TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Konten Lebaran yang Berpotensi Dulang Banyak Likes

Hayo, siapa yang nunggu konten jalanan Jakarta sepi? 

proses pembuatan konten (unsplash.com/Jenny Ueberberg)

Kamu bosan kalau Lebaran hanya silaturahmi saja? Atau kamu justru Lebaran sendirian saja, nih? Nah, daripada bingung mau beraktivitas apa saja, lebih baik bikin konten Lebaran, yuk!

Gak harus menjadi content creator atau influencer untuk bisa mengunggah konten Lebaran, kok. Siapapun bisa melakukannya dengan hanya bermodalkan smartphone. Bagi kamu yang ingin mengunggah konten Lebaran, berikut ini idenya!

1. Suasana mudik

arus jalanan mudik (unsplash.com/Kathy)

Mumpung lagi mudik kamu bisa jadikan momen tersebut untuk membuat konten. Tidak perlu yang ribet, cukup dengan foto kondisi yang ada di sekitarmu. Bisa suasana arus lintas di jalur mudik, keadaan di beberapa titik seperti rest area, stasiun, dan bandara.

Bahkan kalau kamu menemukan hal unik di sekitar seperti tingkah laku pemudik, itu bisa dijadikan konten, lho. Contoh, saking macetnya jalur mudik ada keluarga yang memutuskan untuk parkir di pinggir jalan dan menggelar pot luck layaknya piknik. Atau bahkan pemudik mobil yang memboyong sekaligus motornya di bagasi belakang.

2. Potret artis saat merayakan Lebaran

rayain lebaran (unsplash.com/Windi Setyawan)

Konten ini rerata dibuat oleh penulis konten atau jurnalis di dunia hiburan Indonesia. Tujuannya bukan sekadar meramaikan suasana Lebaran tapi juga memberikan update mengenai dunia gosip selebriti. 

Jika tujuannya untuk dapatkan viewers banyak, pilihlah artis yang sedang hangat diperbincangkan selama setahun terakhir atau beberapa bulan belakangan. 

3. Jalanan Jakarta yang sepi 

momen jalanan Jakarta lancar (unsplash.com/Dendy)

Saat memasuki cuti bersama untuk Lebaran, Jakarta yang menjadi lokasi kota perantauan sering kali mengalami sepi. Sebab, rata-rata perantauan melakukan mudik. Nah, hal ini adalah momen langka!

Bagi kamu yang di Jakarta, bisa banget memotret beberapa wilayah jalanan raya di Jakarta yang biasanya padat dan kini lenggang karena masyarakat sedang mudik. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Lagu untuk Konten Hari Raya Idul Fitri Kamu

4. Kondisi tempat wisata saat Lebaran

tempat wisata (unsplash.com/Renato Marzan)

Hal ini berlaku baik kamu yang berwisata ke luar kota maupun yang hanya di kota tempat tinggalmu. Bisa juga konten tempat wisata yang umumnya dikunjungi pas Lebaran. Tentu, tiap daerah sudah memiliki tempat wisata yang memang ramai.

Untuk kontennya bisa dibuat mengenai keadaan saat di pintu masuk, dalam tempat wisata atau keadaan salah satu wahana tempat wisata tersebut. Ini tentu berguna untuk orang-orang yang mungkin ingin mengunjungi tempat wisata tersebut. 

5. Potret atau video suasana salat Idulfitri

lagi sholat Idul FItri (unsplash.com/Shivam Garg)

Konten yang satu ini biasanya ada beberapa jenis dan tergantung siapa yang membuatnya. Kalau jamaah atau pengunjung yang melaksanakan salat Idulfitri, biasanya dikemas dalam bentuk foto dan video yang diunggah ke story media sosial. 

Kalau content creator untuk kebutuhan profesional dalam rangka meramaikan suasana Lebaran, tentu angle atau pengambilan foto maupun video juga harus lebih bagus. Hasilnya tak perlu diragukan lagi karena berkaitan dengan personal branding dia di media sosial.

Baca Juga: 9 Ide Konten Tiktok untuk Lebaran 2023, Auto Viral!

Verified Writer

Amanda R Putri

23. Part time content writer and legal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya