TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Aktris Korea yang Perankan Hakim di Drakor, Jujur dan Adil?

Apakah mereka termasuk hakim yang menakutkan?

Park Shin Hye di drama The Judge from Hell (instagram.com/sbsdrama.official)

Penegak hukum termasuk profesi yang sering muncul dalam drama Korea. Ada beberapa profesi yang bergerak di bidang hukum, salah satunya adalah profesi hakim. Profesi tersebut sangat berpengaruh dalam pengadilan karena membuat putusan hukuman pada terdakwa.

Beberapa aktris Korea menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai seorang hakim di drakor. Apakah mereka pantas disebut sebagai hakim yang baik atau justru sebaliknya? Scroll ke bawah, yuk!

1. Park Shin Hye di The Judge from Hell (2024)

Park Shin Hye di drama The Judge from Hell (instagram.com/sbsdrama.official)

The Judge from Hell menjadi drakor kedua yang dibintangi oleh Park Shin Hye pada tahun ini. Drakor tersebut bercerita tentang sosok hakim perempuan yang dikenal punya sikap dingin dengan reputasi buruk. Namun, di balik itu, ia aslinya adalah iblis dari neraka yang turun ke bumi untuk menghukum para penjahat.

Park Shin Hye sendiri didapuk peran utama sebagai sosok hakim tersebut. Ia menunjukkan akting yang berbeda dari sebelumnya dengan melakoni makhluk supranatural. Ia beradu akting dengan Kim Jae Young yang memerankan karakter detektif.

Karakternya kerap diremehkan karena dianggap tak cocok jadi hakim yang kompeten. Penampilannya yang terlalu mencolok pun dinilai kurang berwibawa sehingga kerap ditegur atasan karena seperti meremehkan profesinya.

2. Kim Hye Soo di Juvenile Justice (2022)

Kim Hye Soo di drama Juvenile Justice (instagram.com/netflixkr)

Pada tahun 2022, Kim Hye Soo bergabung dalam drama orisinal Netflix yang berjudul Juvenile Justice. Ia bertransformasi menjadi seorang hakim yang menangani kasus kriminalitas remaja. Karakternya digambarkan sebagai sosok yang tak kenal ampun sehingga sering menjatuhkan hukuman terberat pada terdakwa.

Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukannya karena kebenciannya pada anak-anak. Ia pernah kehilangan putra tersayangnya akibat kejahilan anak kecil yang tak bisa dihukum karena masih di bawah umur. Alhasil, ia memiliki prinsip bahwa semua orang harus dihukum apabila melakukan kesalahan.

3. Lee Jung Eun di Juvenile Justice (2022)

Lee Jung Eun di drama Juvenile Justice (instagram.com/netflixkr)

Selain itu, ada pula Lee Jung Eun yang ikut meramaikan drama Juvenile Justice sebagai salah satu pemeran utama. Karakternya merupakan mantan jaksa yang kini menjadi seorang hakim di pengadilan anak di bawah umur. Awalnya, ia dikisahkan memiliki kepribadian yang keras kepala.

Meski begitu, ia tetap berjuang keras untuk memberikan hukuman yang tepat pada para remaja yang berbuat kejahatan. Kerja keras membuat dirinya berhasil menjadi hakim ketua menggantikan Kang Won Jung (Lee Sung Min).

Baca Juga: 3 Aktris Korea yang Jadikan Fans Motivasi untuk Terus Berkembang

4. Park Eun Bin di Judge vs. Judge (2017)

Park Eun Bin di drama Judge vs. Judge (youtube.com/BBACKDRA - SBS OLD DRAMA)

Judge vs. Judge tayang pada tahun 2017 dengan mengisahkan dua hakim yang memiliki cara berbeda dalam menangani kasus di pengadilan. Salah satu hakim tersebut adalah Lee Jung Joo yang diperankan oleh Park Eun Bin.

Perannya dikisahkan pernah bekerja sebagai pembawa acara radio yang idealis. Ia selalu bekerja keras dalam menegakkan keadulan dan membela orang-orang yang tertindas akibat ketidakadilan. Ia dan hakim lainnya pun bekerja sama meski memiliki kepribadian dan pendekatan yang berbeda.

5. Kim Jae Kyung di The Devil Judge (2021)

Kim Jae Kyung di drama The Devil Judge (instagram.com/tvn_drama)

Kini lebih fokus sebagai aktris, Kim Jae Kyung dipercaya untuk melakoni peran hakim pembantu di drama The Devil Judge. Ia berhasil membuat para penonton salah fokus dengan karisma dan visualnya. Perannya digambarkan sebagai sosok yang ambisius dan berani menegakkan keadilan dengan melawan para penjahat.

The Devil Judge bercerita tentang pengadilan yang diubah menjadi reality show untuk menghukum para kriminal. Acara tersebut dipimpin oleh hakim kepala yang dingin dan tak kenal takut. Ia pun menjatuhkan hukuman seberat-beratnya tanpa ampun.

6. Park Jin Hee di The Escape of the Seven: Resurrection (2024)

Park Jin Hee di The Escape of the Seven: Resurrection (Dok. VIU/The Escape of the Seven: Resurrection)

Pada tahun ini, The Escape of the Seven: Resurrection melanjutkan kisah musim pertamanya tentang aksi balas dendam pada orang-orang yang terlibat dengan kasus hilangnya seorang gadis. Untungnya, kebenaran berhasil terungkap dan keadilan pun ditegakkan.

Pada akhir dramanya, Matthew Lee (Uhm Ki Joon) mendapatkan hukuman mati dan tak bisa mengajukan banding dari putusan yang dikeluarkan oleh hakim yang diperankan oleh Park Jin Hee. Walau karakternya hanya sebatas cameo, karakternya mengajarkan para penonton untuk lebih peduli dan saling membantu dengan orang sekitar.

Tiap aktris tentunya memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan perannya sebagai seorang hakim di drama Korea. Mereka juga dikisahkan memiliki cara berbeda dalam membuat keputusan hukuman di pengadilan. Menurut kamu, peran hakim paling melekat di aktris Korea yang mana, nih?

Baca Juga: 11 Aktris Korea yang Membintangi Dua Drakor di Paruh Kedua 2024

Verified Writer

Queena Sekar Jasmine

Be smile and happy :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya