TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Misteri yang Belum Tuntas di Ending Drakor Moving, Ada Karakter Baru

Membuka peluang untuk ada season 2, nih!

poster drama Moving (instagram.com/disneypluskr)

Moving baru saja menamatkan kisahnya dalam 20 episode pada Rabu (20/9/2023). Drakor tersebut berakhir dengan dikalahkannya para mata-mata Korea Utara. Tak hanya itu, Kim Doo Shik (Jo In Sung) juga kembali kepada keluarganya dengan selamat.

Meski begitu, ada beberapa misteri yang belum tuntas hingga ending drama Moving. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Perhatian, artikel ini mengandung spoiler.

1. Alasan Kim Bong Seok tak lanjut di SMA Jeongwon

Lee Jeong Ha di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Setelah mengalahkan para mata-mata Korea Utara, Kim Bong Seok terbang sambil menggendong sang ibu, Lee Mi Hyun (Han Hyo Joo), yang kakinya terluka akibat tertembak. Setelah kejadian mengerikan tersebut, SMA Jeongwon masih beraktivitas hingga melaksanakan wisuda.

Namun, Kim Bong Seok tak terlihat di acara tersebut dan Jang Hui Soo (Ko Yoon Jung) terlihat mengenang kenangannya dengan Kim Bong Seok di kelas. Penonton pun bertanya-tanya mengapa Kim Bong Seok tak melanjutkan pendidikannya lagi di SMA Jeongwon dan memulai hidup baru dengan pindah rumah.

2. Kelanjutan kisah cinta Kim Bong Seok dan Jang Hui Soo

Lee Jeong Ha dan Ko Yoon Jung di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Pada acara wisuda, Jang Hui Soo terlihat kembali ke kelas dan mengingat kembali kenangan bersama Kim Bong Seok. Keduanya memang terlibat kisah romansa sejak awal pertemuan. Selain itu, Kim Bong Seok juga terlihat tak sengaja menyatakan cintanya pada Jang Hui Soo saat diserang Jung Jun Hwa (Yang Dong Geun).

Namun, pada akhir drama Moving, Jang Hui Soo justru terlihat tak berhubungan lagi dengan Kim Bong Seok setelah diserang mata-mata Korea Utara tersebut. Lalu, kelanjutan kisah cinta Kim Bong Seok dan Jang Hui Soo masih belum ada kejelasannya. 

3. Nasib akhir Jung Jun Hwa

Yang Dong Geun di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Jung Jun Hwa merupakan salah satu mata-mata Korea Utara yang berhasil kembali dengan selamat ke negara asalnya tersebut. Meski begitu, ia harus kehilangan lengan kanannya yang terkena serangan listrik dari Jeon Gye Do (Cha Tae Hyun) saat hendak menembak.

Seperti rekannya yang lain, ia juga memiliki kesetiaan besar terhadap rekan-rekannya. Hal itu pun membuat dirinya merasa marah saat sang atasan hanya memedulikan misi mereka. Kemarahan tersebut membuatnya membunuh atasan tersebut dan membebaskan Kim Doo Shik yang terkurung di penjara Korea Utara.

Tentunya, tindakan Jung Jun Hwa tersebut melanggar keras aturan dari Korea Utara. Penonton pun mempertanyakan keselamatannya. Apakah ia ditangkap atau justru sudah kabur duluan bersama keluarganya?

Baca Juga: Nasib Akhir 16 Karakter Drakor Moving, Apakah Kim Doo Shik Hidup?

4. Apakah proyek manusia super tetap berlanjut setelah kematian Min Young Joon?

Moon Seung Geun di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Kim Doo Shik kembali dari Korea Utara setelah dibebaskan oleh Jang Jun Hwa. Namun, ia tak langsung bertemu dengan keluarganya. Ia justru memilih untuk menemui direktur Min Young Joon (Moon Seung Geun) setelah mendengar proyek manusia super yang melibatkan anaknya.

Merasa tak terima, ia pun memilih untuk membunuh Min Young Joon. Terlebih dirinya juga mendapatkan perlakuan tak menyenangkan sehingga dikurung di penjara Korea Utara selama bertahun-tahun.

Tentunya kematian direktur Min Young Joon sangat berdampak besar bagi BIN. Ia juga memimpin proyek manusia super yang dijalankan di SMA Jeongwon. Lalu, apakah proyek tersebut berhenti atau dilanjutkan oleh Ma Sang Gu (Park Byung Eun) yang menggantikan direktur Min Young Joon?

5. Langkah Hwang Ji Sung dan Shin Hye Won selanjutnya

Shim Dal Gi dan Kim Jong Soo di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Seperti yang sudah diduga oleh penonton, Shin Hye Won (Shim Dal Gi) merupakan agen BIN yang memiliki kemampuan super tidak bisa menua. Ia juga memiliki usia yang lebih tua dari Min Young Joon. Hal itu terlihat dari Min Young Joon yang memberi hormat padanya.

Shin Hye Won juga terlihat memarahi Min Young Joon karena tak bekerja dengan baik. Apakah nantinya mereka berdua melanjutkan proyek manusia super, ya? Terlebih keduanya juga terlibat langsung dalam proyek tersebut.

Selain itu, identitas asli Shin Hye Won dan Hwang Ji Sung (Kim Jong Soo) sebagai agen BIN juga diketahui oleh Lee Gang Hoon (Kim Do Hoon). Keduanya berpapasan dengan Lee Gang Hoon saat hendak menemui Min Young Joon. Meski begitu, mereka mengabaikan Lee Gang Hoon.

6. Nasib Lee Gang Hoon setelah kematian Min Young Joon

Kim Do Hoon di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Selain berdampak dengan proyek manusia super, nasib Lee Gang Hoon di BIN tentunya menjadi pertanyaan. Min Young Joon sendiri yang membuat Lee Gang Hoon bergabung ke BIN dengan diiming-imingi penghapusan hukuman sang ayah.

Tentunya, tak sedikit penonton yang bertanya-tanya apakah Lee Gang Hoon tetap akan berada di BIN meski Min Young Joon telah tiada atau ia justru memilih keluar dan hidup sesuai mimpinya.

7. Di manakah keberadaan Yang Se Eun?

Lee Ho Jung di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Yang Se Eun (Lee Ho Jung) merupakan salah satu anak dari agen BIN yang memiliki kemampuan super. Hal itu pun membuat dirinya dimasukkan dalam proyek manusia super dengan bersekolah di SMA Jeongwon. Namun, ia justru dikisahkan meninggal dunia saat sedang latihan olahraga karena kanker yang dideritanya.

Namun, pada awal kisah drama Moving, Yang Se Eun ternyata masih hidup di masa kini. Hal itu terlihat saat dirinya mendatangi pemakaman sang ibu yang tewas dibunuh Frank (Ryu Seung Bum). Namun, dirinya tak ditunjukkan kembali hingga ending drama Moving. Lalu dimanakan Yang Se Eun berada? Mengapa ia memalsukan kematiannya?

8. Apakah Jang Ju Won benar-benar membunuh Jo Rae Hyuk?

Ryu Seung Ryong di drama Moving (Dok. Disney+ Hotstar/Moving)

Pada episode terakhir, terdapat adegan Jang Ju Won (Ryu Seung Ryong) keluar dari sebuah gedung. Setelahnya, terlihat Jo Rae Hyuk (Yoo Seung Mok) yang tengah sekarat di sebuah kamar.

Apakah Jo Rae Hyuk benar-benar dibunuh oleh Jang Ju Won? Jika benar, apakah perbuatan Jang Ju Won tak akan terungkap mengingat Korea Selatan memiliki penyelidikan yang baik.

Baca Juga: Penjelasan Ending Drakor Moving, Beneran Beda dari Versi Webtoon?

Verified Writer

Queena Sekar Jasmine

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya