TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Artis Korea Peraih Daesang di SBS Drama Awards 7 Tahun Terakhir

Drama yang mereka bintangi terbukti berkualitas #ANGPOIN

Namgoong Min dalam drama Hot Stove League (dok. SBS/Hot Stove League) | Kim So Yeon dalam drama The Penthouse 2 (dok. SBS/The Penthouse 2) | Kim Nam Gil dalam drama Through the Darkness (dok. SBS/Through the Darkness)

SBS adalah salah satu saluran penyiaran nasional Korea Selatan yang rutin menyelenggarakan ajang penghargaan di akhir tahun. Acara bertajuk SBS Drama Awards itu diselenggarakan untuk memberikan penghormatan kepada artis hingga staf drama Korea yang tayang selama setahun ke belakang. 

Penghargaan tertinggi di SBS Drama Awards disebut Daesang atau Grand Prize yang dianggap sebagai prestasi paling bergengsi di industri hiburan Korea. SBS Drama Awards 2023 akan digelar pada 29 Desember 2023 dan telah mengumumkan daftar nominasi peraih Daesang.

Apakah kamu penasaran siapa saja artis Korea yang berhasil meraih Daesang SBS Drama Awards di tahun-tahun sebelumnya? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Han Suk Kyu - Dr. Romantic (2016)

Han Suk Kyu di SBS Drama Awards 2016 (dok. Newsen)

Han Suk Kyu berhasil meraih Daesang berkat penampilannya di Romantic Doctor Kim atau Dr. Romantic dalam SBS Drama Awards 2016. Di drama yang berhasil meraih rating tertinggi sebesar 24 persen ini, Han Suk Kyu berperan sebagai Kim Sabu. Ia adalah ahli bedah terkenal dengan julukan Hand of God.

Penghargaan ini menandai Daesang kedua Han Suk Kyu di SBS Drama Awards. Diketahui, 5 tahun sebelumnya, sang aktor juga meraih penghargaan yang sama berkat aktingnya di drama A Tree with Deep Roots (2011).

2. Ji Sung - Defendant (2017)

Ji Sung di SBS Drama Awards 2017 (dok. Ajunews)

Defendant adalah drama populer SBS yang berhasil meraih rating tertinggi sebesar 26 persen saat penayangannya tahun 2017 silam. Drama ini mengisahkan tentang Park Jung Woo (Ji Sung), seorang jaksa dari Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Suatu hari, ia terbangun dengan amnesia sementara dan berada di dalam penjara dengan tuduhan membunuh istri dan anaknya sendiri.

Ji Sung menampilkan akting terbaiknya sebagai seorang jaksa yang berjuang membuktikan dirinya tidak bersalah agar terbebas dari hukuman mati. Hal tersebut mengantarkan sang aktor pada piala Daesang di SBS Drama Awards 2017 yang digelar pada 31 Desember 2017.

3. Kam Woo Sung dan Kim Sun Ah - Should We First Kiss (2018)

Kam Woo Sung dan Kim Sun Ah di SBS Drama Awards 2018 (dok. SBS funE)

Chemistry apik yang ditampilkan Kam Woo Sung dan Kim Sun Ah di drama Should We First Kiss tak hanya mengantarkan mereka meraih Best Couple, tetapi juga Daesang. Dalam gelaran SBS Drama Awards 2018, kedua artis tersebut sukses meraih Daesang berkat peran mereka sebagai Son Moo Han dan An Soo Jin di drama Should We First Kiss. Drama tersebut mengisahkan tentang empat orang dewasa yang kehilangan kepercayaan pada cinta.

Baca Juga: 3 Nominasi Best Couple SBS Drama Awards 2023, Mana Favoritmu?

4. Kim Nam Gil - The Fiery Priest (2019)

Kim Nam Gil di SBS Drama Awards 2019 (dok. Single List)

The Fiery Priest adalah drama komedi-aksi yang meraih popularitas tinggi saat penayangannya pada bulan Februari hingga April 2019 silam. Drama ini berhasil mengumpulkan rating tertinggi sebesar 18 persen yang menjadikannya sebagai salah satu drama SBS peraih rating tertinggi di tahun tersebut.

The Fiery Priest menampilkan pemeran utama yaitu Kim Nam Gil. Sang aktor berperan sebagai Kim Hae Il, seorang pendeta Katolik yang bekerja sama dengan detektif dan jaksa untuk menyelesaikan kasus pembunuhan. Berkat aksinya di drama ini, Kim Nam Gil berhasil membawa pulang piala Daesang di SBS Drama Awards 2019.

5. Nam Goong Min - Hot Stove League (2020)

Namgoong Min di SBS Drama Awards 2020 (dok. Sports Donga)

Penampilan Nam Goong Min sebagai Baek Seung Soo di drama Hot Stove League memang memukau. Ia memerankan seorang manajer umum tim bisbol profesional bernama Dreams di drama tersebutPeran ini sukses mengantarkannya pada piala Daesang SBS Awards 2020.

Hot Stove League mengisahkan tentang perjuangan Baek Seung Soo dalam meningkatkan performa Dreams yang dicap sebagai tim bisbol terburuk. Drama ini juga meraih popularitas tinggi dengan mencetak rating tertinggi sebesar 19 persen.

6. Kim So Yeon - The Penthouse (2021)

Kim So Yeon di SBS Drama Awards 2021 (dok. News1)

Memulai karier aktingnya di SBS, Kim So Yeon akhirnya meraih Daesang pertamanya 28 tahun kemudian di stasiun televisi tersebut melalui SBS Drama Awards 2021. Pencapaian ini berhasil diraihnya berkat penampilannya sebagai Cheon So Jin di drama fenomenal The Penthouse (2021).

Dalam ajang penghargaan ini, Kim So Yeon berhasil mengalahkan nominee Daesang lainnya yang cukup sengit, lho. Mereka adalah Song Hye Kyo di drama Now We Are Breaking Up, Lee Je Hoon di Taxi Driver, dan Honey Lee di One the Woman.

Verified Writer

Nimas Bella

Hai!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya