TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Indikasi Dirimu Lebih Cocok di Bidang Usaha Daripada Kerja Karyawan

Kamu suka pekerjaan yang tak terikat alias bebas

ilustrasi bisnis (freepik.com/Senivpetro)

Hal yang menjadi impian semua orang dalam berkarier ialah dapat bekerja di bidang yang sesuai dengan passion. Yang mana meskipun sudah menekuni suatu pekerjaan dalam jangka waktu lama, tapi tetap saja tidak menjiwainya kalau bidangnya tidak cocok. Misalnya seperti dirimu yang mungkin lebih cocok di bidang usaha dibanding kerja sebagai karyawan. 

Biasanya ada indikasi-indikasi yang menunjukkan kalau dirimu lebih cocok di bidang usaha dibanding kerja karyawan. Seperti dirimu yang lebih suka kerja bebas, punya bakat berjualan, atau juga ketertarikan yang kuat untuk membangun bisnis sendiri. Indikasi yang kalau disadari sebenarnya menunjukkan passion di bidang usaha, tapi untuk lebih jelasnya simak satu-persatunya berikut ini, ya! 

1. Kamu suka mencoba berbagai macam pekerjaan baru

ilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukau)

Indikasi yang menunjukkan kalau dirimu lebih cocok di bidang usaha dibanding kerja karyawan ialah ketika kamu suka mencoba hal-hal baru. Termasuk juga dalam pekerjaan, kamu suka mencoba berbagai macam pekerjaan karena rasa ingin tahu yang besar serta gampang bosan. Hal ini menunjukkan kalau kamu lebih cocok jadi pengusaha daripada kerja formal sebagai karyawan, dimana kamu bisa mengulik suatu bidang usaha yang sesuai dengan ketertarikanmu dan bebas untuk mencoba apa saja. 

2. Tertarik di bidang usaha untuk bisa berdiri sendiri

ilustrasi bisnis (freepik.com/Senivpetro)

Jika dirimu memiliki ketertarikan besar pada bidang usaha, maka itu sudah sangat jelas menunjukkan kecocokanmu di bidang itu. Entah itu ingin membangun usaha sendiri, atau ingin berdiri sendiri dengan jadi bos di usahamu. Apapun yang mendasari ketertarikanmu di bidang usaha sudah cukup menunjukkan kecocokanmu untuk membangun karier sebagai pengusaha. 

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memulai Usaha dengan Modal Terbatas

3. Punya bakat berjualan dan negosiasi

ilustrasi bisnis (pexels.com/RDNE Stock Project)

Ternyata kamu punya bakat berjualan dan bernegosiasi? Jangan menutup mata atas bakat itu dan sadarilah bahwa sebenarnya dirimu justru lebih cocok di bidang usaha daripada kerja karyawan. Yang mana skill tawar menawar serta pandai berjualan tidaklah dimiliki semua orang, dan merupakan modal utama untuk bisa sukses di bidang bisnis apa saja. 

4. Memiliki privilege relasi yang banyak untuk usaha

ilustrasi bicara (pexels.com/Henri Mathieu Saint Laurent)

Indikasi lainnya yang menandakan dirimu cocok di bidang usaha ialah memiliki privilege relasi yang luas. Yang mana hal ini merupakan suatu kelebihan menguntungkan di bidang usaha untuk bisa menjangkau pasar yang luas. Memang dalam pekerjaan formal sebagai karyawan pun juga bermanfaat kalau punya banyak relasi, tapi kalau mau mencoba di bidang usaha maka hal ini sangatlah berperan besar untuk bisnismu. 

5. Lebih suka pekerjaan yang tidak terikat alias bebas

ilustrasi kerja (pexels.com/Amina Filkins)

Kalau kamu tipe orang yang lebih suka pekerjaan yang tidak terikat alias bebas, maka itu indikasi yang sangat jelas bahwa kamu lebih cocok di bidang usaha dibanding karyawan. Dimana kamu memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerjamu sendiri, lokasi kerjamu, hingga kapan kamu mau libur dan lembur. Tidak ada yang memerintah karena kamu sendirilah yang menjalankannya. 

Kalau lima indikasi tadi ada pada dirimu, maka besar kemungkinannya kalau dirimu lebih cocok di bidang usaha dibanding kerja karyawan. Mungkin passion dan jalan kariermu akan lebih enjoy kalau membangun usaha sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya