TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Keuntungan Melakoni Kerja Part Time Online, Bisa Sambil Santai

Nikmati kebebasan dalam mencari sumber cuan!

ilustrasi kerja di rumah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat ini, banyak orang mengeluh soal sulitnya mencari pekerjaan, apalagi bagi lulusan baru. Padahal, beriringan dengan kemajuan era digital, peluang kerja online terbilang cukup banyak dan sangat luas. Bahkan, siapa saja punya kesempatan yang sama, tidak terbatas usia maupun latar belakang.

Salah satunya melakoni pekerjaan part time online. Dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga bisa melakukannya. Hanya butuh alat dan internet, pekerjaan ini punya banyak keuntungan jika dijalani dengan serius. Lantas, apa saja keuntungannya?

1. Bisa menambah sumber penghasilan

ilustrasi menggunakan laptop (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bukan sekadar iseng, kerja paruh waktu online bisa dijadikan tambahan sumber penghasilan. Tidak jarang, pundi-pundi cuan yang diperoleh malah lebih besar dari gaji utama di kantor. Tentu ini dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi dan bisa punya tabungan.

Kerja part time online memang memberi peluang besar, terutama jika dilakukan secara konsisten. Beragam platform freelance atau toko online bisa di manfaatkan untuk menjual jasa atau produk tanpa batasan geografis. Bahkan, kesempatan terhubung dengan klien dari luar negeri pun terbuka lebar.

2. Fleksibilitas waktu dan tempat kerja

ilustrasi kerja di luar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kerja online menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat kerja. Ini sangat cocok untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga yang punya kesibukan di luar pekerjaan. Dengan waktu yang fleksibel, jadwal bisa disesuaikan, sehingga dapat mendukung produktivitas tanpa batas.

Selain soal waktu, pekerjaan ini juga memungkinkan bekerja dari mana saja. Kita bebas memilih tempat paling nyaman seperti di rumah, di taman, atau di kafe favorit sambil ngopi cantik. Bahkan, sambil travelling juga tidak masalah, selama pekerjaan masih bisa ditangani dengan baik.

Baca Juga: 7 Langkah Menerapkan Teknik Pomodoro untuk Pekerja Part Time Online

3. Dapat memberikan keseimbangan work-life

ilustrasi kerja sambil jaga anak (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Fleksibilitas waktu dan tempat kerja menciptakan keseimbangan dalam hidup. Tidak hanya terpaku pada pekerjaan, tetapi juga punya lebih banyak waktu untuk hobi, studi, ataupun kehidupan pribadi. Work-life balance yang diimpikan banyak orang perlahan akan tercapai.

Punya waktu yang lebih fleksibel juga baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Kita bisa mengambil jeda kapan saja untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan tanpa merasa tertekan oleh jadwal yang ketat. Akan tetapi, produktivitas tetap harus diprioritaskan, ya.

4. Mendukung gaya hidup hemat

ilustrasi sedang latihan bicara (pexels.com/KATRIN BOLOVTSOVA)

Bagi yang ingin menjalani hidup hemat, melakoni kerja part time online merupakan pilihan paling tepat. Sebab, pekerjaan dapat dilakukan dari rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya transportasi harian, seperti ongkos kendaraan atau bahan bakar. Ini tentu membantu mengurangi pengeluaran rutin yang sering kali tidak disadari.

Lebih dari itu, dengan bekerja dari rumah, kebutuhan makan di luar atau membeli kopi setiap pagi juga bisa ditekan. Lebih baik masak sendiri di rumah dengan biaya yang lebih murah dan lebih sehat. Bahkan, tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk pakaian formal atau seragam kerja, karena bisa bekerja dengan pakaian santai.

5. Meningkatkan keterampilan dan membuka peluang karier

ilustrasi menekuni kerja sampingan (unsplash.com/Kaleidico)

Saat melakoni pekerjaan paruh waktu online, tanpa sadar kita turut mengasah kemampuan. Keahlian seperti kepenulisan atau desain grafis lama-lama akan meningkat atau semakin dikuasai. Nah, keterampilan tersebut dapat memperbesar peluang karier.

Keterampilan yang dikuasai bisa jadi bekal untuk mendapatkan kesempatan lebih besar di dunia kerja. Internet mampu membuka peluang emas secara global tanpa banyak batasan. Misalnya, terhubung dengan jaringan profesional dari berbagai negara yang berbeda.

Sebenarnya, kerja part time online tidak semudah kelihatannya. Namun, lima keuntungan tadi bisa kamu dapatkan jika pekerjaan ini dipelajari dan dilakoni dengan serius serta konsisten. Tertarik untuk memulai?

Baca Juga: 7 Lowongan Kerja Part Time Online di Rumah, Bisa Remote!

Verified Writer

Akromah Zonic

Dont be yourself, but be better :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya