TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kalau Ingin Sukses Jadi Pengusaha, Kamu Harus Pahami 7 Hal Ini

Karena memulai bisnis itu tak semuanya mudah

bloomberg.com

Sukses menjadi pengusaha itu memang membutuhkan usaha keras. Saat ini, kekuatan seorang entrepreneur terletak pada pendidikan dan pengetahuan. Menjadi sibuk bukanlah sebuah alasan untuk berhenti belajar dan kamu tidak akan pernah menjadi seorang pengusaha sejati tanpa terus menggali ilmu.

Supaya kamu tidak salah kaprah dalam berbisnis, berikut tujuh poin yang mungkin bisa menyukseskan bisnis kamu.

1. Menjadi yang pertama

letterboxd.com

Menjadi yang pertama itu sangat menguntungkan. Dalam bidang bisnis, poin ini tak dapat dielakkan lagi. Jika produk yang kamu tawarkan belum pernah ada di muka planet ini, maka produk kamu menjadi sangat berbeda. Apalagi produk kamu benar-benar dibutuhkan banyak orang.

2. Berani tampil beda

imdb.com

Jika dituntut untuk menjadi yang pertama, berarti kamu harus berani tampil beda. Sebab jika kamu tampil biasa-biasa saja maka kamu hanyalah orang yang mengekor ide orang lain.

Baca Juga: 7 Sifat Pengusaha Muda yang Perlu Kamu Contoh dari Sekarang  

3. Menancapkan positioning

variety.com

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus berusaha agar produk dan jasa yang kamu tawarkan masuk dan meresap ke dalam pikiran konsumen. Kamu juga harus berusaha untuk menciptakan asosiasi di pikiran konsumen bahwa produk kamu bertalian dengan sesuatu yang unik.

4. Tetapkan harga yang pas

thetropixs.com

Bisnis yang penuh persaingan, para pengusaha sering memilih harga sebagai amunisi untuk mendorong lawannya hingga kolaps. Kalau kamu ingin menghindari suatu persaingan dengan menuruni harga produk, harus dipikirkan terlebih dahulu karena menurunkan harga mengandung efek samping yang cukup berbahaya.

5. Tetap fokus akan apapun yang kamu lakukan

mag.shock2.info

Bisnis membutuhkan fokus dan konsentrasi. Jika kamu mengambil satu bidang usaha, akan lebih baik seluruh sumber daya tenaga dan dana dicurahkan untuk mengembangkan bidang usaha tersebut sampai menguasai pasar.

6. Puaskan keinginan pelanggan

theguardian.com

Produk yang sangat bagus tak ada artinya lagi jika pelayanan terhadap para konsumen kurang memuaskan. Pelayanan pelanggan merupakan hal yang sakral. Pelanggan harus dipuaskan. Sebab, bisnis ada untuk menarik pelanggan.

Baca Juga: Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Tonton 11 Film Inspiratif Ini

Verified Writer

Adli Putra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya