TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Upaya Nam Ha Neul Atasi Depresi di Doctor Slump, Awalnya Denial!

Nam Ha Neul mulai mencari pertolongan ke profesional

still cuts drama Doctor Slump (instagram.com/jtbcdrama)

Nam Ha Neul (Park Shin Hye) merupakan dokter anastesi yang terkenal kompeten di Doctor Slump. Ia pun begitu diandalkan oleh rekan-rekan dokter berkat kemampuannya tersebut.

Namun siapa yang menyangka, kalau terdapat kesulitan dan penderitaan di balik sosoknya yang demikian. Terlebih, ia sempat menerima perlakuan gaslighting dari seorang profesor sekaligus atasannya di rumah sakit. 

Nahas, situasi tersebut malah ikut memperparah gangguan depresi yang diderita belakangan ini. Walau tak mudah, sejumlah upaya ditempuh Nam Ha Neul untuk bangkit dari kondisi tersebut.

Baca Juga: 6 Karakter Utama Berprofesi Dokter di Drakor Doctor Slump

1. Menyadari kondisi yang dirasakan

still cuts drama Doctor Slump (instagram.com/jtbcdrama)

Nam Ha Neul sudah merasakan putus asa yang berkepanjangan sejak lama. Namun, ia hanya mengira ini sebagai kelelahan biasa. Terlebih, pekerjaan sebagai dokter juga menuntutnya untuk selalu overworked

Selanjutnya, suatu kejadian bikin Nam Ha Neul menyadari ada yang salah dengan dirinya. Ini ketika Nam Ha Neul tiba-tiba pingsan saat menyebrang di zebra cross. Nahas, terdapat truk kontainer yang melaju kencang menuju tempatnya terjatuh. Ia hanya pasrah sambil bergumam, "ya, ayo mati saja."

2. Memeriksakan diri ke profesional

still cuts drama Doctor Slump (instagram.com/jtbcdrama)

Keinginan mengakhiri hidup sendiri merupakan indikasi serius dari masalah mental. Nam Ha Neul yang menyadari hal tersebut pun memutuskan pergi ke profesional. Setelah melakukan konsultasi dan beberapa tes singkat, ia didiagnosis menderita depresi. 

Kendati demikian, Nam Ha Neul masih denial alias menolak hasil yang diberikan oleh psikiaternya. Ia merasa kalau hidup yang dijalaninya baik-baik saja.

Di sisi lain, depresi sering kali tak disadari akibat kelelahan emosi yang terus menerus diabaikan. Sang psikiater pun tetap menegaskan kalau Nam Ha Neul harus beristirahat dengan menerima beberapa resep obat. 

Baca Juga: 4 Support System Nam Ha Neul di Drakor Doctor Slump, Ada Yeo Jeong Woo

3. Menghindari lingkungan yang toksik

still cuts drama Doctor Slump (instagram.com/jtbcdrama)

Nam Ha Neul membuang obat yang diresepkan oleh psikiater. Sebab, ia merasa tak semenderita itu sampai harus mengalami depresi. Nam Ha Neul juga menghiraukan saran-saran untuk segera beristirahat dari aktivitasnya. Tentu, ia masih juga berangkat bekerja.

Di tengah situasi tersebut, Nam Ha Neul malah kembali menerima cacian dari sang profesor bahkan sampai difitnah. Situasi tersebut bikin Nam Ha Neul kehabisan rasa sabar. Emosinya pun mulai pecah. Ia memberanikan diri untuk menyampaikan pembelaan hingga memutuskan berhenti dari rumah sakit saat itu juga. 

4. Membuka hati bercerita kepada orang-orang sekitar

still cuts drama Doctor Slump (instagram.com/jtbcdrama)

Akhirnya, Nam Ha Neul menyadari kalau dirinya memang menderita. Ia telah menempatkan dirinya sendiri dalam situasi tak nyaman hanya demi memenuhi ekspektasi orang lain.

Selanjutnya, ia pun mencoba mencari sosok yang dapat mendukungnya. Nam Ha Neul mulai membuka hati untuk bercerita dengan tak lagi memendam kesulitannya sendirian. Walau tak ada yang mengerti, akhirnya pihak keluarga mulai menyampaikan dukungan kepada Nam Ha Neul.

Tentu, perjalanan Nam Ha Neul untuk pulih dari depresi masih begitu panjang. Kendati demikian, penerimaan merupakan langkah awal untuk seseorang dapat memulai proses healing. Jadi, jangan lupa untuk saksikan kelanjutan kisah Nam Ha Neul di Doctor Slump setiap hari Sabtu-Minggu di Netflix, ya!

Baca Juga: 7 Kemalangan Hidup Nam Ha Neul di Episode Awal Drakor Doctor Slump 

Verified Writer

N i n d

you are good enough (◍•ᴗ•◍)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya