TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengalaman Menarik Jimin BTS di Masa Sekolah, Lagi Ulang Tahun ke-28!

Jimin dikenal sebagai siswa teladan dan penuh talenta!

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Jimin BTS resmi berusia 28 tahun pada tanggal 13 Oktober 2023. Idol KPop kelahiran tahun 1995 ini diharapkan dapat meraih kesuksesan yang jauh lebih besar oleh publik. Pasalnya, ia sudah bekerja keras sejak masih sekolah sambil menjalani pelatihannya demi mewujudkan impiannya.

Hal itu juga yang membuat Jimin dianggap sebagai panutan oleh penggemar. Tidak hanya fokus mengejar minatnya dalam menari, ia juga berprestasi sebagai salah satu siswa terbaik di sekolahnya. Jika kamu ingin tahu lebih jauh soal masa sekolah vokalis BTS ini, yuk, simak!

Baca Juga: 7 Momen Liburan V BTS Bareng Jungkook, Jimin, dan Wooga Squad

1. Selalu menjadi ketua dan wakil ketua kelas selama 9 tahun

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Melalui konten TMI News pada 2020, terungkap bahwa Jimin merupakan seorang pelajar teladan. Ia terkenal sebagai siswa dengan bakat menari luar biasa sekaligus unggul dalam studinya. Ia termasuk salah satu siswa terbaik di kelasnya sewaktu SMA.

Bahkan, Jimin telah menjadi ketua kelas selama 9 tahun. Namun, ia bersikap rendah hati dengan menyatakan dirinya hanya beberapa kali menjadi ketua kelas, sedangkan kesempatan lainnya ia hanya berperan sebagai wakil. 

Jimin mencapai itu dengan tak mudah, karena ia pun butuh berlatih di masa trainee. Ia sering tidur di ruang latihan agar bisa berlatih lebih banyak. Ia sangat berdedikasi dalam berbagai hal.

Baca Juga: 7 Inspirasi OOTD Monokrom ala Jimin BTS, Formal hingga Street Style!

2. Ingin bersekolah di SMA seni sejak berminat menekuni tarian saat SMP

Jimin BTS (instagram.com/j.m)

Di komunitas online pada 2019, seseorang pernah membagikan cerita tentang masa SMP dari Jimin. Orang itu mengaku sebagai siswa SMA. Ia memiliki guru yang dulunya mengajari Jimin sebagai wali kelas. Ia mendengar cerita dari gurunya, bahwa Jimin dulu adalah siswa berprestasi meski berasal dari keluarga kurang mampu.

Jimin juga sudah ingin menekuni minatnya dalam menari sejak SMP. Ia pun ingin melanjutkan SMA di sekolah seni. Dengan nilainya yang tinggi dan sanggup untuk menjadi pejabat pemerintah, ayahnya tidak mendukung keinginan Jimin. Jadi, sang ayah pun ke SMP itu untuk berkonsultasi dengan wali kelas Jimin.

Berkat bantuan wali kelasnya, Jimin berhasil meyakinkan ayahnya untuk mendaftarkannya ke sekolah seni. Wali kelas itu juga sering mendaftarkan Jimin ke kompetisi menari, agar ayahnya makin yakin. Menurut wali kelasnya, Jimin yang penuh kemauan dan kerja keras dianggap bakal sukses, tidak peduli karier apa pun yang ia pilih. 

Selain itu, wali kelasnya itu pula yang meyakinkan Jimin untuk bersekolah di sekolah seni setelah melihat bakatnya dalam menari. Wali kelas tersebut juga masih dekat dengan Jimin. Bahkan, Jimin terkadang meluangkan waktu dari jadwal sibuknya untuk membantu wali kelasnya dalam menasihati siswa yang kesulitan.

3. Bikin heboh sejak baru masuk SMA

Jimin BTS (post.naver.com/빅히트 뮤직)

Mantan teman sekolah Jimin di Busan High School of Art pernah menceritakan masa sekolahnya dengan sang idol. Menurut mereka, Jimin begitu menonjol di sekolah itu. Bahkan, kabar tentangnya yang memiliki kemampuan menari luar biasa menimbulkan kehebohan ketika upacara masuk sekolah. 

Jimin memang memiliki kemampuan menari paling menonjol di antara teman sekelasnya. Ia juga terkadang menunjukkan abs-nya saat menari. Prestasi dan keunggulannya merupakan hal yang dibanggakan bagi para siswa di sekolah itu, lho.

4. Punya pesona menggemaskan, tapi atletis dan unggul dalam olahraga

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Kim Dae Hoon, teman sekolah Jimin sekaligus instruktur tari sempat membagikan cerita tentang idol itu pada 2020. Ia merupakan siswa pindahan dari Busan ke Seoul, hingga kebetulan duduk di samping Jimin. Jimin yang berasal dari kampung halaman yang sama dengannya  jadi cepat akrab karena kesamaan mereka.

Menurutnya, Jimin adalah teman yang baik hati dan penuh energi. Jimin juga sangat disukai oleh siswa lainnya. Ia menyadari Jimin cepat menyesuaikan diri di sekolah, meskipun ia sempat menganggapnya punya kepribadian pendiam. Ia juga menyadari, Jimin saat itu memiliki pesona yang menggemaskan, tetapi memiliki tubuh atletis.

Saat menjalani tes fisik, Kim Dae Hoon juga dibuat terkejut karena Jimin juga berbakat di bidang olahraga. Jimin yang sudah menjalani pelatihannya saat itu juga makin populer di sekolahnya usai debut bareng BTS. Meskipun sekarang sibuk, Jimin masih sering meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengannya.

5. Pernah kabur saat disuruh membersihkan toilet oleh seniornya

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Di KBS Cool FM pada 2021, Jimin mengungkapkan bahwa ia harus membersihkan ruang ganti di tahun pertamanya saat SMA. Meskipun begitu, tugas itu jadi melelahkan karena ia dan teman-temannya kerap dimarahi oleh siswa senior.

Hal itu membuat Jimin dan teman-temannya memutuskan kabur dan tidak melakukan tugas itu. Saat ditanya apa yang jadi konsekuensinya setelah ia melakukan itu, ia pun mengatakan dengan bercanda bahwa mereka dipukul oleh sang senior.

6. Paling menonjol dalam menari di jurusannya berkat rutinitasnya berlatih di ruang latihan

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Wali kelas Jimin di Busan High School of Art membagikan cerita soal sang idol di KOREA NOW pada 2020. Menurutnya, Jimin adalah siswa terbaik dalam pelajaran akademik dan menari di jurusannya. Jimin jarang menari saat nongkrong bareng temannya. Namun, ia berlatih dengan keras melebihi siswa lain saat berada di ruang latihan. 

Jimin yang suka mendengarkan musik juga selalu ingin mengekspresikan sesuatu melalui musik. Jimin dan teman sekelasnya juga pernah memberikan kejutan di hari pernikahan sang wali kelas. Jimin menari dan menyanyi tanpa kelihatan lelah saat itu. Tamu undangan pun mengaku merasa bak di acara musikal, alih-alih pernikahan.

Wali kelas itu sempat menentang impian Jimin untuk jadi idol, karena tidak mudah untuk meraih kesuksesan. Jimin pun sempat mengatakan padanya saat ikut audisi di Big Hit Entertainment. Ia pun menyatakan, itu merupakan kesempatan terakhir untuk memilih antara jadi penari modern atau idol KPop bagi Jimin. 

Namun, pada saat itu pulalah Jimin lolos dalam audisinya. Ia menyadari, ribuan orang mengikuti audisi itu, tetapi Jimin jadi satu-satunya yang lolos. Ia pun berpikir, Jimin memiliki potensi yang besar untuk jadi idol. Jimin sendiri menganggap wali kelasnya itu sebagai sosok penyemangat untuknya, bahkan setelah sukses, loh.

7. Jimin menganggap masa SMA-nya begitu sulit dan penuh perjuangan

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Jimin bercerita tentang masa SMA di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon pada 2020. Ia mengakui dirinya merupakan siswa teladan. Ia juga sudah memiliki impian menjadi penyanyi hingga rela pindah dari Busan ke Seoul saat itu. Jadi, masa SMA cukup sulit baginya. 

Meskipun demikian, Jimin selalu melakukan yang terbaik dalam segala hal dan menghadapi berbagai tantangan dengan baik. Ia sering menghabiskan waktu dengan V, karena mereka satu sekolah sejak trainee. Ia pulalah yang sering membangunkan V untuk berangkat sekolah, loh.

8. Jimin awalnya hanya ingin populer saat gabung dengan kegiatan klub menari sepulang sekolah

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Dalam wawancara dengan Rolling Stone pada 2021, Jimin mengaku gak tertarik menari pada awalnya. Ia mulai suka menari saat teman-temannya mengambil kegiatan itu sepulang sekolah. Setelah mencoba, ia menyadari dirinya merasa sangat bebas dan bahagia saat menari.

Bagi Jimin, menari selayaknya ruang baginya untuk pergi ke dunia berbeda, tanpa perlu memikirkan hal lain. Hasratnya dalam menari begitu besar, bahkan tidak pernah memudar setelah debut. 

Dalam wawancara dengan W Korea pada Januari lalu, Jimin juga menyatakan dirinya baru mempelajari cara menari saat SMP. Saat itu, ia ngobrol dengan teman sekelasnya di depan meja guru. Di meja guru, ada pemberitahuan untuk orangtua agar setiap siswa mengikuti kegiatan tambahan sepulang sekolah.

Salah satu kegiatan yang ditawarkan saat itu adalah break dance. Jimin dan temannya pun jadi tertarik, karena mereka berpikir bakal meraih popularitas jika mencobanya. Jadi, mereka memulai kegiatan itu bersama-sama. Tak disangka, ia jadi menekuni kegiatan itu dengan lebih dalam.

9. Sang ayah mengizinkannya mengejar impian sebagai idol berkat rencananya yang matang dan detail

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

Dalam sebuah wawancara pada 2021, ayah dari Jimin menyatakan ia sempat menentang impian anaknya untuk jadi idol. Menurutnya, Jimin sangat pandai dalam pelajaran matematika dan sains. Hal itu membuatnya ingin Jimin mendaftar di SMA lain, bukan sekolah kesenian. 

Hanya saja, saat SMP, Jimin pernah menuliskan tentang masa depannya dengan rinci. Ia menuliskan impiannya ingin SMA di Busan Arts High School dan belajar menari untuk menjadi penyanyi atau selebriti. Saking spesifiknya, sang ayah pun luluh dan memutuskan menghormati keputusan Jimin. 

Sang ayah juga sebenarnya sudah tahu bakat Jimin saat anaknya itu masih sangat muda. Ia tahu Jimin pandai menari dan menyanyi sejak kecil. Bahkan, Jimin mampu menyanyikan nada tinggi dengan sangat baik saat karaoke ketika masih SD dengan lagu “Azalea” milik Maya.

Baca Juga: 7 Potret Jimin BTS di Event Lady Dior Seoul, Lama Gak Muncul!

10. Sering hanya tidur 2 jam karena harus membagi waktu lagi

Jimin BTS (twitter.com/bts_bighit)

1Melalui program You Quiz on The Block pada 2021, Jimin mengatakan bahwa ia sering tidur hanya 2 jam saat SMA. Saat itu, ia memang sudah resmi jadi trainee di Big Hit Entertainment. Ia kerap berlatih sampai sekitar jam 4 pagi. 

Meskipun sulit, Jimin tetap tidak melupakan sekolahnya. Pasalnya, ia selalu bangun pada jam 6.30 untuk berangkat sekolah. Jadwal padat itu tidak sulit baginya pada saat itu. 

Jimin bekerja keras karena selalu merasa khawatir akan gagal debut. Ia juga sering menonton V dan Jungkook saat latihan vokal, lalu mempraktikkannya sendiri pada larut malam. Ia pun hanya bisa menelepon ayahnya sebulan sekali, lalu berjanji akan berhasil.

11. Pernah dikira korban bullying

V dan Jimin BTS (twitter.com/BTS_twt)

Dilansir Koreaboo, terungkap bahwa Jimin dan V pindah sekolah setelah resmi jadi trainee di Seoul. Jimin yang awalnya sekolah di Busan Arts High School dipindahkan dengan bantuan agensi karena harus menetap di asrama yang disediakan. Sejak saat itu, ia pun melalui masa sekolahnya dengan rekan grupnya, V.

Saat Jimin pertama kali pindah, V memperkenalkannya pada teman sekelasnya dan gurunya. Namun, pada jam istirahat, Jimin terlihat menyendiri sambil memainkan ponselnya di kelas. Hal itu membuat V mengira sahabatnya itu jadi korban bullying.

V yang melihat itu pun kecewa, bahkan menanyakan alasan mengapa teman-temannya tidak mengajak Jimin berbicara. Kemudian, terungkap bahwa Jimin cukup pemalu saat baru berkenalan dengan orang asing.

Baca Juga: 10 Potret Natural Song Da Eun, Aktris yang Diisukan Pacar Jimin BTS

Verified Writer

Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya