TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bukti Sun Hui Punya Personal Boundaries yang Lemah di Perfect Family

Sikap tidak tegasnya membuat orang lain terus melewati batas

still cut drakor Perfect Family (instagram.com/kbsdrama)

Choi Sun Hui (Park Ju Hyun) dikenal sebagai siswa teladan di sekolahnya dalam drakor Perfect Family. Selain dikenal berprestasi, ia juga banyak dikagumi lantaran sikap cerianya. Namun, setelah kehadiran Lee Soo Yeon (Choi Ye Bin), karakter Sun Hui terlihat berubah drastis.

Hal itu lantaran ia tidak dapat mempertahankan personal boundaries atau batasan pribadi dirinya dengan orang lain. Sun Hui membiarkan orang-orang di sekitarnya justru mengambil peran lebih untuk mengendalikan dirinya. Terdapat beberapa bukti lainnya yang menunjukkan Sun Hui punya personal boundaries yang lemah di Perfect Family. Apa saja?

1. Jadi sosok people pleaser

still cut drakor Perfect Family (instagram.com/kbsdrama)

People pleaser atau keinginan selalu membahagiakan orang lain termasuk dengan mengorbankan dirinya, jadi salah satu tanda lemahnya boundaries. Choi Sun Hui kerap melakukan hal ini dalam hubungan pertemanannya. Terlebih, ia menjadi sosok people pleaser bagi Lee Soo Yeon, teman lamanya saat di panti asuhan.

Pada beberapa kesempatan, Lee Soo Yeon kerap meminta Sun Hui melakukan sesuatu. Salah satunya ia meminta Sun Hui tidak berbicara dengan Park Kyung Ho (Kim Young Dae) tanpa alasan yang jelas. Kendati perintahnya tak jelas, Sun Hui justru menuruti keinginan Soo Yeon lantaran tak ingin dia kecewa dan marah.

2. Tidak punya sikap tegas

still cut drakor Perfect Family (instagram.com/kbsdrama)

Perasaan ingin selalu mengutamakan orang lain juga membuat Sun Hui tak punya sikap tegas. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Sun Hui lantas memiliki personal boundaries yang lemah. Pasalnya, ia terlalu mudah menyetujui berbagai hal dari orang lain sekalipun ia tidak ingin melakukannya.

Salah satu contohnya saat seorang pria asing menceritakan hal buruk mengenai ayah dan ibu angkatnya. Kendati pada awalnya tak percaya, tetapi hanya dua kali saja pria itu bercerita, ia lantas mengubah keyakinannya. Padahal, jika Sun Hui memiliki boundaries yang kuat, ia tidak akan mudah percaya pada orang lain dan justru akan bersikap tegas pada mereka yang menjelekkan orangtuanya.

Baca Juga: 8 Sudut Pandang Choi Sun Hui Mengenai Orangtuanya di Perfect Family 

3. Membiarkan orang lain mendominasi

still cut drakor Perfect Family (instagram.com/victorycontents)

Bukti jelas yang menunjukkan Sun Hui punya personal boundaries lemah adalah sikapnya yang membiarkan orang lain mendominasi. Sejak awal kedatangan Soo Yeon, ia selalu diintimidasi. Bahkan, tak jarang ia juga dibentak dan dipermalukan oleh Soo Yeon di depan umum.

Meski telah diintimidasi, tetapi Sun Hui tak pernah menjauhi Soo Yeon. Ia bakan terus-menerus mengabaikan sikap kasar Soo Yeon yang kerap memerintahnya. Sebagaimana ketika Soo Yeon meminjam uang dengan kasar, Sun Hui justru diam saja dan mengiyakan segala keinginannya.

4. Oversharing pada orang yang baru dikenal

still cut drakor Perfect Family (instagram.com/victorycontents)

Sejak diadopsi, Sun Hui telah tinggal selama belasan tahun dengan orangtuanya. Selama itu pula, tak sekalipun kedua orangtua angkatnya memperlakukan Sun Hui dengan buruk. Namun, hal itu tampak tak ada artinya bagi Sun Hui setelah ia bertemu kembali dengan Soo Yeon dan mengenal pria yang mengaku kerabat ayahnya.

Sun Hui justru lebih mempercayai orang yang baru ditemuinya. Bahkan, ia dengan mudah menceritakan segala hal tentang keluarganya kepada mereka yang sikapnya kasar dan kehadirannya cukup janggal.

Akibat sikap oversharing Sun Hui pada orang yang baru dikenal, dirinya dan keluarganya terus ditimpa berbagai petaka lantaran Sun Hui bercerita pada orang yang jahat.

Verified Writer

Laila Nurjanah

Pelajar sepanjang hayat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya