TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Adaptasi dan Berbaur dengan Senior di Kantor Baru, Santai Aja!

Kalau pembawaan dirimu baik tentu akan mudah diterima senior

ilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Pindah dari satu kantor ke kantor yang lain merupakan hal biasa dalam dunia kerja. Namun yang mendebarkan saat pindah ke kantor baru ialah ketika harus beradaptasi dan berbaur dengan para senior di sana. Mau gak mau harus belajar bagaimana caranya beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja senior yang baru. 

Sebenarnya gak sulit, dimana ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi dan berbaur dengan lebih mudah dengan para senior baru. Mulai dari memberi makanan sebagai tanda perkenalan, bersikap santai, menjaga respek pada senior tua maupun muda, dan lain sebagainya. Dimana satu-persatu tipsnya dibahas lebih lanjut pada poin-poin berikut ini, yuk disimak! 

1. Santai saja dalam membawa diri agar bisa cepat berbaur

ilustrasi rekan kerja (freepik.com/Freepik)

Kalau mau cepat beradaptasi dan berbaur dengan senior di kantor baru sebenarnya mudah, yang dimulai dari sikap santai diri sendiri. Kalau kamu membawa diri dengan santai saat masuk ke kantor baru, orang-orang di sana juga ikutan santai saat mencoba berinteraksi denganmu. Gak kaku, gugup, ataupun penuh ketakutan ketika masuk di lingkungan baru. Akan tetapi santai saja yang dibarengi dengan sikap profesional di tempat kerja seperti biasanya. 

2. Beri makanan atau minuman sebagai tanda perkenalan

ilustrasi makan bersama (pexels.com/Tims Miroshnichenko)

Tips lainnya kalau mau berbaur dengan senior di kantor baru ialah jangan pelit-pelit! Alias kamu bisa memberi mereka makanan atau minuman ketika jam istirahat sebagai tanda perkenalan. Semua orang di kantor pasti senang kalau dikasih makanan atau minuman karena bisa jadi penyemangat mereka dalam bekerja. Jadi kesan awalmu di sana baik dan positif karena mau berbagi dengan mereka. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Tidak Bisa Beradaptasi di Tempat Kerja, Canggung!

3. Senior tua maupun muda tetap diperlakukan dengan respek

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Artem Podrez)

Yang namanya senior terlepas dari usianya muda atau tua tetap harus kamu hargai dan hormati di kantor, apalagi sebagai anak yang baru masuk di sana. Jadi jagalah respekmu pada mereka meskipun interaksi yang dibangun itu bersifat santai dan easy going. Karena attitude tetap nomor satu di tempat kerja tak peduli perbedaan usia dan kebaikan mereka. 

4. Ringan tangan membantu senior jika diperlukan

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Yan Krukau)

Tips lainnya untuk mudah adaptasi dan berbaur dengan senior di kantor baru ialah dengan bersikap ringan tangan. Dimana kamu murah hati untuk membantu senior yang membutuhkan bantuan dalam pekerjaannya. Tentu saja tetap utamakan pekerjaanmu sendiri, tapi kalau ada waktu luang dan bisa bantu senior maka tidak ada salahnya untuk memberi sedikit bantuan. Karena hal ini dapat membangun kerja sama dan kesolidan di kantor dengan para senior. 

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya