TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Trainee Idol yang Terpilih di Program Survival Tapi Batal Debut

Batal debut dari grup jebolan survival

Yu Jun Won, Yang Dong Hwa, dan Jung Min (Twitter.com/SM_NCTUniverse | twitter.com/ist_ent | twitter.com/fantasyboys_twt)

Program survival selalu menarik perhatian penggemar KPop. Grup rookie yang dibentuk dari program survival biasanya memiliki popularitas tinggi dibandingkan grup rookie lainnya. Tidak heran jika banyak trainee yang mendambakan untuk debut di grup jebolan survival.

Terpilih menjadi anggota grup dari program survival bukanlah hal yang mudah. Namun, ada juga loh trainee yang memutuskan keluar dari grup meskipun sudah masuk line up debut. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini!

Baca Juga: 5 Idol KPop Cowok yang Harus Makan tanpa Ketahuan Agensi

1. Yu Jun Won eks Fantasy Boys

Yu Jun Won (twitter.com/fantasyboys_twt)

Yu Jun Won berpartisipasi dalam program survival MBC, Fantasy Boys. Dia berhasil menempati peringkat pertama dalam tahap final yang digelar pada 8 Juni 2023. Dengan demikian, Jun Won menjadi salah satu dari 12 trainee yang terpilih untuk debut dalam grup Fantasy Boys. Jun Won juga didaulat sebagai leader sekaligus center.

Pada 23 Agustus 2023, PocketDol Studio sebagai agensi yang menaungi Fantasy Boys, mengumumkan bahwa Yu Jun Won tidak akan berpartisipasi dalam debut grup. Hal ini karena pihak agensi dan Jun Won tidak mencapai kesepakatan bersama dalam perjanjian kontrak. Fantasy Boys pun resmi debut pada tanggal 21 September 2023 dengan 11 anggota, tanpa Jun Won.

Baca Juga: 5 Idol KPop yang Comeback Jepang Oktober 2023, Ada ITZY

2. Yang Dong Hwa eks The Origin – A, B, Or What?

Yang Dong Hwa (twitter.com/YDH_twt)

The Origin – A, B, Or What? merupakan program survival IST Entertainment yang tayang di saluran televisi MBN pada awal tahun 2022. Dari 13 kontestan yang berpartisipasi, Yang Dong Hwa berhasil menjadi salah satu trainee terpilih yang akan debut. Mereka debut dalam grup yang diberi nama ATBO (At The Beginning Of Orginality).

IST Entertainment mengumumkan bahwa Dong Hwa hengkang dari ATBO pada 13 Juni 2022. Dia keluar dari ATBO sebelum grupnya debut. Keputusan ini diambil setelah berita skandal bullying Dong Hwa ketika masa sekolah menyebar ke publik. 

3. Ha Yoon Bin eks YG Treasure Box

Ha Yoon Bin (twitter.com/YG_TreasureBox)

Program survival Treasure Box tayang di JTBC pada akhir tahun 2018 hingga awal 2019. Acara ini bertujuan untuk membentuk boy group yang nantinya akan debut di bawah naungan YG Entertainment. Boy group yang terbentuk dari survival ini diberi nama Treasure. Ha Yoon Bin berhasil menjadi salah satu trainee yang terpilih.

Sebelum Treasure debut, Yoon Bin memutuskan untuk keluar dari grup pada 31 Desember 2019. YG Entertainment mengatakan bahwa Yoon Bin memilih jalan untuk bersolo karier ke depannya. Yoon Bin pun mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan YG Entertainment.

Baca Juga: 6 Idol KPop yang Gak Dipaksa Diet oleh Agensinya, Bukan Kewajiban!

Verified Writer

NN_Phorto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya