TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Stray Kids dijuluki sebagai KPop 4th Gen Leader? Ini Jawabannya

Ini alasan Stray Kids jadi kebanggaan STAY!

Stray Kids (twitter.com/Stray_Kids)

Stray Kids adalah boygrup KPop generasi 4 yang dijuluki sebagai 4th Gen Leader oleh berbagai awak media dan juga para fans. Kok bisa, ya, mereka disebut sebagai 4th Gen Leader? 

Buat kamu yang penasaran, simak artikel berikut ini sampai akhir, ya!

1. Semua lagunya self-produced, skill producingnya gak ada yang ngalahin

Stray Kids adalah boygrup KPop generasi 4 yang dijuluki sebagai self-produced karena dari pre-debut hingga sekarang, mereka selalu memproduksi semua musiknya sendiri. Stray Kids punya producing team bernama 3RACHA, beranggotakan sang leader Bang Chan, HAN, dan Changbin.

Sejak pre-debut, 3RACHA duluan beraktivitas sebagai grup hiphop underground dan memproduksi 3 EP Mixtape yaitu J:/2017/mixtape, 3Days, dan Horizon lewat Soundcloud pribadi mereka (soundcloud.com/3RACHA). 

Ketika debut sebagai Stray Kids, 3RACHA jadi tim yang memproduksi semua lagu Stray Kids, mulai dari penulisan lirik, produksi, hingga aransemen. Skill producing mereka diacungi jempol oleh banyak orang, lho. Saking jagonya, mereka berani membuat lagu secara live dengan lirik yang diambil dari komentar-komentar fans ketika siaran langsung. Another level banget, kan?

Baca Juga: 10 Potret Teaser ODDINARY Stray Kids, Konsepnya Emo Banget!

2. 3RACHA adalah 'Most Copyrighted 4th Gen Idol'

Credit Lagu Stray Kids di KOMCA (twitter.com/38RACHA)

Salah satu alasan kenapa Stray Kids dijuluki sebagai 4th Gen Leaders adalah karena kedelapan membernya masuk dalam Top20 Idol 4th gen yang paling banyak kreditnya di KOMCA (The Korea Music Copyright Association).

Per 15 Januari 2022, 3RACHA berada di urutan 3 teratas, lho! Bang Chan ada di urutan pertama dengan 114 hak cipta, Changbin di posisi kedua dengan 102 hak cipta, dan HAN di posisi ketiga dengan 100 hak cipta. Mereka adalah idol KPop generasi 4 pertama yang hak ciptanya menembus lebih dari 100 lagu. Salut banget sama 3RACHA dan Stray Kids!

3. Stray Kids jadi idol 4th gen pertama yang jadi 'Double Million Sellers', masuk Top20 album paling banyak di pre-order sepanjang masa

Album KPop dengan Pre-order tertinggi sepanjang masa (twitter.com/koreansales_twt)

Salah satu alasan terkuat mengapa Stray Kids adalah leader KPop generasi 4, yaitu Stray Kids memecahkan rekor sebagai idol generasi 4 pertama yang penjualan albumnya menembus lebih dari 1Juta keping. Album terbarunya ODDINARY mencapai 1,3Juta pre-order dan mencetak rekor baru sebagai urutan ke-12 album yang memiliki jumlah pre-order terbanyak dalam sejarah, diikuti oleh album NOEASY dengan jumlah 930,000 pre-order.

Gak cuma itu, Stray Kids adalah idol generasi 4 pertama yang menjadi Double Million Sellers lewat dua albumnya, NOEASY dan ODDINARY. Kesayangannya STAY ini memang selalu bikin bangga!

4. Pencipta 'Mala Taste Genre', Stray Kids jadi Trendsetter KPop generasi 4

Tahun 2020, Stray Kids datang dengan dobrakan baru di dunia KPop dengan lagunya God's Menu yang unik dan fenomenal. Diproduksi oleh 3RACHA bersama dengan VERSACHOI, God's Menu merupakan genre baru yang mereka ciptakan dan langsung jadi trendsetter bagi KPop generasi ke-4.

Genre ini disebut dengan Mala Taste Genre karena keunikannya yang gak bisa diekspresikan hanya dengan satu genre biasa saja. Sejak God's Menu, Stay Kids terus mendobrak stereotip KPop dengan lagu-lagunya yang unik dan beda dari yang lain, seperti Back Door, All In, Thunderous, Domino, Christmas Evel, dan lagu terbarunya, Maniac. Hal ini membuat para fans dan pengamat musik mengakui Stray Kids sebagai Mala Taste Pioneer.

Baca Juga: 10 Potret Teaser ODDINARY Stray Kids, Konsepnya Emo Banget!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya