TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cerita Song Joong Ki Bintangi Film Hopeless, Puji Akting Juniornya

Bekas luka di wajahnya diungkap pertama kali di film ini

cuplikan Song Joong Ki di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Song Joong Ki kembali ke layar lebar lewat film Hopeless. Film ini dirilis secara resmi di bioskop Korea pada tanggal 11 Oktober 2023. Song Joong Ki kali ini beradu akting dengan Hong Xa Bin, BIBI, Jung Jae Kwang, hingga Kim Jong Soo.

Dalam film ini, Song Joong Ki berperan sebagai Chi Geon. Bos gangster menengah ini akan bertemu Yeon Gyu (Hong Xa Bin), anak 17 tahun dengan luka batin yang sama sepertinya.

Pada konferensi pers dan beberapa wawancaranya, Song Joong Ki telah menyebutkan alasannya bergabung di film ini hingga membeberkan fakta menarik di balik layar.

Baca Juga: Song Joong Ki Ngaku Pernah Tolak Tawaran Peran karena Alasan Arogan

1. Alasan Song Joong Ki mau berperan tanpa menerima bayaran

cuplikan Song Joong Ki di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Kabar keikutsertaan Song Joong Ki tanpa bayaran alias no guarantee dalam film ini sempat menjadi perbincangan hangat. Sang aktor mengungkap ia tak menyangka akan ada banyak artikel yang diterbitkan untuk membahas hal itu. Song Joong Ki mengaku kebingungan.

Mengenai alasannya, Song Joong Ki berkata, "Sejujurnya Hopeless bukanlah karya yang disarankan oleh sutradara atau perusahaan produksi. Saya melihat naskah yang telah beredar di industri dan sangat ingin melakukannya. Jadi saya sendiri yang mengusulkan untuk membintanginya."

Song Joong Ki lalu memberi tahu staf di agensinya bahwa ia ingin berperan di film Hopeless. Namun, stafnya sempat salah paham dengan mengira Song Joong Ki ingin memainkan peran Yeon Gyu yang merupakan siswa SMA.

Baca Juga: 7 Fakta Peran Song Joong Ki di Film Hopeless, Jadi Bos Geng Kriminal

2. Adegan Chi Geon yang bikin Song Joong Ki yakin untuk memerankannya

cuplikan Hong Xa Bin dan Song Joong Ki di film Hopeless (dok. 28th Busan International Film Festival/Hopeless)

Terdapat sebuah adegan yang secara khusus menarik hati Song Joong Ki saat membaca naskah film Hopeless. Adegan yang dimaksud adalah ketika Chi Geon menceritakan kisahya kepada Yeon Gyu di sebuah waduk. Monolog Chi Geon pada adegan itu bahkan menghabiskan tempat hingga tiga lembar kertas A4.

"Pada drama Deep Rooted Tree (2011), saya memiliki sekitar 17 lembar kalimat untuk diucapkan. Namun, dalam film ini, ada tiga lembar monolog hanya untuk satu adegan. Aku berpikir, 'Wah, ini luar biasa. Saya harus melakukannya'," kata Song Joong Ki pada konferensi pers film Hopeless.

Ia melanjutkan, "Saat menceritakan kisahnya, saya merasa kasihan pada Chi Geon. Saya membaca naskahnya dengan perasaan frustasi seolah-olah saya menggigit kail pancing."

3. Tanggapan CEO agensi terkait keputusannya untuk membintangi film Hopeless

cuplikan Song Joong Ki di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Song Joong Ki sangat menyukai naskah film Hopeless. Namun, aktor satu ini awalnya merasa khawatir CEO agensinya tidak akan menyetujui permintaannya untuk membintangi film ini.

"Struktur perusahaan yang sedemikian rupa harus mempertimbangkan terkait profitabilitas. Ini bukan proyek besar dan saya bahkan tidak akan menerima gaji. Jadi, saya sempat berpikir CEO tidak akan menyetujuinya," ujar Song Joong Ki dilansir MHN Sports.

Akan tetapi, CEO agensinya justru merespons sebaliknya. Ia menjelaskan, "CEO kemudian membaca naskahnya dan mengatakan bahwa ia mendapat perasaan yang sama seperti melihat film Capernaum (2018) di festival film internasional yang tidak mengikuti formula film komersial pada umumnya. Jadi, saya akhirnya membintanginya."

4. Tidak mempermasalahkan porsi perannya dalam cerita

cuplikan Song Joong Ki dan Hong Xa Bin di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Dalam film ini, Song Joong Ki bukan pemeran utamanya, melainkan Hong Xa Bin yang merupakan aktor rookie. Namun, sang aktor tak begitu peduli dengan hal semacam itu. Ia hanya ingin menemukan karakter yang membuat hatinya tergerak untuk memerankannya.

Ia berkata, "Saya tidak peduli dengan porsi peran atau hal semacam itu. Orang yang pertama kali memberi saya naskahnya juga sempat bertanya, 'Apakah tidak apa-apa jika bukan pemeran utama?' Saya biasanya tidak peduli dengan hal-hal seperti itu, jadi itu tidak masalah sama sekali."

"Saya mendapati karakter Chi Geon ini sangat menarik sehingga saya memiliki keinginan besar untuk mengekspresikannya dengan baik sebagai seorang aktor," lanjut Song Joong Ki.

5. Kurang setuju jika Hopeless disebut film gangster

cuplikan Song Joong Ki dan Hong Xa Bin di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Genre yang diusung dalam film Hopeless adalah noir. Song Joong Ki merasa publik memiliki pendekatan yang lebih mudah dengan mengategorikan film ini sebagai film gangster.

Ia mengaku kurang setuju jika Hopeless disebut demikian. Dari keseluruhan cerita, Song Joong Ki berpendapat bahwa akan lebih tepat jika Hopeless disebut sebagai film genre youth noir.

6. Kesannya selama bekerja sama dengan Hong Xa Bin dan BIBI

cuplikan Song Joong Ki, BIBI, dan Hong Xa Bin di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Song Joong Ki juga sempat ditanya mengenai kesannya selama beradu akting dengan Hong Xa Bin dan BIBI. Ia menuturkan bahwa kedua juniornya itu bekerja dengan baik. Hong Xa Bin dianggapnya sangat bijaksana dalam berakting, di sisi lain BIBI sangat naluriah.

Mengenai Hong Xa Bin, ia berkata, "Ini adalah pertama kalinya memainkan peran besar. Sebagai karakter utama, dia bertanggung jawab atas emosi yang mendorong keseluruhan film. Jadi itu pasti sangat memberatkan. Namun, dia sangat tenang dan serius."

Song Joong Ki kemudian menjelaskan kesannya terhadap BIBI yang berperan sebagai Ha Yan, adik Yeon Gyu. "Saya pikir dia adalah artis yang sangat naluriah. Selama beraktivitas sebagai penyanyi, ia juga berbakat menjadi penulis lirik, komposer, dan pengarah video musik. Bukan hanya saya, tetapi semua staf di lokasi syuting pasti juga berpikir demikian."

Baca Juga: 5 Kali Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Jadi Sorotan di Waktu Berdekatan

Verified Writer

Dwi Nantari

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya