubuhmu, dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Cara melakukan body scan adalah dengan duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman, kemudian tutup mata dan fokuskan pikiranmu pada tubuh. Mulailah dari kepala, perhatikan apakah ada ketegangan atau rasa tidak nyaman kemudian, perlahan-lahan alihkan fokusmu ke leher, bahu, lengan, hingga kaki, sambil terus memperhatikan sensasi apa pun yang muncul.

Melakukan body scan memungkinkan kamu untuk mengenali ketegangan yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Misalnya, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu terus-menerus menegang saat bekerja di depan komputer. Praktik ini juga membantu kamu untuk lebih terhubung dengan tubuhmu, sehingga kamu bisa lebih peka terhadap tanda-tanda stres fisik yang perlu diatasi.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dipelajari dari Perjalanan Karier Orang Lain

3. Praktikkan mindful eating saat istirahat makan siang

ilustrasi mindful eating (vecteezy.com/dodotone)

Saat istirahat makan siang, cobalah untuk benar-benar mindful dan menikmati makananmu, daripada terburu-buru atau terganggu oleh ponsel atau pekerjaan. Mulailah dengan memperhatikan makanan di depanmu, perhatikan warna, aroma, dan tekstur makanan di hadapanmu. Kemudian, ambil gigitan kecil dan kunyah perlahan, rasakan setiap rasa dan sensasi yang muncul di mulutmu.

Mindful eating bukan hanya tentang menikmati makanan, tetapi juga tentang memberi tubuh dan pikiranmu kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan diri dari tekanan kerja.

Dengan fokus pada makananmu, kamu bisa mengalihkan pikiran dari stres dan memberi dirimu waktu untuk benar-benar bersantai. Ini juga membantu kamu untuk lebih sadar akan sinyal-sinyal kenyang dari tubuhmu, sehingga kamu bisa makan dengan lebih seimbang dan menghindari kebiasaan makan berlebihan yang sering kali terkait dengan stres.

4. Cobalah teknik grounding untuk menjaga ketenangan

ilustrasi stres bekerja (vecteezy.com/ada_aj)

Teknik grounding merupakan cara efektif lain untuk membawa diri kembali ke saat ini ketika stres mulai menguasai. Teknik ini melibatkan penggunaan indra untuk fokus pada hal-hal yang ada di sekitarmu saat ini. Misalnya, saat kamu merasa stres, cobalah untuk menghentikan sejenak apa pun yang sedang kamu lakukan dan perhatikan  hal yang dapat kamu lihat, kamu sentuh, kamu dengar, hal yang dapat kamu cium, dan juga hal yang dapat kamu rasa.

Teknik grounding membantu menenangkan pikiran yang berlarian dan membuat kamu lebih sadar akan lingkungan sekitarmu. Ini juga membantu mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan mengembalikan fokus ke hal-hal yang lebih nyata dan konkret. Dengan melibatkan semua indra, teknik ini bisa sangat efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan yang sering muncul di tempat kerja

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya