TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Benefit Personal Branding di Medsos untuk Remote Worker

Pejuang WFH perlu personal branding di media sosial

ilustrasi orang yang sedang membuka Linked In (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Work from anywhere atau remote working menjadi sebuah tren pekerjaan yang digemari banyak orang. Khususnya anak-anak muda dengan pemikiran kreatif dan segala inovasi cerdasnya. Belakangan ini, ada banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dari mana saja. Seperti contohnya, penulis, translator, editor, desainer grafis, content creator, dan lain-lain. Semua pekerjaan digital tadi cenderung dominan dengan gadget dan alat digital lainnya. 

Dalam hal pemasaran atau penjualannya pun lewat akses digital. Munculnya digitalisasi inilah yang membuat para remote worker harus membangun personal branding-nya di media sosial. Personal branding ini bisa dimulai dengan mengunggah konten di media sosial, membangun koneksi dengan orang-orang yang satu minat, dan lain-lain. Berikut adalah lima benefit personal branding di medsos untuk remote worker. Job hunter bisa simak sampai habis agar lebih siap kerja!

1. Dapat menunjang portofolio

ilustrasi perempuan yang sedang membuat konten (pexels.com/SHVETS production)

Sadar gak kalau semakin banyak karya yang kamu buat akan membentuk kualitas portofoliomu. Banyaknya karya ini juga akan mempertegas tentang sebagai apa yang orang lain ingin kenal denganmu. Seperti apa atau hal apa yang paling lekat dan membentuk identitasmu. Jika kamu ingin dikenal sebagai penulis, maka banyaklah membuat dan membagikan tulisanmu. Jika kamu ingin dikenal sebagai desainer grafis, maka jangan malu lagi untuk mengunggah hasil gambar terbaikmu.

Ketegasan identitas inilah yang akan memudahkan seseorang dalam mencari jasa dan memahami kemampuanmu. Jejak digital portofolio pun dapat meningkatkan nilai dirimu yang menjadi bahan pertimbangan seseorang dalam memperkerjakanmu. Mulai sekarang, jika kamu ingin memulai menjadi remote worker, yuk, jangan ragu lagi untuk membangun personal branding di media sosial.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Belum Berani Memberikan Batasan Diri Sendiri

2. Menjangkau audiens yang lebih luas

ilustrasi orang-orang di kantor (pexels.com/Pixabay)

Kuasa media sosial sangatlah luas dan kuat. Semua orang memiliki hak yang sama untuk dikenal. Keleluasaan inilah yang dapat menjadikan media sosial penuh dengan target pasar. Ketika kamu mulai membangun personal branding di media sosial, maka pasarmu jauh lebih ramai.

Orang-orang akan menjangkaumu secara mudah dan instan hanya dengan beberapa klik. Manfaatkanlah situasi ini sebaik mungkin. Ciptakan personal branding yang menawan untuk menarik banyak konsumen yang cocok. Tebarlah jaring seluas-luasnya. Unggah postinganmu di mana saja untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

3. Membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen

ilustrasi anak-anak muda dan produktivitasnya (pexels.com/Alena Darmel:)

Bayangkan jika kamu sudah membagikan banyak konten yang menunjukkan kemampuan dan pengalamanmu. Lalu, ada banyak orang yang menyukainya. Bahkan mungkin sebagian besar dari mereka turut membagikannya ke sekitar. Tentunya jangkauan pasarmu semakin luas.

Ada banyak timbal balik positif yang kamu dapatkan. Hal tersebut secara tidak langsung akan turut membangun kredibilitasmu. Kepercayaan audiens dan calon konsumen sudah mulai tercipta kepadamu. Apalagi jika kamu membangun interaksi positif dengan mereka tentu akan jadi potensi besar untuk mereka menjadi konsumen atau langgananmu.

4. Memudahkan kerja sama dengan brand atau perusahaan sevisi

ilustrasi kerja sama antar dua orang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Alasan yang keempat ini dapat dibuktikan oleh para penggiat kerja digital di luar sana. Sejalan dengan banyaknya kemampuan yang kamu tunjukkan, kredibilitas yang baik, kualitas yang berkelas, dan interaksi positif yang kamu berikan, maka akan membuka kesempatan lain. Salah satunya, yakni kerja sama dengan brand atau perusahaan sevisi.

Kerja sama ini bisa berbentuk banyak hak. Bisa dengan dukungan dana seperti sponsor, kolaborasi konten, dan lain-lain. Intinya apapun kerja samanya pasti dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Sampai di sini, apakah masih ragu untuk mulai personal branding di media sosial?

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

"jadilah besar bestari dan manfaat untuk sekitar"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya