TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

14 Rekomendasi KDrama yang Tokoh Utamanya Menyamar Jadi Laki-laki

Ada beragam alasan kenapa tokoh KDrama ini nyamar jadi cowok

poster KDrama Chicago Typewriter (program.tving.com) | poster KDrama The King's Affection (instagram.com/eunbining0904)

Drama Korea seolah tak pernah kehabisan ide untuk membuat alurnya kian menarik. Salah satunya adalah dengan menjadikan fokus utama cerita mengenai penyamaran pemeran utama perempuannya.

Para pemeran utama harus menyamar menjadi laki-laki demi tujuan maupun misi tertentu. Tentu, mereka pun harus berusaha keras untuk menyembunyikan identitas aslinya sebagai perempuan. Berikut 14 rekomendasi drama Korea yang mengharuskan pemeran utama perempuannya untuk menyamar jadi laki-laki.

1. Coffee Prince (2007)

Drama lawas yang kesuksesannya melegenda ini diperankan oleh Gong Yoo dan Yoon Eun Hye. Coffee Prince sendiri bercerita tentang Choi Han Gyul (Gong Yoo) yang membuka kafe karena diperintahkan oleh neneknya.

Ia pun bertemu dengan Ko Eun Chan (Yoon Eun Hye). Ko Eun Chan yang memiliki penampilan tomboi pun menyamar menjadi laki-laki. Tujuannya, agar ia bisa diterima bekerja di kafe milik Choi Han Gyul.

2. The Painter of Wind (2008)

The Painter of Wind dirilis pada 2008 silam. Drama yang diadaptasi dari novel ini bercerita tentang pelukis era Joseon bernama Shin Yun Bok (Moon Geung Young).

Shin Yun Bok pun menyamar menjadi laki-laki dan bertemua dengan Kim Hong Do (Park Shin Yang) yang sama-sama berprofesi sebagai pelukis. Kim Hong Do pun menjadi mentor bagi Shin Yun Bok

3. The Great Queen Seondeok (2009)

Tak kalah populer dengan dua drama sebelumnya. The Great Queen Seondeok merupakan drama sageuk yang bercerita tentang kisah hidup Ratu Seondeok (Lee Yo Won). Ratu Seondeok pun menjadi pemimpin perempuan pertama di Korea pada masanya.

Konflik politik pun juga dihadirkan dalam drama ini. Salah satu konflik lainnya yang tak kalah menarik adalah kisah masa muda Ratu Seondeok. Ia diketahui pernah menyamar menjadi laki-laki dan menjadi bagian dari Hwarang.

Hwarang sendiri adalah kelompok yang dididik untuk menjadi pemimpin masyarakat. Mereka dilatih keras dalam hal bela diri, disiplin,. hingga perilaku sehari-harinya.

4. Sungkyunkwan Scandal (2010)

Ingin menonton drama sageuk yang bertabur bintang papan atas? Sungkyunkwan Scandal bisa menjadi salah satu referensinya, nih. Drama ini dibintangi oleh Park Min Young, Yoo Ah In, Jung Hae In, Park Yoo Chun, dan Seo Hyo Lim.

Di drama ini, Park Min Young berperan sebagai Kim Yu Hee. Ia pun menyamar sebagai lak-laki untuk menggantikan kakaknya. Kim Yun Hee akhirnya mengikuti ujian nasional khusus laki-laki dan lolos diterima menempuh pendidikan di Universitas Sungkyunkwan. Sebab hal tersebut Kim Yun Hee pun harus menutupi identitas aslinya yang merupakan seorang perempuan.

Baca Juga: 14 Film dan KDrama Terbaru yang Dibintangi Pemeran Hot Young Bloods

5. To The Beautiful You (2012)

To The Beautiful You menjadikan Minho SHINee dan Sulli sebagai pemeran utamanya. Sulli didapuk untuk memerankan karakter bernama Koo Jae Hee. Karakter tersebut digambarkan begitu mengidolakan sosok atlet lompat tinggi bernama Kang Tae Joon (Minho SHINee).

Berkat kekagumannya itu, Koo Jae Hee rela memotong rambut panjangnya. Ia bahkan rela menyamar menjadi laki-laki dan mendaftar di Genie Physical Education High School. Bukan tanpa alasan, Koo Jae Hee ingin lebih dekat dengan idolanya dengan berekolah di tempat yang sama dengan Kang Tae Joon.

6. One-Well Raised Daughter (2013)

Di One-Well Raised Daughter, Park Han Byul berperan sebagai Jang Ha Na. Karakternya digambarkan sebagai putri keempat dari keluarga terpandang. Ia lahir dari keluarga pemilik perusahaan saus yang telah beridir sejak ratusan tahun lalu.

Sebab semua anak di keluarga tersebut adalah perempuan, alhasil tak ada yang bisa mewarisi perusahaan tersebut. Akhirnya, Jang Ha Na pun dididik layaknya anak laki-laki agar bisa mewarisi perusahaan. Ia juga akhirnya menyamar sebagai laki-laki, lho.

7. Nail Shop Paris (2013)

Park Gyu Ri berperan menjadi penulis bernama Hong Yeo Joo. Ia sempat terkenal karena ceritanyatentang gumiho yang ia unggah di internet disukai banyak orang. Sayang, karena tersandung skandal plagiarisme, ia pun memutuskan untuk membuat cerita yang benar-benar baru.

Inspirasi muncul ketika melihat Alex (Jun Ji Hoo) menyelamatkan seorang perempuan di stasiun kereta bawah tanah. Ia yang penasaran dengan sosok Alex pun terus mengikuti laki-laki tersebut. Ternyata, Alex bekerja di sebuah nail shop Paris.

Demi mengetahui lebih dalam karakter Alex, Hong Yeo Joo rela untuk bekerja di nail shop tersebut. Namun, karena tak mempekerjakan perempuan, Hong Yeo Joo pun menyamar menjadi laki-laki.

8. The Scholar Who Walks the Night (2013)

Masih bertema sageuk, kali ini Lee Joon Gi dan Lee Yoo Bi pun menjadi pemeran utama drama The Scholar Who Walks the Night. Lee Yoo Bi digambarkan sebagai seorang putri dari keluarga bangsawan bernama Jo Yang Sun. Sementara itu, Lee Joon Gi merupakan vampir bernama Kim Sung Yeol.

Pertemuan manusia dan vampir tersebut bermula dari kehancuran keluarga Jo Yang Sun. Sebab dianggap sebagai pengkhianat, Jo Yang Sun pun memutuskan untuk menyamar sebagai laki-laki. Ia pun mengubah penampilannya menjadi seperti laki-laki.

Suatu hari, ada seseorang yang menarik perhatian sedang berjalan di malam hari. Ia adalah Kim Sung Yeol yang berpenampilan bak cendekiawan. Padahal, ia sebenarnya adalah seorang vampir.

9. Splash-Splash Love (2015)

Tema time travel diangkat dalam drama Splash-Spalash Love. Drama ini dibintangi oleh Yoon Doo Joon dan Kim Seul Gi sebagai pemeran utamanya.

Fokus drama ini adalah tentang Jang Dan Bi (Kim Seul Gi), seorang siswi SMA yang tiba-tiba berada di era Joseon. Ia kemudian menyamar sebagai laki-laki, tepatnya sebagai kasim dan hidup di istana.

Di sana, ia pun bertemu dengan seorang raja muda bernama Lee Do (Yoon Doo Joon). Benih-benih cinta mulai muncul dalam diri Jang Dan Bi. Ia pun akhirnya jatuh cinta dan terlibat kisah romantis dengan Raja Lee Do.

10. Love Detective Sherlock K (2015)

Nam Bo Ra dan Jung Ji Young jadi pemeran utama di drama Love Detective Sherlock K. Nam Bo Ra pun didapuk untuk memainkan peran sebagai Sherlock K.

Sherlock K pun menyamar sebagai laki-laki karena diutus oleh seorang chaebol bernama Do Min Woo (Park Min Woo). Ia pun membuka healing kafe dan berubah menjadi profiler psikologi cinta.

11. You're Beautiful (2016)

Park Shin Hye memainkan karakter anak kembar di drama yang tayang di SBS ini. Ia memerankan karakter bernama Ko Mi Nyeo dan Ko Mi Nam. Kedua saudara kembar ini pun menjalani karier yang berbeda.

Ko Mi Nyeo merupakan member boy group populer ANJELL. Seangkan Ko Mi Nam bermimpi untuk menjadi seorang biarawati. Namun, takdir membawa Ko Mi Nam untuk menyamar sebagai kembarannya.

Ia pun menyamar sebagai laki-laki karena kembarannya dikirim ke AS untuk pemulihan luka. Manajer ANJELL pun mencegat Ko Mi Nam untuk pergi ke Roma dan meminta perempuan tersebut untuk menggantikan kakak laki-lakinya.

12. Love in the Moonlight (2016)

Di Love in the Moonlight Park Bo Gum beradu akting dengan mantan aktris cilik Kim Yoo Jung. Kim Yoo Jung pun didapuk untuk memerankan karakter bernama Hong Ra On. Karakter tersebut pun digambarkan sebagi perempuan yang menyamar menjadi laki-laki. Ia pun nantinya akan menasihati laki-laki lain berkencan.

Hong Ra On pun bertemu dengan Putra Mahkota Hyomyeong yang diperankan Park Bo Gum karena sebuah surat cinta. Di satu sisi, Hong Ra On tak menyadari jika Hyomyeong adalah seorang putra mahkota. Begitu pula dengan Hyomyeong yang tak menyadari jika Hong Ra On merupakan perempuan.

13. Chicago Typewriter (2017)

Chicago Typewriter juga mengambil tema time travel, tapi bukan di masa kerajaan. Masa lalu dalam drama ini mengambil latar pada penjajahan Jepang di Korea Selatan pada tahun 1930-an.

Kala itu, ada sebuah organisasi bernama Aliansi Pemuda Joseon yang juga beranggotakan tiga orang sahabat. Mereka adalah Han Se Joo (Yoo Ah In), Jeon Seol (Im Soo Jung), dan Yoo Jin Oh (Go Kyung Pyo). Namun, Jeon Seol menyamar sebagai laki-laki di aliansi tersebut guna mengelabui rekan-rekan lainnya dan pasukan Jepang.

Di masa depan, ketiga sahabat itu pun bereinkarnasi dengan "profesi" yang berbeda-beda. Han Se Joo sebagai penulis terkenal, Jeon Seol menjadi fans Han Se Joo, dan Yoo Jin Oh jadi ghostwriter.

Baca Juga: 10 Karakter KDrama 2022 yang Dibesarkan oleh Ayah Tunggal (Part 1)

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya