TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Isu Sosial Dibahas di Drakor Black Out, Ada Penyalahgunaan Jabatan!

Banyak realitas di masyarakat yang diangkat di drakor Black Out

poster drakor Black Out (twitter.com/mbcdrama_pre)

Drakor Black Out menyoroti pembunuhan dua gadis di Desa Mucheon. Kasus tersebut menjerat seorang pemuda bernama Ko Jung Woo (Byun Yo Han) yang telah selesai menjalani hukuman selama 10 tahun penjara. Namun, huru-hara kembali terjadi usai penemuan baru yang menunjukkan bahwa Jung Woo tak bersalah.

Kasus salah tangkap pelaku kejahatan tak jarang terjadi di dunia nyata. Selain mengangkat isu tersebut, drama ini juga menyajikan banyak realitas yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Apa saja sih isu sosial yang dibahas dalam drakor Black Out?

1. Pembunuhan

still cut drakor Black Out (instagram.com/mbcdrama_now)

Isu sosial utama yang dibahas dalam drakor ini adalah pembunuhan. Diceritakan bahwa sebelas tahun silam telah terjadi pembunuhan yang menewaskan Sim Bo Young (Jang Ha Eun) dan Park Da Eun (Han So Eun). Kasus tersebut berhasil menggemparkan lantaran terjadi di sebuah desa kecil dengan waktu berdekatan dan tempat kejadian yang sama.

Sosok Jung Woo pun yang nyatanya tak bersalah harus menjadi tumbal dan kehilangan masa mudanya karena perbuatan yang tidak pernah dilakukan. Ketika kebenaran mulai terungkap, ia sebagai korban salah tangkap kesulitan membersihkan namanya lantaran kurangnya bukti. Sementara Jung Woo kehilangan mimpinya, pelaku pembunuhan yang sebenarnya justru masih berkeliaran bebas di luar sana.

2. Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

still cut drakor Black Out (instagram.com/mbcdrama_now)

KDRT juga menjadi salah satu isu sosial yang diangkat dalam drama ini. Kasus KDRT ini terjadi di keluarga Sim Bo Young. Pelakunya tak lain adalah ayah kandungnya sendiri, Sim Dong Min (Jo Jae Yun).

Dong Min adalah seorang pecandu miras yang kerap melakukan kekerasan. Ia sering menyiksa istrinya, Lee Jae Hee (Park Mi Hyun) dan putrinya sendiri secara brutal. Namun, Jae Hee tetap tak bisa meninggalkan Dong Min dengan alasan utama, demi anaknya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kasus Pembunuhan di Drakor Black Out Sulit Terungkap

3. Penyalahgunaan jabatan

still cut drakor Black Out (instagram.com/mbcdrama_now)

Salah satu yang menjadi penghalang utama terungkapnya kasus pembunuhan di Mucheon adalah sikap aparat penegak hukum yang tak bertanggung jawab. Rupanya detektif hingga kepala polisi di tempat tersebut justru berusaha menutupi kebenaran demi kepentingan masing-masing. Bahkan, seorang pejabat pemerintahan, Ye Young Sil (Bae Jong Ok) juga menjadi salah satu karakter yang menyalahgunakan jabatannya.

Young Sil bekerja sama dengan Hyun Goo Tak (Kwon Hae Hyo) untuk secepatnya menyelesaikan kasus pembunuhan. Goo Tak yang juga ingin menutupi kesalahan anaknya di kasus tersebut akhirnya sepakat dan langsung naik pangkat setelah mengambing hitamkan Jung Woo. Selain mereka, anggota polisi Kim Hee Do (Jang Won Young) dan Yang Byeong Mu (Lee Tae Gu) juga ikut menyalahgunakan kekuasaan demi kepentingan pribadi.

4. Diskriminasi mantan narapidana

still cut drakor Black Out (instagram.com/mbcdrama_now)

Sebagaimana realitas di kehidupan masyarakat, seorang mantan narapida kerap mengalami diskriminasi sosial. Masyarakat kerap mengaggap bahwa mantan narapidana tidak bisa lagi hidup bersosial lantaran khawatir akan mengulang perbuatannya. Hal itu juga terjadi pada Jung Woo.

Mirisnya dalam kasus Jung Woo, ia justru korban dari kecurangan penegak hukum dan masyarakat yang bekerja sama menuduhnya. Orang-orang yang tahu pelaku asli pembunuhan justru paling banyak meneriaki dan menghakimi Jung Woo. Ia dan ibunya bahkan berkali-kali dicelakai dan dipaksa meninggalkan rumah, padahal mereka tak bersalah.

Verified Writer

Laila Nurjanah

Pelajar sepanjang hayat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya