TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Artis Korea Cewek yang Punya Fobia Air, Sulit Diatasi!

Bikin mereka kesulitan saat syuting drama dan variety show

Bae Suzy dan Kim Ji Won (instagram.com/management_soop | instagram.com/highziumstudio)

Aquaphobia adalah ketakutan berlebihan yang bisa dialami seseorang ketika memikirkan atau melihat air. Ternyata, banyak artis Korea yang telah menjadi pengidap dari fobia tersebut. Mereka merasakan kecemasan akan adanya air, bahkan mengungkap alasannya pada publik. 

Berikut deretan artis Korea yang memiliki fobia air. Beberapa dari mereka telah berhasil mengatasinya dengan susah payah. Namun, ada pula yang masih merasakan ketakutan mendalam terhadap air sampai kini. Yuk, simak!

1. Kim Ji Won

Kim Ji Won (instagram.com/geewonii)

Dalam wawancara dengan Bnt International pada 2016, Kim Ji Won mengaku tersentuh akan perlakuan Yoo Jae Suk padanya di Running Man. Di variety show tersebut, ada permainan yang hukumannya adalah terkena ledakan air. Sang aktris memiliki fobia air, sehingga ia sangat khawatir sebelum permainan dimulai. 

Yoo Jae Suk menyadari kekhawatirannya, sehingga berupaya semaksimal mungkin agar dirinya dan Kim Ji Wom terhindar dari hukuman. Bahkan, dalam permainan itu, Yoo Jae Suk menggunakan giginya untuk merobek bungkus kado agar tidak sampai kalah.

2. Shin Se Kyung

Shin Se Kyung (instagram.com/sjkuksee)

Shin Se Kyung membahas fobianya terhadap air dalam wawancara pada 2017. Ia paling khawatir akan adegan di bawah air saat memutuskan menerima drama Bride of the Water God (2017). Sebab, ia memiliki trauma terhadap air yang parah, hingga kadang merasa kehabisan napas saat mandi. 

Untungnya, berkat bantuan kru drama, Shin Se Kyung dapat menyelesaikan syuting adegan itu dengan baik. Ia merasa bersalah karena menganggap dirinya bisa akting lebih baik saat itu seandainya ia tak takut pada air. Namun, ia percaya dirinya sudah berupaya melakukan yang terbaik.

3. Yeom Hye Ran

Yeom Hye Ran (instagram.com/acefactory.official)

Yeom Hye Ran ungkap perjuangannya demi syuting drama Mask Girl (2023) dalam sebuah wawancara. Ia yang fobia air harus menghadapi ketakutannya demi proyek itu. Ia pun berlatih selam bebas dan mencoba membenamkan kepalanya di kolam anak-anak untuk mengatasi ketakutannya. 

Yeom Hye Ran menambahkan, tim produksi juga membantunya dalam pelatihan terpisah. Selama syuting, mereka juga mengajarinya cara membuka tutup mobil dan cara keluar dari air kapan pun ia memerlukannya. Adegan itu hanya berlangsung selama 12 detik di drama, tapi sang aktris sebenarnya berada di dalam air selama hampir 12 jam untuk syuting. Staf dan sutradara terharu akan usahanya.

Baca Juga: 4 Artis Korea Cowok Uangnya Pernah Dicuri, Salah Satunya Lee Kwang Soo

4. Sulli

Sulli (instagram.com/jelly_jilli)

Sulli sempat mengungkap alasannya fobia pada akr di program Amazing f(x). Sewaktu masih kecil, dua perempuan memaksa membenamkan kepala Sulli ke dalam air. Mereka tak membiarkan kepala Sulli naik ke permukaan untuk bernapas selama beberapa saat. Hal ini terjadi saat mereka ikut acara retret ke gereja. 

Sejak saat itu, Sulli jadi trauma pada air. Ia bahkan masih merasa kesulitan saat mencuci wajahnya. Namun, ia berharap bisa mengatasi ketakutannya itu. Pada akhirnya, Sulli sempat membagikan foto saat dirinya sedang menyelam, menandakan bahwa ia sudah mencapai tujuannya itu.

5. SeolA WJSN

Seola WJSN (instagram.com/seola_s)

Di program Would You Like Girls (My Cosmic Diary) pada 2017, ditunjukkan momen saat para member harus melakukan scuba diving agar terbiasa dengan air demi teaser album mereka yang dipersiapkan. Para member terlihat antusias, kecuali SeolA. Ia mengaku sangat takut pada air, bahkan memohon pada manajernya untuk dibiarkan tak ikut kegiatan itu. Sayangnya, permintaannya ditolak. 

SeolA pun berupaya menyingkirkan rasa takutnya dengan tantangan tersebut. Ia memberi tahu pelatihnya soal ketakutannya, tapi sang pelatih mengatakan mereka akan baik-baik saja. Saat berada di kolam yang dalam, staf menyatakan bahwa mereka diharuskan menyentuh dasar kolam sebelum kembali ke permukaan. 

SeolA menangis karena merasa tidak bisa menyelesaikan misi itu. Ia sempat diantar ke tempat lain untuk menenangkan diri. Saat itulah, SeolA mengaku takut tidak bisa kembali ke permukaan saat menyelam. Namun, ia akhirnya bertekad dan dapat menyelesaikan misi ini. Sebab, Yeoreum bersedia menyelam bersamanya untuk membantunya mengatasi ketakutan itu.

6. Bae Suzy

Bae Suzy (instagram.com/management_soop)

Bae Suzy memiliki ketakutan terhadap air. Namun, ia tak membiarkan ketakutan itu menghantuinya sepanjang waktu. Jadi, ia sempat menunjukkan momen saat pertama kali berenang melalui video yang ia unggah pada 2023 lalu. Ia menyatakan, itu adalah caranya untuk mengatasi fobia air.

Verified Writer

Fina Efendi

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya