TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Insight Menghargai Pasangan dalam Pernikahan di Love Next Door

Banyak hal berharga dari pernikahan orangtua para karakter utama

still cut drakor Love Next Door (dok.tvN/Love Next Door)

Selain mengangkat romansa percintaan anak muda, Love Next Door juga tampilkan sisi menarik kehidupan rumah tangga orangtua para karakter utama. Terdapat setidaknya kehidupan dua keluarga yang disoroti dalam drama ini. Mereka adalah keluarga dari Choi Seung Hyo (Jung Hae In) dan keluarga Bae Seok Ryu (Jung So Min).

Kedua keluarga yang disoroti sama-sama pernah mengalami konflik yang cukup pelik lantaran buruknya komunikasi yang menimbulkan rasa tidak dihargai. Beruntung, orangtua Seung Hyo maupun Seok Ryu sama-sama berhasil melewati konflik tersebut. Melalui konflik yang dihadirkan dalam pernikahan para orangtua main character, berikut sembilan insight menghargai pasangan di Love Next Door.

Baca Juga: 3 Hubungan Rumit Seung Hyo dengan Orangtuanya di Love Next Door

1. Menghargai pasangan dengan memberi dukungan pada pekerjaannya

still cut drakor Love Next Door (instagram.com/tvn_drama)

Salah bentuk perilaku menghargai pasangan adalah dengan memberi dukungan pada pekerjaannya. Terlebih, topik mengenai pekerjaan biasanya telah dibahas sebelum menikah, sehingga tak seharusnya ada perdebatan lagi mengenai hal itu. Sebagaimana sikap Na Mi Sook (Park Ji Young) yang menghargai pekerjaan Bae Geun Sik (Jo Han Chul) yang menjual tteokbokki.

Kendati Geun Sik selalu merasa tak mampu memberi apapun, Mi Sook meyakinkannya bahwa ia sangat menghargai usaha suaminya. Bahkan, menurut Mi Sook tteokbokki adalah makanan paling istimewa lantaran melalui usaha tersebut, suaminya bisa menghidupi ia dan anak-anaknya. Dukungan yang diberi Mi Sook pada Geun Sik itu menjadi salah satu alasan pernikahan mereka tetap bertahan hingga saat ini.

2. Hindari menyimpulkan sesuatu dari satu sudut pandang

still cut drakor Love Next Door (instagram.com/tvn_drama)

Komunikasi jadi kunci keharmonisan dalam hubungan apapun, termasuk sebuah pernikahan. Menjadi salah satu bentuk sikap menghargai pasangan, jika selalu mendiskusikan setiap masalah dengan baik. Bukan memilih menyimpulkan sesuatu dari satu sudut pandang tanpa mendiskusikannya terlebih dahulu.

Jika hal itu terjadi, maka dapat memunculkan konflik sebagaimana dalam rumah tangga Choi Gyeong Jong (Lee Seung Joon) dan Seo Hye Sook (Jang Young Nam). Ketika melihat istrinya beberapa kali berduaan dengan rekan kerjanya sejak dulu, Gyeong Jong langsung menyimpulkan jika istrinya berselingkuh. Padahal, kenyataannya Hye Sook tak berselingkuh dan selalu setia mencintai Gyeong Jong sekalipun hubungan mereka tak harmonis.

Baca Juga: 3 Bantuan Berharga Seok Ryu untuk Seung Hyo di Love Next Door

3. Tidak menanggung beban sendirian

still cut drakor Love Next Door (instagram.com/tvn_drama)

Membagi berbagai keluh kesah maupun kesedihan pada pasangan bukan hal buruk dalam sebuah pernikahan. Hal tersebut justru jadi salah satu bukti baiknya komunikasi yang terjalin. Bahkan, pasangan akan merasa dihargai keberadaannya jika dijadikan tempat berbagi suka dan duka.

Sebagaimana Geun Sik, ia pernah menyembunyikan sebuah beban berat berupa kasus penipuan yang menimpanya. Ia merasa tak pantas memberitahu siapapun lantaran takut dicap sebagai kepala keluarga yang tidak baik. Padahal, Mi Sook sebagai istri memintanya untuk berbagi hal itu lantaran mereka adalah pasangan yang telah melalui banyak hal bersama.

4. Ucapan maaf dan terima kasih salah satu bentuk menghargai pasangan

still cut drakor Love Next Door (instagram.com/tvn_drama)

Bersatus sebagai pasangan suami istri, tak jarang membuat pasangan merasa tak perlu mengucapkan lagi kata maaf dan terima kasih. Padahal, hal-hal yang dianggap sederhana itu memiliki dampak luar biasa dalam pernikahan. Sebagaimana Geun Sik yang selalu ucapkan terima kasih setiap istrinya menyiapkan makanan yang membuat Mi Sook merasa dihargai.

Pasangan Gyeong Jong dan Hye Sook juga lakukan hal tersebut sebagai bentuk memperbaiki pernikahan mereka. Gyeong Jong tak malu untuk mengucapkan permintaan maaf lantaran telah menilai buruk Hye Sook. Sebaliknya, Hye Sook pun meminta maaf dan memaklumi apa yang terjadi di antara mereka berdua.

Meski isu kehidupan rumah tangga bukan fokus utama drakor Love Next Door, tetapi penonton tetap mendapat banyak hal berharga. Bahkan, konflik pernikahan para orangtua main character tak jarang membuat penonton ikut menangis. Drama ini berhasil menyajikan sisi positif dari berbagai macam hubungan mulai pertemanan hingga pernikahan.

Baca Juga: 9 Kepedulian Jung Mo Eum pada Yeon Du di Love Next Door, Sweet Banget!

Verified Writer

Laila Nurjanah

Pelajar sepanjang hayat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya