TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi KDrama Buat Kamu Para Pecinta Literatur, Healing Abis!

Relate dengan kehidupan para pecinta buku

poster KDrama Romance is A Bonus Book (program.tving.com)

Drama-drama produksi Negeri Ginseng memang selalu menawarkan ramuan cerita yang segar dengan memadukan berbagai unsur sekaligus. Berbagai hal mulai dari percintaan, komedi, medis, hukum, sampai psikologi pun ada.

Tak melulu soal percintaan, ada beberapa drama yang menampilkan unsur literasi. Biasanya drama seperti ini berfokus pada keseharian para pekerja di kantor penerbitan atau justru sekedar hobi para tokohnya yang gemar membaca literatur.

Buat kamu yang gemar membaca buku atau sangat ingin membangun minat dalam menggemari dunia literas, sepertinya harus melihat lima rekomendasi berikut ini.

1. A Poem A Day

Poster KDrama A Poem A Day (dok. tvN/A Poem A Day)

Seperti judulnya, A Poem A Day adalah drama yang ceritanya menghubungkan semua karakter melalui sebuah puisi hangat. Pemeran utama perempuannya, Woo BoYoung (Lee Yu Bi) adalah terapis fisik sekaligus penyair yang bercita-cita tinggi menemukan kenyamanan dalam sastra dan berbagi hal yang sama.

A Poem A Day tidak hanya menarik untuk ditonton karena alur ceritanya, tapi juga membangkitkan rasa ketertarikan yang tinggi terhadap sastra dan buku. Jika kamu hanya ingin bersantai sejanak dari kesibukan sehari-hari, drama ini adalah pilihan yang tepat.

2. When The Weather is Fine

cuplikan KDrama When The Weather is Fine (tv.jtbc.joins.com)

When The Weather is Fine sangat penuh dengan referensi sastra yang membuat para penontonnya bak menjadi kutu buku dadakan. Padahal sebelumnya kurang tertatik dalam dunia literasi.

Dengan cerita yang berlatar pada musim dingin, sebagian besar buku yang dikutip dalam perjalanan drama berkisar pada hal yang sama. Beberapa buku tersebut adalah A Book That Talks About Winter, A Book For A Very Cold Winter Day, Folktales For A Cold Winter, dan lainnya.

Walaupun menggaet dua bintang kenamaan Korea, Park Min Young dan Seo Kang Joon, tapi drama ini meraih rating yang sangat rendah sepanjang penayangannya. Meski begitu, kamu yang sekedar ingin menikmati jalan ceritanya, drama ini masih bisa dinikmati, lho.

Baca Juga: 5 Aktris Korea yang Comeback di Drama Korea Romance Adaptasi Webtoon

3. Encounter

Poster KDrama Encounter (dok. tvN/Encounter)

Selanjutnya, ada drama Encounter yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Park Bo Gum. Alur cerita Encounter tidak selalu menyangkut sastra, tapi cenderung kepada pembangunan dunia dari drama dan sketsa karakter.

Fokusnya adalah pada Kim Jin Hyeok yang diperankan oleh Park Bo Gum dan hubungannya dengan Cha Soo Hyeon (Song Hye Kyo) yang sangat dalam. Walaupun begitu, drama ini kerap menyoroti kehidupan tokoh utama yang gemar membaca buku dan menjadikan kegiatan tersebut sebagai teman kesehariannya.

4. When The Devil Calls Your Name

poster KDrama When The Devil Calls Your Name (program.tving.com)

Terinspirasi dari novel Faust karya Johann Wolfgang von Goethe, When The Devil Calls Your Name adalah penceritaan ulang yang sangat baik tentang kiasan kesepakatan dengan Iblis.

Jika kamu telah membaca novel aslinya, When The Devil Calls Your Name akan membuat kamu tambah penasaran di setiap episodenya. Namun jika belum, kamu akan dibuat merasa semangat untuk juga membaca novel dan menonton sampai selesai dramanya.

5. Romance is A Bonus Book

poster KDrama Romance is A Bonus Book (program.tving.com)

Buat kamu yang  tertarik dengan semua detail rumit di balik bagaimana proses sebuah buku diterbitkan ke publik, Romance is A Bonus Book adalah tontonan yang sangat tepat.

Bertempat di sebuah perusahaan penerbitan, drama ini akan membawa para penontonnya ke balik layar tentang bagaimana penerbit memilih draf, mengedit, dan akhirnya membawa karya tersebut kepada para pembaca.

Drama ini juga memadukan kisah cinta seorang kepala editor yang diperankan Lee Jong Suk dengan karyawan kantornya yang karakternya dimainkan oleh Lee Na Young. Kamu juga mungkin akan memiliki inspirasi karier baru pada saat drama ini berakhir. 

Tak perlu romantis melulu, kelima drama bertema literasi di atas bisa kamu coba untuk sekedar mengisi waktu luang. Selain itu, kamu juga tak perlu berpikir keras untuk menonton dan bisa memahami jalan ceritanya. Bisa jadi tontonan buat healing, nih.

Baca Juga: 5 OST Drama Business Proposal, Dinyanyikan SECRET NUMBER Juga 

Verified Writer

Syafitri Diva

✧・゚: *✧・゚:*

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya