TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Metode Menyanyi yang Diterapkan JYP Entertainment untuk Artisnya

Demi meningkatkan kemampuan menyanyi para artisnya!

TWICE (twitter.com/JYPETWICE)

JYP Entertainment menerapkan begitu banyak metode dalam melatih vokal setiap trainee hingga artisnya. Tujuannya jelas agar mereka mempunyai bakat menyanyi yang sesuai ekspektasi publik. Sejumlah artis yang pernah bernaung atau bekerja di agensi itu pun tidak ragu membeberkannya.

Berikut deretan metode pelatihan menyanyi dari JYP Entertainment yang sudah terungkap. Menariknya lagi, Park Jin Young selaku pendiri agensi tersebut sering kali berpartisipasi secara langsung dalam melatih metode itu untuk para artisnya, lho. Yuk, simak!

1. Lebih mengutamakan emosi penyanyi ketimbang teknik

Young K DAY6 (twitter.com/day6official)

Young K DAY6 menceritakan pengalamannya saat trainee dalam konten YouTube dari KBS pada 2021. Ia mengaku terbiasa menggunakan berbagai teknik vokal yang baginya luar biasa saat berlatih di depan guru vokalnya. Namun, si guru malah mengatakan bahwa yang terpenting bagi penyanyi adalah, mereka dapat membawakan lagu secara sederhana dan menyentuh hati.

Artinya, trainee harus menunjukkan sisi emosionalnya dalam membawakan lagu. Young K pada awalnya menganggap lagu yang ia bawakan saat itu mudah karena tak ada nada tinggi dan rumit. Ia menyadari anggapannya salah, karena ia kesulitan menunjukkan emosinya dalam menyanyi. 

Seiring dengan makin seringnya pelatihan, Young K menyadari sikap terhadap sebuah lagu itu penting. Ia dulu menyanyi untuk mengesankan orang lain dengan tekniknya. Berkat saran gurunya, ia mencoba menyanyi dengan harapan dapat mengekspresikan cerita yang ingin ia bagikan pada orang lain.

Tiffany SNSD menyatakan hal serupa di Yoo Hee Yeol Sketchbook pada 2016. Ia berkesempatan rekaman di JYP Entertainment saat gabung di acara Sister’s Slam Dunk. Ia pun bisa membedakan perbedaan proses rekaman SM dan JYP Entertainment.

Menurutnya, JYP Entertainment lebih fokus mengekspresikan perasaan penyanyi. Berbeda dengan SM Entertainment yang mengutamakan teknik. JYP terkadang mengatakan padanya untuk menghidupkan perasaannya saat menyanyi, pun memaklumi apabila ia melakukan kesalahan.

2. Menciptakan CD berupa rekaman audio untuk pemanasan vokal

Jo Kwon (instagram.com/kwon_jo)

Di program Happy Together pada 2013, Jo Kwon menceritakan metode pemanasan suara dari Park Jin Young. Rupanya, pendiri JYP Entertainment itu membuat CD berisi audio untuk pemanasan suara agar 2AM dapat berlatih dengan baik. 

Ketika pertama kali menyalakannya, Jo Kwon mengira audio itu akan berisi pemanasan dengan menyebutkan a, i, u, e, dan o. Namun, Park Jin Young rupanya merekam suaranya dalam membawakan lagu yang seperti lagu tradisional India. Lagu itu juga dipenuhi nada tinggi.

Baca Juga: 8 Aturan Tegas JYP Entertainment untuk Artisnya, Gak Boleh Dilanggar!

3. Menyanyi sambil berlari di treadmill

Rain (instagram.com/rain_oppa)

Metode pelatihan khusus yang diberikan Park Jin Young untuk Rain saat masih trainee terungkap di program radio SBS Love FM pada 2015. Menurut Kang Seung Ho, Park Jin Young melatih Rain dengan menyuruhnya menyanyi sambil berlari di atas treadmill. Hal itu membuatnya terkejut.

Menurut Park Jin Young, setiap penyanyi memang harus bisa menyanyi dengan baik sambil berlari. Sebagai informasi, metode ini umum digunakan para idol KPop dengan tujuan agar mereka dapat menyanyi sambil menari secara stabil di panggung.

4. Harus melatih tarian dan vokal pada waktu bersamaan

NMIXX (instagram.com/nmixx_official)

Di program IDOL’s Snack Spree pada 2022, NMIXX menjelaskan metode yang mereka gunakan agar bisa stabil saat menyanyi sambil menari. Menurut Haewon, mereka selalu melatih kedua kemampuan tersebut dalam waktu bersamaan sampai terbiasa. 

Bae menambahkan, mengatakan NMIXX juga sering memainkan musik, menyanyi, sambil berjalan seperti bebek. Sebelum terbiasa, Bae merasa suaranya sangat bergetar. Namun, kemampuannya jadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu.

5. Harus menggunakan metode "setengah udara, setengah suara"

Sunmi (instagram.com/miyayeah)

Metode menyanyi “setengah udara, setengah suara” telah menjadi salah satu ciri khas Park Jin Young yang diterapkan pada semua artisnya. Ia percaya, metode tersebut menghasilkan suara yang lebih lembut dalam menyanyi. Namun, tidak semua artisnya menyukai metode ini.

Salah satunya, Sunmi, yang mengakui hal itu di program Radio Star pada 2019. Menurutnya, metode itu diterapkan di setiap lagu yang membuat artisnya jadi tidak bisa bereksperimen atau menjadi lebih fleksibel dengan vokalnya. Usai keluar dari agensi itu, ia pun dapat mengarahkan dan memutuskan segala hal sendiri.

Baca Juga: JYP Entertainment Kini Punya 5 Girl Grup Aktif, Sukses Cetak Rekor!

Verified Writer

Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya