TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Perbedaan Gyeongseong Creature Season 1 dan 2, Makin Seru!

Gyeongseong Creature 2 menerima banyak pujian, lho

cuplikan drama Gyeongseong Creature (dok. Netflix/Gyeongseong Creature)

Setelah menayangkan musim pertamanya pada Desember 2023 dan Januari 2024 lalu, Netflix merilis Gyeongseong Creature 2 pada Jumat (27/9/2024). Berbeda dengan season pertamanya yang mendapat kritikan cukup pedas, musim kedua ini menuai banyak pujian dari para penonton.

Makin seru, Gyeongseong Creature Season 2 menghadirkan kisah yang lebih kompleks. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diuraikan empat perbedaan antara Gyeongseong Creature Season 1 dan 2. Simak sampai selesai, ya!

Perhatian, artikel ini mengandung spoiler.

1. Latar tempat dan tahun

cuplikan drama Gyeongseong Creature (dok. Netflix/Gyeongseong Creature)

Gyeongseong Creature Season 1 berlatarkan tahun 1945. Drakor ini menghabiskan sebagian besar ceritanya di rumah sakit Ongseong dan rumah gadai milik Jang Tae Sang (Park Seo Joon). Dengan dua latar tersebut, para karakternya tampil dengan gaya jadul layaknya orang-orang di zaman penjajahan dan menjelang kemerdekaan.

Sementara itu, Gyeongseong Creature Season 2 menggunakan tahun 2024 sebagai latar waktunnya. Berjarak waktu 79 tahun, musim terbaru ini menggunakan gedung perusahaan Bugang yang dikelola Jang Ho Jae (Park Seo Joon) dan Kwon Yong Gil (Heo Joon Seok) serta gedung Jeonseung Biotech yang didirikan di atas reruntuhan RS Ongseong. Selain itu, drama ini juga menjadikan kantor polisi sebagai latar tempat. Para karakternya tampil dengan gaya yang lebih modern sesuai dengan tahun 2024.

2. Villain yang menjadi lawan

cuplikan drama Gyeongseong Creature (dok. Netflix/Gyeongseong Creature)

Di season pertama, ada begitu banyak villain yang harus dihadapi Jang Tae Sang dan Yoon Chae Ok (Han So Hee). Mereka adalah Yukiko Maeda (Claudia Kim), Kolonel Kato (Choi Young Joon), Direktur Ichiro (Hyun Bong Sik), dan Komisioner Ishikawa (Kim Do Hyun). Mereka terlibat dalam eksperimen mengerikan, yaitu mengubah manusia menjadi monster di RS Ongseong.

Berbeda dengan season 1 yang villain-nya berasal dari kalangan bangsawan Jepang, polisi, dan militer, season kedua ini menghadirkan villain dari orang-orang yang bekerja di Jeonseung Biotech. Mereka adalah Kuroko 01 (Lee Mu Saeng), Seung Jo (Bae Hyun Sung), Shin Ji Oh (Park Sung Geun), dan Yukiko Maeda (Claudia Kim). Kuroko 01 dan Seung Jo sulit untuk dikalahkan karena di dalam tubuh mereka ada najin yang membuat fisiknya sangat kuat.

Baca Juga: Ke Mana Perginya Jang Tae Sang di Ending Gyeongseong Creature 2?

3. Karakter pendukung

cuplikan drama Gyeongseong Creature (dok. Netflix/Gyeongseong Creature)

Karena latar waktu dan tempatnya sudah berbeda, para karakter pendukung pun ternyata juga berbeda. Di season pertama, ada beberapa karakter pendukung seperti Kwon Jun Taek (Wi Ha Joon), Yoon Jung Won (Jo Han Chul), Ny. Nawol (Kim Hae Sook), Gu Gap Pyeong (Park Ji Hwan), Beom O (Ahn Ji Ho), Na Yeong Chun (Ok Ja Yeon), Tn. Ho (Nam Myung Ryul), dan Tn. Hwang (Lim Ki Hong). Hampir semua dari mereka memihak karakter utama.

Di season kedua, kehadiran mereka sudah tidak dapat dilihat lagi. Beberapa karakter diceritakan sudah tewas akibat kekejaman Yukiko Maeda. Sementara, karakter lain tidak dijelaskan bagaimana nasib mereka.

Gyeongseong Creature 2 menghadirkan beberapa karakter pendukung yang merupakan wajah-wajah baru. Mereka adalah Kwon Yong Gil, Yuh Myung Jun (Lee Sung Wook), Noh Ji Su (Han Dong Hee), Madam Na (Kim Hye Hwa), Ahn Jeong Hyeok (Park Tae In), Antena Sinseoldong (Park Hye Jin), Kuroko 04 (Kim Kang Min), dan Detektif Park (Oh Dong Min).

4. Konflik yang berbeda tapi saling berkaitan

cuplikan drama Gyeongseong Creature (dok. Netflix/Gyeongseong Creature)

Satu lagi perbedaan mencolok dari musim pertama dan kedua dari drakor ini adalah konfliknya. Pada season pertama, konflik dimulai dari Yoon Chae Ok yang ingin menemukan ibunya yang sudah bertahun-tahun menghilang. Lalu, saat ia temukan, ternyata ibunya sudah menjadi monster.

Dalam misi mencari ibunya, ia bertemu dengan Jang Tae Sang. Mereka harus menghadapi berbagai macam bahaya, terutama di dalam RS Ongseong. Sebab, para penguasa dan penjajah pada masa itu melakukan eksperimen gila yang mengorbankan banyak nyawa manusia

Ada benang merah antara season pertama dan kedua. Yoon Chae Ok yang semula disangka tewas di season pertama, kembali hidup setelah najin sang ibu masuk ke dalam tubuhnya. Ia akhirnya bisa bertahan hidup hingga tahun 2024. Sementara, Jang Tae Sang harus kehilangan orang-orang terdekatnya dan terinfeksi najin juga akibat ulah Yukiko Maeda

Jang Tae Sang masih hidup hingga tahun 2024 seperti halnya Yoon Chae Ok. Bedanya, ia menggunakan nama lain, yaitu Jang Ho Jae. Mereka bertemu lagi, tapi saat itu Jang Ho Jae tidak ingat bahwa ia dulunya bernama Jang Tae Sang. Sebab di awal pertemuan, najin di dalam tubuhnya sudah dikeluarkan paksa. 

Mereka harus menghadapi eksperimen yang tak kalah gila di zaman modern. Lagi-lagi, Yukiko Maeda menjadi dalangnya. Ia ternyata juga masih hidup dengan penampilan awet muda seperti Yoon Chae Ok dan dan Jang Ho Jae.

Jang Ho Jae dan Yoon Chae Ok harus terluka berkali-kali karena mereka harus menghadapi orang-orang yang terinfeksi najin seperti mereka. Tak hanya itu, mereka pun harus berhadapan dengan kelompok Kuroko yang sangat gesit dan andal bertarung, serta para monster hasil eksperimen Jeonseung Biotech. Jang Tae Sang selaku karakter sentral harus memilih antara menyelamatkan Yoon Chae Ok, perempuan yang ia cintai atau teman-temannya.

Empat perbedaan di atas terlihat dengan sangat jelas jika kamu menonton season pertama dan kedua drakor Gyeongseong Creature. Meskipun berbeda dari berbagai aspek, keduanya worth it banget untuk ditonton, lho!

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Belum Terjawab di Gyeongseong Creature 2

Verified Writer

Nunung Munawaroh

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya