TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Skandal Kim Sae Ron yang Menjatuhkan Kariernya, Diboikot Netizen

Karier yang dibangunnya sejak kecil runtuh seketika

potret Kim Saeron (instagram.com/ron_sae)

Penggemar drakor pastinya tidak asing dengan sosok Kim Sae Ron. Aktris ini memulai kariernya sejak usia 9 tahun. Ia mulanya membintangi sebuah film berjudul A Brand New Life (2009) sebagai pemeran utama dan berakting sangat baik. Karena sukses memerankan film ini, Kim Sae Ron bahkan diundang ke Cannes Film Festival dan menjadi artis termuda yang hadir dalam pemutaran khusus di sana. 

Namun, pada tahun 2022 lalu, publik dikagetkan dengan insiden Kim Sae Ron yang mengemudi saat mabuk dan menabrak trafo listrik. Nama baiknya yang telah dibangun sejak kecil pun runtuh saat itu. Bahkan, insiden tersebut bisa dikatakan membuka kembali daftar-daftar skandal Sae Ron pada masa lalu. Berikut ini daftarnya!

1. Rumor minum miras dan merokok saat masih di bawah umur

potret Kim Saeron (instaram.com/ron_sae)

Saat berumur 13 tahun, rumor miring mengenai dirinya pernah muncul. Saat itu, ia mengunggah foto ketika berkumpul bersama teman-temannya. Sekilas tidak ada yang aneh dengan foto itu, tapi ada yang membuat netizen salfok. 

Dalam foto, terlihat Kim Sae Ron dan teman-temannya duduk di sofa sambil tertawa. Yang menjadi adalah adanya wine dan rokok di atas meja yang tertangkap kamera. Akibatnya, Kim Sae Ron dituduh berpesta, mabuk, dan merokok bersama teman-temannya saat ia masih di bawah umur.

Kim Sae Ron membantah rumor tersebut dan meminta permintaan maaf dari orang-orang yang menyebarkannya. Ia menjelaskan bahwa foto yang beredar di forum online diambil dari pesta keluarga yang dia hadiri dan menekankan bahwa ia tidak mengonsumsi alkohol atau merokok.

Alih-alih meminta maaf, netizen justru menyoroti tindakan Kim Sae Ron yang dianggap kekanak-kanakan dalam menyikapi rumor tersebut. Netizen berpendapat bahwa seharusnya ia dapat memilah unggahannya pada media sosial.

2. Diduga hengkang dari Dear. M karena namanya tidak terletak di urutan pertama pemain utama

official poster drama Dear.M (instagram.com/kbsdrama)

Pada 14 Oktober 2020, agensi Kim Sae Ron mengumumkan bahwa artisnya memutuskan mundur dari daftar pemain drama Dear. M. Netizen mempertanyakan alasan di balik keputusan tersebut.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa Kim Sae Ron diduga keberatan karena namanya dikreditkan di bawah lawan mainnya, yaitu Park Hye Soo dan Jaehyun NCT yang merupakan juniornya. Namun, rumor ini dibantah melalui pernyataan agensi. 

Agensinya mengumumkan bahwa Kim Sae Ron mundur setelah berdiskusi dengan tim produksi. Alasan detailnya tidak diungkapkan karena merupakan urusan internal. Oleh sebab itu, rumor tentang mundurnya Kim Sae Ron dari Dear. M karena keberatan dengan urutan pemain masih tetap dipercaya netizen.

Baca Juga: Timeline Kontroversi Kasus Kim Sae Ron, Kepergok Main Poker!

3. Kecelakaan mengemudi dalam keadaan mabuk

Surat permintaan maaf atas insiden DUI yang ditulis tangan oleh Kim Saeron. (instagram.com/ron_sae)

Pada 18 Mei 2022, publik dihebohkan dengan berita bahwa Kim Sae Ron sedang diinterogasi polisi akibat kasus mengemudi dalam pengaruh alkohol (DUI). Pada hari itu juga, polisi mengonfirmasi kebenarannya.

Aktris tersebut memang menyetir dalam keadaan mabuk dan menabrak trafo listrik. Akibatnya, beberapa bangunan di kawasan itu mengalami pemadaman listrik selama beberapa jam hingga menimbulkan kerugian finansial yang besar. 

Akibat insiden ini, Kim Sae Ron kehilangan kontrak dengan beberapa drama dan film, salah satunya Trolley (2022). Dalam sidang yang dilaksanakan baru-baru ini, yaitu 5 April lalu, ia didenda sebesar 15 ribu dolar AS atau sekitar Rp223 juta. Yang paling parah dari insiden ini adalah Kim Sae Ron kehilangan kepercayaan publik dan kariernya yang cemerlang.

4. Diduga mengumpat di acara variety show

foto Kim Saeron di Instagram pribadinya (instagram.com/ron_sae)

Pada tahun 2020 lalu, Kim Sae Ron menjadi bintang tamu dalam sebuah variety show memancing. Dalam acara tersebut, ia mengalami kesulitan saat mencoba memancing ikan. Ia terlihat kesal kemudian geram dan mengumpat. Pengisi acara lain yang berada bersama Kim Sae Ron saat itu kaget, tapi merespons dengan tertawa seolah itu adalah candaan.

Tanggapan netizen pada awalnya juga sama seperti pengisi acara lain dan tidak menganggap serius. Namun, seketika berubah dan menyoroti kebiasaan buruk Kim Sae Ron setelah skandalnya mengemudi dalam keadaan mabuk mencuat ke publik. Mereka menganggap ia adalah aktris yang kasar dan tidak sopan.

Verified Writer

Indras

Newbe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya