TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Reality Show Korea Mirip Clash of Champions, Adu Cerdas dan Tangkas

Sudah nonton University War, dong pastinya?

Reality show Korea mirip Clash of Champions (dok. Ruangguru | Twitter.com/ZaLeSing95)

Pencinta reality show Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan keseruan Clash of Champions. Pertarungan adu otak antar mahasiswa ini sukses membuat banyak orang terhibur. Nah, buat kamu yang sudah kehabisan tontonan dan ingin merasakan sensasi serupa, ada banyak sekali reality show Korea dengan konsep yang mirip, lho!

Mulai dari The Genius yang melegenda, sampai University War yang lagi hits, berikut reality show Korea yang mirip Ruangguru Clash of Champions. Silakan disimak!

1. The Genius (2013-2015)

The Genius (dok. tvN)

The Genius (2013-2015) menampilkan sekelompok orang cerdas yang berkompetisi dalam berbagai permainan strategi dan logika. Peserta harus menggunakan kecerdasan mereka untuk bertahan hidup di permainan dan menjadi pemenang akhir. Pemenang dari games ini akan mendapatkan 1 juta won atau sekitar Rp11 juta.

2. Problematic Men (2015-2019)

Problematic Men (dok. tvN)

Berbeda dari acara sebelumnya, Problematic Men (2015-2019) berfokus pada menebak identitas tamu tiap episodenya. Setelah para tamu muncul dan diperkenalkan, mereka akan bekerja sama untuk memecahkan serangkaian teka-teki. Sejumlah panelis akan membahas isu-isu sosial, budaya, dan filosofis dengan cara menghibur dan informatif.

3. Society Game (2016)

Society Game (dok. tvN)

Reality show ini mengusung konsep permainan sosial yang kompleks. Peserta harus berinteraksi satu sama lain dengan hati-hati untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang penuh intrik dan pengkhianatan. 

Selama 14 hari, 22 orang peserta akan dibagi ke dalam dua tim. Kedua tim akan bersaing dan pemenangnya akan mendapatkan 10 juta won atau sekitar Rp118 juta.

4. The Great Escape (2018-2021)

The Great Escape (dok. tvN)

Berbeda dari reality show lainnya, The Great Escape (2018-2021) adalah ajang adu kecerdasan dalam format escape room. Sejumlah selebriti harus bekerja sama untuk memecahkan teka-teki dan menemukan jalan keluar dari ruangan yang dirancang khusus. Pemain utamanya antara lain adalah Kang Ho Dong, Kim Dong Hyun, dan Shin Dong.

5. Match of the Century: AI vs Human (2021)

Match of the Century: AI vs Human (dok. SBS)

Acara ini menghadirkan pertarungan sengit antara manusia dan kecerdasan buatan. Peserta manusia harus bersaing dalam berbagai tantangan melawan AI yang semakin canggih. Saluran TV SBS ini terdiri dari lima episode dan dibintangi oleh lima peserta.

Menariknya, acara ini tidak hanya berfokus pada satu jenis kompetisi saja. Namun, ada bidang olahraga seperti golf, perdagangan saham, komposisi lagu, hingga kemampuan membaca pikiran.

6. Bloody Game (2021 dan 2023)

Bloody Game (dok. MBC)

Mengusung konsep survival, acara ini menampilkan sekelompok orang yang terjebak dalam permainan hidup atau mati. Peserta harus menggunakan strategi dan keberanian untuk bertahan hidup. Jadi tak hanya mengandalkan kecerdasan, Bloody Game (2021 dan 2023) juga menuntut pesertanya untuk menggunakan kekuatan fisik.

7. The Devil's Plan (2023)

The Devil’s Plan (dok. Netflix)

The Devil's Plan (2023) mengungkap teori konspirasi dan misteri dengan cara yang menghibur. Di sini, peserta harus mencari bukti dan memecahkan teka-teki untuk mengungkap kebenaran di balik sebuah rencana jahat.

Setiap harinya, peserta akan memainkan dua permainan dan harus mengumpulkan token emas. Pemenang dengan token emas terbanyak akan mendapatkan hadiah sebesar 500 juta won atau sekitar Rp6 miliar.

8. The Time Hotel (2023)

The Time Hotel (dok. TVING)

Dengan konsep yang terbilang unik, The Time Hotel (2023) membawa para peserta ke sebuah hotel misterius dengan aturan waktu yang aneh. Di sana, mereka harus menyelesaikan tantangan untuk bertahan hidup sembari memahami rahasia hotel tersebut. Kamu dapat menonton reality show ini di platform streaming Viu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya