TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penjelasan Ending Film Officer Black Belt, Jeong Do Jadi Polisi Tetap?

Perjalanan Jeong Do memburu Kang Ki Jung

penjelasan ending Officer Black Belt (dok. Netflix/Officer Black Belt)

Officer Black Belt jadi salah satu film Korea, yang ditunggu-tunggu perilisannya. Film yang dibintangi oleh Kim Woo Bin dan Kim Sung Kyun ini bercerita tentang seorang pengantar ayam goreng, yang hidupnya berubah setelah menyelamatkan petugas polisi.

Ia tiba-tiba direkrut oleh kepolisian, untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan oleh petugas polisi bela diri. Lalu, ia mendapat misi penting untuk menangkap pelaku kekerasan terhadap anak bernama Kang Ki Jung.

Sudah resmi tayang di Netflix sejak 12 September lalu, bagaimana sih ending film ini? Simak penjelasannya di bawah.

Peringatan, artikel ini mengandung spoiler!

1. Jung Do berhasil bongkar geng Kang Ki Jung bareng geng gamernya

penjelasan ending Officer Black Belt (dok. Netflix/Officer Black Belt)

Setelah serangkaian penyergapan dan penyerangan yang dilakukan oleh tim Jung Do, Sung Min, dan Min Jo, Jung Do berhasil satu per satu mengumpulkan informasi dari orang-orang penting di balik geng Kang Ki Jung.

Ia dibantu oleh teman-teman main gamenya, setelah Min Jo dan Sun Min menderita cedera berat usai disergap oleh geng Ki Jung. Tim gamer ini akhirnya bisa ikut mengungkap lokasi Ki Jung, setelah mereka menyergap dan menyandera salah satu anak buahnya, Kim Min Wook.

2. Alasan Jeong Do bertekad kuat menangkap Kang Ki Jung

penjelasan ending Officer Black Belt (dok. Netflix/Officer Black Belt)

Setelah Min Jo mengalami cedera otak dan Sun Min patah leher, juga Jeong Do sempat luka parah dan berakhir di rumah sakit, ada keraguan dari orang-orang sekitar, terutama ayah Jeong Do, untuk sang ahli bela diri berhenti mengejar pelaku kekerasan pada anak kecil tersebut.

Lee Jeong Do juga bukan merupakan anggota polisi resmi, membuat gak ada alasan kuat untuknya terus mengejar dan menangkap Ki Jung. Namun, ternyata Jeong Do punya ambisi pribadi dalam misi penangkapan ini.

Niat ini muncul setelah ia menggali fakta bahwa Ki Jung telah banyak melakukan kekerasan pada anak kecil, merekamnya dengan sengaja, dan membuat anak kecil seperti Min Ju trauma berat. Hal ini kemudian membuatnya bertekad untuk menyelesaikan misinya, meskipun sebenarnya itu adalah bukan pekerjaannya.

Baca Juga: Biodata dan Profil Pemain Utama Film Officer Black Belt

3. Jung Do berhasil mengalahkan Kang Ki Jung

penjelasan ending Officer Black Belt (dok. Netflix/Officer Black Belt)

Setelah mengetahui lokasi dari Ki Jung, Jeong Do bersama timnya langsung merencanakan penyergapan. Mereka menemukan Ki Jung dan komplotannya di sebuah losmen. Jeong Do harus menghabisi mereka semua sendirian, karena gak ada satupun dari tim gamernya itu yang bisa bertarung.

Meski begitu, keahlian Jeong Do dalam bela diri membuatnya mampu mengalahkan geng Ki Jung dengan cukup mudah. Officer Black Belt ditutup dengan adegan pertarungan antara Jeong Do dan Ki Jung yang intens.

Pada akhirnya meskipun tim gamer gak ada yang bisa bertarung, mereka tetap bisa berkontribusi besar pada pertarungan akhir ini, dengan memanfaatkan drone yang mereka pakai.

4. Apa arti tulisan di tangan Jeong Do?

penjelasan ending Officer Black Belt (dok. Netflix/Officer Black Belt)

Setelah berhasil mengalahkan Kang Ki Jung, Jeong Do akhirnya berkesempatan untuk memborgol pelaku penjahat untuk pertama kalinya, setelah ditunjuk sebagai anggota polisi sementara.

Gak cuma itu, ia bahkan membacakan hak-hak pelaku saat penangkapan, yang membuatnya terlihat seperti anggota polisi beneran. Hal ini membuat Jeong Do cukup terharu atas pencapaian yang ia dapatkan.

Setelah membacakan hak-hak Ki Jung, Jeong Do terlihat mengintip sebuah catatan di salah satu lengannya. Catatan itu sebenarnya adalah contekan dari bunyi hak-hak pelaku kejahatan saat penangkapan.

Namun, ternyata ia gak perlu menyontek saat mengucapkannya. Tentunya momen itu membuat adegan sederhana ini jadi terlihat lebih menarik.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya