TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Gak Meremehkan Fresh Graduate yang Baru Pertama Kali Kerja

Semua orang pernah ada di titik pemula

ilustrasi kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Masuk ke dunia kerja memang jadi tantangan berat untuk fresh graduate, karena selain ia harus beradaptasi dengan lingkungan baru tapi juga sekaligus membuktikan kalau dia bisa kerja ke para senior dan atasan. Di antara para senior atau yang sudah berpengalaman di dunia kerja, memang fresh graduate adalah sosok yang paling kecil, tapi bukan berarti senior pun meremehkannya, ya. Karena ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh meremehkan fresh graduate yang baru pertama kali kerja. 

Entah itu karena skill-nya yang mungkin bisa saja setara dengan yang lain, memberinya kesempatan untuk menunjukkan kinerjanya, hingga sadar diri bahwa semua orang pernah di titik pemula. Jadi kalau ada fresh graduate di kantor jangan langsung diremehin, karena siapa tahu tersimpan potensi kerja yang baik di dirinya. Tapi untuk lebih jelas mengenai alasan-alasannya, bisa simak satu-satu poin pembahasannya berikut ini, ya! 

1. Beri dia kesempatan mempraktekkan wawasannya dalam pekerjaan

ilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika ada fresh graduate yang baru pertama kali kerja di kantormu, jangan langsung diremehkan akan tetapi berilah ia waktu dan kesempatan. Kesempatan untuk mempraktekkan wawasannya di perkuliahan ke dalam pekerjaan nyata. Mungkin perlu waktu sampai ia benar-benar paham cara kerjanya dan bisa bekerja dengan baik tanpa kesalahan sebagai anak yang baru pertama kali kerja. 

2. Skill-nya bisa jadi setara dengan pekerja senior lainnya

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Fauxels)

Jangan remehkan siapapun di tempat kerja sekalipun itu fresh graduate, karena bisa saja skill yang dimilikinya justru setara dengan pekerja lain. Mungkin dia punya banyak pengalaman magang, atau banyak skill yang dipelajarinya sendiri dalam mempersiapkan diri untuk bekerja. Jadi biasakan untuk tidak meremehkan anak baru manapun di kantor, karena tidak tahu seberapa hebat skill yang dimilikinya. 

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Kamu Banggakan di CV Fresh Graduate

3. Semua orang pernah di titik pemula

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Alasan lainnya kenapa tidak boleh meremehkan fresh graduate yang baru pertama kali kerja ialah karena semua orang pernah berada di titik pemula. Mau senior yang sudah bekerja puluhan tahun pun pasti pernah jadi pemula, alias sadar diri dan introspeksi diri sebelum meremehkan posisi orang. Justru bagusnya itu sebagai senior merangkul juniornya, apalagi yang baru pertama kali kerja untuk bisa cepat beradaptasi dengan pekerjaannya. 

4. Attitude penting jangan remehkan siapapun partner kerjamu

ilustrasi kerja sama (pexels.com/Fauxels)

Sebenarnya alasan kenapa tidak boleh meremehkan fresh graduate yang baru pertama kali kerja ialah karena itu merupakan attitude penting di tempat kerja. Bisa dibilang sebagai bagian dari profesionalitas kerja untuk tidak meremehkan siapapun partner kerjamu. Mau itu fresh graduate pemula, senior puluhan tahun, atau rekan kerja yang setara denganmu, semua partner kerja patut diperlakukan dengan respek yang sama. 

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya