TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Lagu Terbaru IU yang Berpesan untuk Maju dengan Percaya Diri

Lagu ini mengajari kita untuk maju dengan percaya diri

Wawancara IU untuk album The Winning (youtube.com/@dlwlrma)

Sebagai penyanyi dan penulis lagu, IU memang seringkali menulis lirik lagunya sendiri. Lagu-lagu yang ditulisnya pun terkenal dengan bahasanya yang puitis. Setiap pilihan kata dalam lagunya terkesan begitu murni dan agung.

Tak hanya dari segi bahasa, hampir setiap lagunya pun diakui publik sebagai lagu dengan makna yang menyentuh para pendengar. Dalam mini album terbarunya, The Winning, yang dirilis pada Februari 2024 lalu, lagu-lagunya yang sebagian besar terdengar ceria pun rupanya membawa pesan tersendiri.

Dalam album terbarunya ini, IU tampaknya ingin mengatakan kepada pendengarnya agar percaya diri untuk menjadi diri sendiri.

1. Holssi

Merupakan title track dalam album The Winning, lagu berjudul “Holssi” ini punya gaya musik yang cukup berbeda dari lagu-lagu IU biasanya. Dalam lagu yang bergaya hip hop ini, IU seolah sedang menantang dirinya sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan melakukan segala yang ia inginkan.

I’m a recklessly flying
Single spore, setting out
On a different road
Fly high to bloom

Dalam salah satu bait lagu ini, IU menggambarkan dirinya sebagai benih dandelion yang terbang tinggi ke mana pun angin membawa. Ia tak peduli dengan kesulitan apa pun yang menanti di masa depan. Apa pun yang terjadi, ia akan memilih jalan yang ia inginkan. Tidak semua orang akan berakhir menjadi bunga yang mekar dengan indah. Bagi IU, menjadi benih dandelion yang terbang bebas pun tak jadi masalah.

The road ahead won’t be easy
But I won’t fuss about it
This was my choice, it always has been
The odds of it being easy are zero

2. I Stan U

Ballad, disco, hip-hop
It doesn't matter, do as you're drawn to, oh
Yeah, that's fine as it is
I'm stanning, just stanning

“I Stan U” adalah lagu yang didedikasikan IU untuk UAENA (nama fandom IU) yang selama ini mendukung dan mencintainya dengan tulus. Dalam lagu ini, IU sebagai “aku” lirik berjanji untuk menjadi penggemar yang setia.

Jika dipahami lebih dalam, IU seolah mengatakan bahwa dirinya juga akan menjadi penggemar bagi para penggemarnya. Artis dan penggemar sama-sama saling mengagumi. Manis, ya!

Sebagaimana penggemar yang selalu mendukung IU apa pun musik dan pilihannya, IU pun akan mendukung setiap langkah yang nantinya akan diambil oleh para penggemar. Larik I trust my you dan go, achieve your own victory menggambarkan dukungan IU untuk semua penggemarnya. Ia ingin agar para penggemarnya dengan percaya diri mewujudkan harapan yang selama ini hanya ada dalam angan. 

You
I trust my you
Go, achieve your own victory
I'm stanning, just stanning you

Baca Juga: 8 Potret Seru IU Jadi Bintang Tamu di Konser 10 Tahun Debut AKMU

3. Shopper

Kata shopper dalam judul lagu ini dianalogikan sebagai para pemimpi. Layaknya orang yang berbelanja di toko. Ia memberi tahu pendengarnya agar tidak khawatir dengan keserakahan saat berbelanja.

Apa pun yang dipikirkan orang lain saat kita memasukkan barang ke dalam troli tak perlu dihiraukan. Begitulah kira-kira IU menganalogikan para pemimpi dengan orang-orang yang sedang berbelanja (shopper).

Dalam salah satu wawancaranya, IU mengatakan bahwa lagu berjudul “Shopper” ini berkisah tentang impian. Jika zaman dahulu anak-anak bebas bermimpi, kini mimpi anak-anak tampak hanya terbatas pada profesi-profesi tertentu. Hal itulah yang mendasari penulisan lirik lagu ini.

Let's go haul
Fill it up to make it burst
Look around
Time is short, make ‘em all yours
This shop will never close, look

Dalam liriknya, IU ingin menyampaikan bahwa apa pun yang kita inginkan, kita boleh mengejarnya. Entah hal-hal yang berupa material entah bukan, kita tetap bebas mengejar apa pun mimpi kita. Percaya dirilah untuk terus maju dan jangan berhenti sebelum kita mendapatkannya. 

Verified Writer

Maye Seven

you matter.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya