TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Idol KPop Cowok yang Pernah Menerapkan Frugal Living, Hemat Banget!

Kebiasaan mereka bisa kamu contoh, nih

Minho SHINee dan Zico Block B (instagram.com/shinee | instagram.com/woozico0914)

Frugal living adalah gaya hidup yang bertujuan menghindari pemborosan dengan tak membeli barang tanpa pikir panjang. Gaya hidup yang sederhana itu rupanya diterapkan idol KPop dalam hidupnya. Mereka hanya membeli barang yang dibutuhkan demi menghemat pengeluaran.

Deretan idol KPop ini tidak merasa gengsi mengakui kebiasaannya berhemat dalam segala hal. Mereka tidak sembarangan dalam menggunakan penghasilannya. Siapa saja idol yang menerapkan frugal living tersebut?

1. Lee Joon eks MBLAQ

Lee Joon (instagram.com/praintpc_official)

Di program Happy Together pada 2012, Lee Joon mengaku menyadari kebiasaannya yang pelit dalam menggunakan uangnya. Pasalnya, ia memang sudah terbiasa menabung sejak SD. Saat menerima uang saku dari orangtua, ia hanya menggunakannya sekitar 20% dan menyimpan 80% sisanya. 

Lee Joon juga tak pernah lupa menagih utang temannya sejak masih muda. Ia bakal mendatangi rumah mereka dan menyapa ibu mereka untuk mendapatkan kembali haknya. Ibu dari teman-temannya mengagumi sifat hematnya, lalu memberinya lebih banyak uang dari jumlah utang temannya yang sebenarnya.

2. Ong Seong Wu eks Wanna One

Ong Seong Wu (instagram.com/osw_onge)

Dalam program Kim Shin Young’s Noon Song of Hope pada 2020, Ong Seong Wu mengklaim dirinya sebagai orang yang hemat dalam pengeluarannya. Ia tidak terlalu banyak menggunakan uangnya. Ia sebenarnya jarang berbelanja. Ia juga sangat jarang membeli pakaian, sehingga kerap mengenakan pakaian yang sama secara berulang kali.

3. Taeyang BIGBANG

Taeyang BIGBANG (instagram.com/__youngbae__)

Melalui program GO Show pada 2012, terungkap bahwa satu-satunya tagihan yang dibebankan pada kartu kredit Taeyang adalah biaya telepon selulernya. Taeyang juga sebenarnya terkejut, karena tagihan kartu kreditnya kurang dari 1 dolar AS. Itu adalah biaya yang dikenakan untuknya, usai ia mengajukan pembelian ponsel baru. 

Taeyang sampai mengatakan, dirinya sebenarnya tak tahu harus menggunakan penghasilannya untuk apa setelah debut. Namun, ia kecewa saat publik mengetahui pengeluarannya sangat sedikit. Jadi, ia pun membeli segala hal yang bahkan tidak dibutuhkannya saat itu. Seungri eks BIGBANG menambahkan, Taeyang memiliki mobil sejak 2011, tapi tak pernah terlihat menggunakannya.

Baca Juga: 4 Idol KPop yang Jadi Korban Ghosting Mantannya, Merasa Bingung!

4. Zico Block B

Zico Block B (instagram.com/woozico0914)

Dalam siaran langsung pada 2017, member Block B mengungkap, Zico sebenarnya termasuk member yang sangat hemat. Zico sering mengekspresikan diri sebagai orang yang boros dalam lirik lagunya. Namun, menurut Park Kyung, Zico bahkan tidak memiliki HP mahal dalam hidupnya. Ia menambahkan, sang leader juga kerap pergi ke toko barang bekas.

5. Junhoe iKON

June iKON (instagram.com/withikonic)

Di program Video Star pada 2019, Song mengatakan bahwa Junhoe adalah member iKON yang paling hemat. Junhoe bahkan masih mengenakan pakaian dalam yang telah ia gunakan selama 6 tahun. Junhoe membelinya sejak masih trainee.

Idol itu menyatakan, dirinya selalu mencucinya. Jadi, ia tak merasa kebiasaan hematnya itu sebagai kesalahan. Hanya saja, Song terlalu sedih akan fakta itu. Jadi, saat melihat pakaian dalam Junhoe dikeringkan, ia diam-diam membuangnya tanpa izin.

6. Yoseob Highlight

Yoseob Highlight (instagram.com/yysbeast)

Di program Hello pada 2012, semua member BEAST (sekarang Highlight) mengungkap, Yoseob adalah member paling hemat di antara mereka. Menurut Junhyung, saat ada produk bagus, para member akan membelinya bersama. Namun, Yoseob enggan mengikuti mereka dengan mengaku tak membutuhkannya. 

Yoseob mengatakan, ia tak ikut membeli karena yakin member lain akan memberikannya untuknya kelak. Misalnya, saat Doojoon memberi barang yang sedang tren dan tidak menggunakannya selama sebulan. Pada akhirnya, Doojoon akan memberikan barangnya pada member lain. Yoseob bahkan sudah menerima laptop dari rekan grupnya itu.

Verified Writer

Fina Efendi

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya