TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Film Korea yang Membahas Eksploitasi Anak di Bawah Umur, Ironi!

Beberapa film diangkat berdasarkan kisah nyata

Gong Yoo di Silenced (dok. Fantagio/Silenced)

Kasus eksploitasi anak di bawah umur marak terjadi di kehidupan nyata. Sadar kondisi ini sangat meresahkan banyak orang, sineas Korea tanpa ragu mengeluarkan film dengan tema serupa, baik fiksi maupun diangkat dari kisah nyata.

Berikut ini rekomendasi film Korea tentang kisah tragis yang dialami anak di bawah umur. Kasus pelecehan, kekerasan seksual, hingga perdagangan anak yang diangkat dalam film ini diharapkan bisa meningkatkan awareness masyarakat pada isu eksploitasi anak.

1. Silenced (2011)

Jung Yu Mi di Silenced (dok. Fantagio/Silenced)

Sejak ditayangkan tahun 2011, film Silenced secara khusus menarik perhatian masyarakat Korea Selatan. Kisah tragis murid bisu-tuli yang coba diputar dalam film ini benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Kim Hyun Soo.

Pada 2005, kasus pelecehan seksual selama puluhan tahun di Gwangju Inhwa School akhirnya terungkap. Pelakunya terdiri dari para guru, kepala sekolah, dan staf. Sebelumnya, cerita ini dikemas dalam novel The Crucible karya Hwang Dong Hyuk.

2. Christmas Carol (2022)

Jinyoung dan Kim Yeong Min di Christmas Carol (dok. Finecut, Co., Ltd./Christmas Carol)

Demi menyelidiki kematian saudaranya, Joo Il Woo (Jinyoung GOT7) nekat masuk ke dalam pusat penahanan remaja. Kian lama, semua yang dialami Il Woo pun mengarah pada sisi gelap kamp tersebut. Dari bullying, kekerasan, hingga pemerkosaan jadi hal biasa di tempat itu.

Christmas Carol sejatinya berisi aksi balas dendam. Bedanya, film ini tidak terlalu padat aksi, tapi sarat akan kisah pedih yang membuat penonton ikut merasakan penderitaan sang tokoh utama.

Baca Juga: Penjelasan Ending Film Korea Unlocked, Akhirnya Masih Misterius nih!

3. No Mercy (2019)

Lee Si Young dan Park Se Wan di No Mercy (dok. Joy N Cinema/No Mercy)

Eksploitasi anak difabel diceritakan pula dalam No Mercy besutan sutradara Im Kyung Taek. Berbeda dari Silenced (2011) yang diangkat dari kisah nyata, No Mercy yang dibintangi oleh Lee Si Young, Park Se Wan, dan Lee Joon Hyuk adalah fiksi thriller.

Park Eun Hye (Park Se Wan) adalah remaja SMA yang mengidap keterbelakangan mental. Dia menjadi korban bullying dan pelecehan di sekolah. Tak tinggal diam, In Ae (Lee Si Young) yang baru dibebaskan dari penjara menghabisi para pelaku yang telah menjual sang adik.

4. Hope (2013)

Lee Re dan Sol Kyung Gu di Hope (dok. Film Momentum/Hope)

Di balik kisah tragis yang dialami anak di bawah umur, cerita dari film Hope berdasarkan kisah nyata yang dikenal dengan sebutan Nayoung Case. Film ini turut mengkritik hukum di Korea Selatan karena tidak memberi sanksi setimpal bagi pelaku kekerasan seksual.

Diceritakan, Im So Won (Lee Re) berusia 8 tahun ketika menjadi korban kekerasan seksual oleh pria berusia 57 tahun. Kejadian itu membuatnya trauma berat terhadap laki-laki. Sang ayah, Im Dong Hoon (Sol Kyung Gu), pun rela melakukan apa saja demi membuat anaknya tersenyum lagi.

5. Cyber Hell: Exposing an Internet Horror (2022)

poster film Cyber Hell: Exposing an Internet Horror (instagram.com/netflixkr)

Relate dengan kehidupan masa kini, fenomena kejahatan dunia maya tersaji dalam bentuk dokumenter di film Cyber Hell: Exposing an Internet Horror. Singkat cerita, film kriminal ini membahas ruang obrolan daring yang mengarah pada kejahatan seksual.

Puluhan remaja dan anak di bawah umur menjadi korban pemerasan dan cybersex. Video asusila itu disebarkan lewat aplikasi telegram pada 2018-2020. Tercatat ada 9 ribu anggota dan 19 ribu tautan disebarkan oleh dua pelaku utama.

Baca Juga: 5 Sekuel Film Korea yang Kalah Untung dari Film Pertama

Verified Writer

Ristiani Umayang

Logophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya